by

Kekurangan Ruang SMPN 12 Sui Ambawang Satu Kelas Numpang Di SDN Tetangga

Kubu Raya, Media Kalbar

Beginilah Kondisi SMP 12 Sui Ambawang Kecamatan Sungai Ambawang .yang ber alamat kan Dusun Siak Desa Durian, Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat.

Pantau awak media di lapangan pada hari Rabu(22/2/2023)pagi kondisi Bangunannya SMP.Negeri 12 ini sangat memprihatinkan Lantai dan Plavon sudah banyak mengalami kerusakan.begitu juga kondisi Mebeler bangku meja sudah banyak yang sudah tidak layak pakai.

Yang lebih parahnya lagi dalam proses belajar mengajar siswa harus rela duduk saling berdempetan dikarnakan kapasitas ruang belajar tidak memadai layaknya seperi di sekolah lain.

Waluyo.S.Pd Kepala Sekolah SMP Negeri 12 kepada sejumlah awak media ketika di temui di kantornya ia memaparkan bahwa SMP Negeri 12 ini usianya baru 10 tahun berdiri untuk jumlah siswa nya ada 135 siswa,sedangkan untuk ruang belajar hanya ada 3 ruang kls itupun kondisinya sudah sangat memprihatinkan sementara Rombongan Belajar Rombel ada 5 ,”Katanya.

Untuk mensiasati dengan kekurangan ruang kls satu kelas kita minjam lokal ruang kelas SD tetangga di SD Negeri 6 dan Satu lokalnya lagi kita manfaatkan ruangan Laboratorium.untuk di ruang Laboratorium ini siswa nya cukup banyak dalam satu Kls di isi 45 siswa dalam Satu Kls.”Terangnya

Kemaren kata Waluyo kespek SMPN 12 mau kita sekat rasanya itu tidak memungkinkan karna kita juga perlu ruang belajar untuk yang ber Agam Kristen,saat ini belum ada jadi di ruang sebelah sana itu kita sekat untuk ruang belajar agama Kristen.”Ucapnya.

“Jadi jumlah siswa kita ada 135 siswa Alhamdulillah meningkat dari tahun lalu naik sekitar 20 lebih siswa naiknya naik lagi kalau untuk jumlah guru di SMP Negeri 12 ini untuk PNS itu ada Tujuh Delapan dengan Saya sebagai Kepala Sekolah.

Sementara tenaga honorer guru itu ada Empat plus Satu Tenga Administrasi sehingga total tenaga guru di SMP Negeri 12 ini sebanyak Empat belas personel yang mana ada Delapan PNS Enam adalah Tenga honorer.”Ujarnya

Dengan kondisi serba kekurangan di Sekolah kami ini memang kami mengharapkan adanya bantuan dari Pemerintah supa nanti sekolah kita ini berkembang dan sekolah ini bisa bersaing dengan Ponten.takutnya nanti kita menolak siswa dengan penerimaan siswa baru otomatis orang akan cendrung lari ke pontren karna kita kekurangan ruang belajar yang pasti itu.”Tandasnya.

“Dan kita dapat melihat kondisi ruang belajar yang sudah ada memang perlu sekali mendapat Rehap hampir seluruh lantai itu retak retak yang nanti dapat mengganggu kenyamanan dari pada proses pembelajaran.

Alhamdulillah kita ini siap lokal tinggal Pemerintah saja mudah mudahan tahun ini sudah bisa mendapatkan bantuan RKB ruang pembelajaran baru yang pasti kalau Rehap mungkin ya perlu di tapi lebih cendrung kita mengharapkan adan RKB.

Karna kita untuk menyiapkan untuk penerimaan siswa baru yang dari tahun ke tahun selalu meningkat kalau kita tolak timbul gejolak dari Masyarakat sekolah dekat untuk masyarakat tetapi di tolak bukan apa karna memang tidak ada ruangan.

Sehingga tahun ini kita Satu KLS sudah melebihi kapasitas karna kita sudah 45 siswa dalam satu Kls itu lah kondisi sekolah saat ini SMP Negeri 12 Sungai Ambawang.”Pungkasnya.(Tim/MK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed