by

MTs Negeri 2 Sambas Berlakukan Digitalisasi dalam Ujian Madrasah

Sambas, Mediakalbarnews.com –

Seiring tidak diberlakukannya Ujian Nasional, maka siswa madrasah dinyatakan lulus setelah memenuhi tiga syarat, satu diantaran telah mengikuti Ujian Madrasah (UM) yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan (madrasah).

Pada tahun pelajaran 2021- 2022 ini, MTs Negeri 2 Sambas melaksanakan ujian madrasah bagi siswa- siswi di kelas 9. Ujian tersebut dimulai sejak Senin, 18 April 2022 dan hingga berakhir pada Sabtu, 23 April 2022. Adapun jumlah peserta dalam Ujian Madrasah kali ini sebanyak 213 orang yang tersebar kedalam 11 ruang ujian.

Kepala MTs Negeri 2 Sambas, Bapak Iskandar, S.Pd, i menyebutkan bahwa pelaksanaan ujian madrasah di MTs Negeri 2 Sambas pada tahun ajaran 2021- 2022 ini dilaksanakan agak berbeda dari tahun- tahun sebelumnya.

Dalam ujian madrasah kali ini, MTs Negeri 2 Sambas tidak melaksanakan ujian kertas pensil (UKP), namun memberlakukan ujian secara digital, yaitu menggunakan aplikasi google form.

Bapak Enda Azwari, S.Ag yang merupakan ketua Panitia UM MTs Negeri 2 Sambas tahun ini menambahkan berbagai manfaat dan kemudahan yang di dapatkan dengan menerapkan ujian secara online (menggunakan google form).

Beberapa kemudahan menggunakan google form dalam melaksanakan Ujian Madrasah di MTs Negeri 2 Sambas, misalnya untuk mempermudahan dalam proses pengoreksian, mengefisienkan penggunaan dana bila dibandingkan ujian kertas pensil, dan tentunya untuk menerapkan penggunaaan teknologi dalam dunia pendidikan, , kata Bapak Bapak Enda Azwari, S.Ag

Di masa pandemi covid 19 yang masih berlangsung saat ini, pihak MTs Negeri 2 Sambas memberlakukan persiapan yang cukup matang dalam pelaksaan Ujian Madrasah kali ini.

Tentunya pelaksanaan Ujian Madrasah di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, beberapa persiapan yang di lakukan oleh pihak sekolah dalam hal ini panitia misalnya memberlakukan protokol kesehatan di lingkungan madrasah yaitu mengukur suhu tubuh sebelum masuk lingkungan madrasah, mencuci tangan, mewajibkan siswa mengenakan masker, menjaga jarak peserta ruangan kelas, serta melaksanakan penyemprotan disenfektan sebelum dan sesudah pelaksanaan ujian Madrasah berlangsung, tambah Bapak Enda Azwari, S.Ag.

Kedepannya, penggunaan ujian secara digital ini akan terus di gunakan dalam pembelajaran dan pengajaran di MTs Negeri 2 Sambas, baik pada ulangan harian, penilaian akhir semester, dan ataupun ujian madrasah. Hal ini sejalan dengan pemanfaatan penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan.
( Ray )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed