by

Kejari Sambas Berganti Baru, Wabub Rofi Ceritakan Sisi Unik Fakta Kajari Lama

SAMBAS, Mediakalbarnews.com

Ketika akhir sebuah perjalanan akan menjadi awal perjalanan yang lain, dan sebuah perpisahan akan menjadi pertemuan dengan sesuatu yang baru. Proses tersebut terjadi pada saat kegiatan Pisah sambut Kepala Kejaksaan Negeri Sambas yang sebelumnya dari Ichwan Efendi,S.H kepada Agita Tri Moertjanto,S.H.,M.H, di Aula Kantor Bupati Sambas, Selasa (8/3/2022)

Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi, menyampaikan selamat datang kepada Agita Tri Moertjahjanto, SH,MH,. sebagai Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) yang baru di Kabupaten Sambas, Sambas ini mayoritas melayu dan beragama islam. Namun tetap ada etnis lainnya yang hidup berdampingan di Sambas.

“Anggap rumah sendiri dan anggap kami keluarga sendiri, kita bina, mohon masukan dan bimbingannya dari Pak Agita dan seluruh jajaran,” katanya.

Dia berharap semoga Sambas Berkemajuan semakin cepat terwujud. Dia meminta berkoordinasi dan berkomunikasi sehingga kinerja membangun Negeri ini semakin baik

Wabup Sambas Fahrur Rofi juga menjelaskan bahwa Ichwan Effendi bertugas di Kabupaten Sambas hampir tiga setengah tahun lamanya. Menurut dia, Ichwan suka bercanda tetapi candaan itu berisi masukan membangun dengan cara non formal.

“Lumayan lama Pak Ichwan bertugas di Sambas 3 Tahun 5 Bulan, Pak Ichwan ini merupakan kloter terakhir dari angkatannya yang tugas di Sambas, Sering ngobrol sehingga rasa keakraban itu terbangun sekali, hal itulah yang paling berkesan, kemudian pengalaman beliau memimpin Kejaksaan Negeri Sambas,” jelasnya

Dirinya mengatakan kepada Kajari Ichwan mudahan sukses selalu di tempat tugas yang baru dengan diberkahi dan diberikan kelancaraan.

“Selalu ingat, kemudian Sambas tentu akan selalu terbuka dengan pak Ichwan,” katanya

Ditempat yang sama dalam sambutannya Ichwan Effendi menyampaikan kesan dan pesannya dirinya sangat bergembira karena diberikan kesempatan berbicara, Bagi Ichwan Effendi Kabupaten Sambas memiliki masyarakat yang ramah, dan selalu terbuka. Dirinya sangat beruntung dapat memiliki pengalaman bertugas di Kejari Sambas.

“Saya sangat bergembira hari ini saya bicara di Aula Bupati Sambas karena ditemani oleh istri saya. Saya berasa sangat senang bisa didampingi sitri saya, bisa bertugas di Sambas saya merasa beruntung, saya merasa Sambas masyarakatnya ramah. Orang Sambas mudah diajak bersaudara, ini sebabnya saya katakan beruntung,” katanya

Selain itu, kata Ichwan Effendi, dirinya hadir di Kabupaten yang Pemdanya memberikan dukungan sehingga komunikasi dan koordinasi berjalan lancar. Dia juga mengatakan bahwa dirinya memiliki jajaran yang solid, masih muda muda, energik, pandai pandai dan langsung bisa paham dengan tupoksinya masing masing.

“Pemda Sambas wellcome kepada saya, sehingga dukungan komunikasi berjalan lancar. Sehingga dalam pelaksanakaan tupoksi lancar secara overall sebagai Kepala Kejati Sambas bisa saya tuntaskan dengan lancar, jajaran Kejati Sambas, nanti jajaran bapak ini mudah memahami tupoksi, karena tugas pokok kami adalah penegakan hukum,” jelasnya.

Ichwan memohon doa restu supaya dapat diberikan kelancaran saat bertugas di tempat yang baru dalam menjalani kehidupan. Jika selama 3 Tahun 5 bulan pastilah dimungkin ada salah kata dan tingkah laku perbuatan yang menyinggung.

“Saya atas nama pribadi keluarga dan jajaran memohon maaf sebesarnya, supaya tidak menjadi ganjalan untuk tugas di tempat yang baru, karena akan sangat membatu saya dalam melaksanakan tugas dan kelancarana saya menjalani kehidupan di tempat baru,” katanya

Di tempat yang sama dalam sambutannya Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sambas Agita Tri Moertjahjanto SH MH mengatakan semoga dirinya dapat segera mungkin berdaptasi di Kabupaten Sambas. Agita Tri Moertjahjanto menghadiri pisah ambut Kejari Sambas di Aula Bupati Sambas.

“Kami mohon untuk dapat segera mungkin masuk dan beradaptasi, dengan dukungan yang sama seperti Pak Ichwan saat pertama bertugas di Sambas,”jelasnya

Agita Tri Moertjahjanto mengatakan sebelumnya dirinya ditugaskan di Madiun. Ia juga pernah bertugas di Banjarmasin selama dua tahun, kemudian di Jakarta Timur. Sebelum pindah tugas ke Kabupaten Sambas dirinya ditugaskan di Dumai, Riau.

Dia mengatakan saat pertama datang ke Sambas dirinya merasakan suasana yang sama dengan Dumai, Riau. Bagi dia geografis Sambas yang mempunyai dataran berupa rawa, bangunan ruko di tepi jalan persis seperti Dumai.

“Suasananya mirip di Dumai, banyak rawa, kemudian karena juga ada ruko ruko dan suasana tadi budaya berpantun jadi saya rasa mirip Dumai,” tuturnya.

Dia berharap cepat berkoordinasi, berkomunikasi dan banyak bergaul. Sebab kata dia sebuah tugas dan fungsi akan mudah dilaksanakan ketika komunikasi yang dijalankan lancar.

“Kemudian kita semoga cepat berkoordinasi, cepat berkomunikasi, banyak bergaul, karena hal penting adalah komunikasi,”jelasnya

Ferdinan Syolihin selaku Wakil Ketua DPRD Kabupaten juga mendoakan Ichwan Effendi, Mantan Kepala Kejaksaan Negeri Sambas, sukses di tempat kerja yang baru. Dirinya menilai Ichwan merupakan sosok yang sangat bersahabat dan mudah beradaptasi dengan budaya dan adat masyarakat Kabupaten Sambas. Hubungan baik dengan Ichwan Effendi selama menjabat Kajari Sambas terbilang terbina hangat dan saling mendukung.

“Kita bersahabat baik secara kedinasan maupun secara personal, karena beliau merupakan sosok yang sangat bersahaja, komunikatif dan sangat supel, selaku Wakil Rakyat Kabupaten Sambas, kami mengucapkan terima kasih kepada Saudara Ichwan Effendi yang telah mendedikasikan dirinya selama bertugas di Sambas. Kami doakan banyak kebaikan buat pak Ichwan di tempat yang baru. Jangan sampai terputus silaturahmi kita walau terpisah jarak,” jelasnya

“Selamat datang dan selamat bekerja bagi Kajari Sambas yang baru, semoga komunikasi, koordinasi dan kerjasama baik secara kelembagaan dan personal semakin terjalin dengan baik,” pesannya Ferdinan Syolihin
( Urai Rudi )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed