by

Kapolres Sekadau Tinjau Lokasi Banjir di Desa Tanjung dan Bagikan Sembako untuk Masyarakat Terdampak

SEKADAU, Media Kalbar

Kapolres Sekadau, AKBP Dr. I Nyoman Sudama, S.I.K., M.Si., meninjau lokasi banjir dan membagikan sembako kepada masyarakat yang terdampak banjir, tepatnya di Desa Tanjung, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 21 Januari 2024, pukul 16.00 WIB. Kapolres Sekadau juga didampingi oleh Kasat Binmas AKP Masdar, Kapolsek Sekadau Hilir IPTU Kuswiyanto, Bhabinkamtibmas Desa Tanjung Bripka Andik Cahyono, dan Kepala Desa Tanjung, Syamsudin.

Peninjauan dilakukan dengan menggunakan speed boat menuju RT 02, RT 03, dan RT 04 di Dusun Tanjung, Desa Tanjung, Kecamatan Sekadau Hilir. Ketinggian air di Dusun Tanjung terpantau mencapai 55 cm hingga 150 cm.

“Dari peninjauan ini kita ketahui bahwa terdapat sebanyak 10 rumah warga terendam dengan ketinggian di atas lantai sekitar 10 cm. Total Sebanyak 300 kepala keluarga (KK) dan sekitar 600 jiwa yang terdampak banjir. Meski begitu, kerugian yang terjadi dilaporkan nihil,” beber Kapolres Sekadau AKBP Nyoman Sudama, di lokasi banjir Desa Tanjung.

Kapolres Sekadau juga turun langsung ke rumah-rumah warga yang terdampak banjir untuk menyerahkan bantuan sembako. Sebanyak 20 paket beras, 20 krat telur, serta 20 dus mie instan dibagikan kepada masyarakat yang terdampak banjir di Desa Tanjung. Kehadiran Polri ini mendapat sambutan hangat dan sukacita serta ucapan terimakasih oleh masyarakat.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir. Kami akan terus berupaya membantu masyarakat dan memberikan bantuan yang dibutuhkan,” ujar Kapolres Sekadau, AKBP Nyoman Sudama.

Kapolres Sekadau juga mengingatkan seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan siaga menghadapi potensi banjir dan debit air yang diperkirakan akan meningkat, mengingat curah hujan di Kabupaten Sekadau masih cukup tinggi, sehingga kewaspadaan perlu tetap dijaga.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak lengah dan selalu siaga menghadapi situasi banjir. Tetap tingkatkan kewaspadaan dan ikuti petunjuk dari pihak berwenang,” tambah Kapolres.

Selain itu, Kapolres juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan. Dalam situasi banjir, potensi penyakit dan kondisi sanitasi yang buruk rentan terjadi. Oleh karena itu, menjaga kebersihan diri dan lingkungan menjadi hal yang sangat penting.

Kegiatan peninjauan lokasi banjir dan pembagian sembako oleh Polres Sekadau ini merupakan bentuk kepedulian kepolisian dalam membantu masyarakat yang terdampak bencana. Dalam kondisi ini, masyarakat pun diharapkan dapat saling membantu dan menggalang kebersamaan serta semangat gotong royong dalam menghadapi darurat bencana. (*/dbs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed