by

Kecintaan Masyarakat Kalbar Sambut UAS

PONTIANAK, Media Kalbar

Ribuan masyarakat Kalimantan Barat tumpah ruah memadati Masjid Raya Mujahidin Pontianak untuk menyaksikan Tabligh Akbar Ustaz Abdul Somad (UAS) dalam rangka Subuh Akbar pada Sabtu subuh (4/3/2023).

Para jemaah terlihat antusias dan semangat saat mendengarkan secara langsung ceramah UAS, meskipun dengan kondisi hujan yang membasahi halaman Masjid kebanggaan masyarakat Kalbar ini.

Tampak hadir Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji S.H., M.Hum., dan Wakil Gubernur Kalbar Drs. H. Ria Norsan M.M., M.H., di barisan shaf sholat paling depan. Sesekali keduanya tak kuasa menahan tawa, saat sook ustaz kelahiran tanah sumatera itu menyampaikan tausiahnya diselingi dengan candaan – candaan ringan.

“Alhamdulillah saya bisa kembali lagi ke Kalbar tepatnya di Masjid Raya Mujahidin Pontianak yang sangat dibanggakan oleh warga warga Kalbar,” ungkap UAS sembari mengucapkan rasa syukurnya di hadapan para jamaah.

Ia juga menuturkan, selalu menaruh kerinduan untuk kembali mengunjungi Kalimantan Barat karena dirinya menganggap Kalbar sebagai kampung halaman baginya.

“Kalbar menjadi daerah yang wajib saya singgahi untuk mengisi tausiyah, karena daerah ini, saya anggap seperti kampung halaman bagi saya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, UAS mengajak umat islam di Kalbar untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan umat serta menghindari pertikaian dan perkelahian.

Dirinya juga turut menyebutkan pentingnya umat muslim untuk menjaga ukhuwah dan berijtihad.

“Jangan sibukkan diri untuk mencari kelemahan orang lain. Mari bersama berjihad pada bidang ekonomi, berjihad melawan kebodohan serta berjihad menjaga anak-anak kita dari pergaulan bebas,” tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Sutarmidji mengapresiasi umat muslim di Kalbar, yang sangat antusias untuk mendengarkan tausiyah dari sang ustaz. Hal ini terlihat dengan besarnya atensi umat muslim di Kalbar untuk hadir di Masjid Raya Mujahidin pada acara tausiyah akbar subuh ini.

“Jadi ini tanda kecintaan kami, (masyarakat Kalbar) kepada Ustaz Abdul Somad. Kalbar selalu memukau dan dirindukan. Kapan saja bapak ustaz datang selalu ramai. Kita sangat merindukan ulama-ulama yang memberikan pencerahan dalam pemahaman agama untuk kehidupan kita di dunia ini,” ujar Sutarmidji.

Dirinya menambahkan, tanpa adanya pencerahan dari para asatiz/ guru tentang agama seperti menampikkan makna dalam ajaran agama islam itu sendiri.

“Dan semua kita tahu bagaimana kualitas keilmuan agama dari beliau (Ustaz Abdul Somad). Saya berharap kedatangan beliau selalu kita nantikan. Dan tidak lupa kepada para jamaah untuk tertib, supaya beliau bisa menyampaikan tausiyah dengan nyaman,” harapnya. (adpim/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed