by

Lowongan Panwascam di Kabupaten Sambas Kurang Diminati Perempuan

Sambas, Media Kalbar – Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Banwaslu ) Kabupaten Sambas melalui ketua Perektrutan Pokja, Yesi Maya Santi.,S.Pd.ME, mengatakan tingkat pendaftaran peserta perempuan untuk menjadi Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) di kabupaten Sambas rata-rata kurang diminati.

Pasalnya tingkat peserta perempuan di kabupaten Sambas untuk mendaftarkan dirinya menjadi anggota Panwascam dinilai sangat sedikit, dikarnakan faktor sulit dalam membangun kepercayaan yang sudah tertanam.

“Memang kita kurang peminat dari pengawas perempuan, maksudnya pendaftaran perempuan memang sangat-sangat sedikit. tapi sudah saya kaji, Kalau yang untuk perempuan kalau kendalanya enggak ada sih tapi untuk membangun kepercayaan masyarakat sih kayaknya agak susah karena yang sudah tertanam di pikiran masyarakat, bahwa Bawaslu ya akan meluruskan orang-orang yang itu itu saja.”katanya, Selasa (27/9/2022)

Yesi menyampaikan bahwa dalam proses perekrutan pengawas kecamatan sudah transparan dikarnakan menurutnya dengan menggunakan sistem gugur.

Lebih jauhnya lagi Yesi mengatakan terkait kurang mintanya menjadi Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) di kabupaten Sambas, Banyak faktor.

“Apakah memang gajinya tidak memadai kah, mungkin mereka mendapatkan pekerjaan yang lebih dari dari gaji perseorang pengawas atau dia udah tahu resiko jadi pengawasnya. Sangat-sangat tinggi berhadapan, dengan mungkin nanti caleg timses kemudian dengan pasangan calon segala macam, resiko jadi benar-benar sangat besar.”katanya

“Tapi kalau yang sudah memiliki memang jiwa pengen menjadi seorang pengawas bukan hanya sekedar mencari pengalaman tapi memang benar-benar menjiwai. Dan apa bangga dengan menjadi seorang pengawas, meskipun gajinya enggak seberapa dia akan tetap melamar seorang pengawas sudah terbukti.”katanya lagi

ketua Perektrutan Pokja, Yesi Maya Santi.,S.Pd.ME, juga menyampaaikan bahwa Bawaslu kabupaten Sambas akan melakukan upaya dalam melakukan perekrutan di Kabupaten Sambas melalui media Sosial.

“Mengumumkan bahwa akan ada pendaftaran di bawah dari tanggal 21 September sampai 27 lewat dengan menggunakan, semua media sosial Bawaslu, media sosial lembaga kemudian, Whatsaap, Twitter, Facebook, Instagram, Tik tok, Media Masa, serta akan menghubungi di 19 kecamatan di Kabupaten Sambas untuk menempel pengumuman.”

Kemudian Yesi Berharap kedepannya siapapun nanti yang akan terpilih menjadi pengawas Pemilu itu kan menjadi bagian dari keluarga besar.

“Menjaga integritas mereka menjadi seorang pengawas agar pelaksanaan Pemilu ini berjalan dengan baik sesuai dengan harapan dan menjadi yang terbaik.”jelasnya ( Rai )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed