by

Keluarga Besar Masyarakat Papua Dan Mahasiswa Papua Kalbar Gelar Natal Kristus

Pontianak, Media Kalbar -Pada hari Sabtu tanggal 4 Desember 2021 pukul 18.00 Wib-Selesai bertempat di Aula Katolik Tirta Ria jln Adisucipto, keluarga besar masyarakat Papua dan Himpunan Mahasiswa Papua Se-Kalimantan Barat menyelenggarakan perayaan natal Kristus.

“Acara perayaan natal dipimpin bapak Pdt. Alox Dasilelo,MTh dari Gereja Elok,Gereja Kalimantan Evangelis(GKE).Pada acara natal tersebut diangkat tema natal sesuai dengan tema natal Desember 2021 yang telah dicanangkan oleh KWI dan PGI yakni *Cinta kasih yang menggerakkan persaudaraan (1 Petrus 1;22)

Sub tema dengan momen perayaan natal ini keluarga besar Papua menjalin cinta kasih persaudaraan yang erat di dalam kasih karunia Melalui anaknya (2 Yohannes 1:3)

Dalam kotbahnya Pendeta Pdt. Alox Dasilelo,MTh menekankan bagaimana Cinta mengubah sesuatu,bahwa masyarakat dan mahasiswa Papua datang ke Pontianak karena ada maksud dan rencana Tuhan,menjadi saudara bagi semuanya.Tuhan memelihara dan memberikan berkat sehingga masyarakat Papua dapat menjalin persahabatan dan persaudaraan dengan semua suku di Kalbar.
Janji berkata tuk keluarga besar Papua adalah janji hidup yang kekal, tidak datang dari dunia tapi datang dari Tuhan Yesus Kristus yang dirayakan natal hari ini.

Kasih Kristus yang menggerakkan keluarga Papua sehingga hidup dalam kasih dalam bingkai Persaudaraan sejati dengan semua orang. Jangan anggap orang lain musuh tapi saudara, keluarga besar papua hendaknya menjalin tali persaudaraan serta selalu memupuknya sebagaimana Kristus menjadi saudara untuk semua. Peduli dan cinta terhadap yang lain dalam konteks persaudaraan adalah bekal hidup di tanah rantau untuk bersaudara. Kita jangan pembawa masalah namun menjadi garam dan terang dunia.

Khusus untuk adik-adik himapa, tugas kita disini adalah belajar dan belajar Jauh jauh dari Papua ke Pontianak bahkan sangat jauh jadi belajar,belajar terus belajar sehingga semua harapan pemerintah, keluarga dan orang tua dapat tercapai.

Perayaan natal keluarga besar Papua dan Mahsiswa Papua dihadiri oleh kurang lebih 200 orang termasuk tamu undangan dari berbagai suku khususnya suku-suku Melanesia dan Indonesia timur lainnya.

“Setelah perayaan ibadah Natal dilanjutkan dengan acara sambutan untuk menyampaikan pesan natal antara lain:Pendeta Junius Penggu selaku Ketua Panitia.

“Dalam sambutannya Pendeta Junius Penggu mengkisahkan bahwa momen perayaan natal keluarga besar masyarakat dan mahasiswa Papua se-Kalimantan barat dapat terselenggara karena jerih payah panitia dan kerjasama dengan banyak pihak.

Natal adalah perayaan hari kelahiran raja damai Tuhan kita Yesus Kristus sesuai dengan tema natal yang diangkat sehingga kita semua menjalaninya untuk saling mengasihi di dalam Kristus dalam organisasi masyarakat Papua tetap dibangun komunikasi serta kebersamaan terus ditingkatkan agar persatuan keluarga besar Papua terus maju dalam pelayanan,tugas dan dipercayakan masing masing dimana pun baik di daerah maupun di kabupaten/kota se-Kalimantan barat

“Benus Ketua Himapa Dalam sambutannya saudara Benus selaku ketua HIMAPA menyampaikan ucapan selamat natal dari pengurus himpunan Papua kepada keluarga yang ada di Kalimantan barat khususnya dan keluarga yang ada di Indonesia pada umumnya.

Lebih lanjut Benus menyampaikan kekagumannya karena pada natal tersebut mahasiswa Papua dan orang tua dapat saling kenal antara satu dengan yang lain. Natal kali ini merupakan perayaan natal bersama yang pertama dari keluarga besar masyarakat Papua dan Mahsiswa Papua Se-Kalimantan Barat.

Dalam acara natal ini orang Papua dipersatukan yang merupakan kebanggaan bagi kami orang Papua. Juga perayaan natal dijadikan sebagai sarana untuk membangun dan menguatkan tali persaudaraan antar keluarga besar Papua di Kalimantan Barat dan semoga kedepannya lebih baik dalam ikatan kekeluargaan serta diberkati dan dilancarkan Tuhan kita yaitu Yesus Kristus.

Sementar Andrias perwakilan orang tua Papua Dalam sambutannya, Andrias menegaskan komitmen keluarga besar masyarakat Papua dan mahasiswa yang adalah orang Indonesia dan bertekad menjaga kebersamaan keakraban dan persatuan dengan suku di Kalimantan barat ini terlebih untuk keamanan kami semua siap dan bersatu untuk bersama sama suku Dayak dan juga beberapa suku yang ada di Kalimantan ini seperti kawanua, dari patimura dari lorosae dari arumguldayak.

Perayaan natal membawa sukacita dan damai sejahtera bagi keluarga besar masyarakat dan mahasiswa Papua yang sedang menjalani perkuliahan di Pontianak Kalbar yang sekaligus menguatkan tali persaudaraan diantara sesama keluarga Papua dan masyarakat Papua dengan sesama suku-suku lain dalam ikatan persaudaraan sesama anak bangsa negara kesatuan republik Indonesia Indonesia.

Perayaan natal diakhiri dengan silaturahmi jamuan makan bersama yang diwarnai dengan penyajian makanan khas Indonesia timur seperti papeda, jangung, ubi dll.(Tim.MK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed