by

Musrembangdes Desa Punggur Kapuas Prioritaskan Pintu Air Yang Jebol

Kubu Raya, Media Kalbar

Pemerintah desa Punggur Kapuas menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) Penetapan Rencana kerja Pemerintah Desa (RKPDES Tahun 2023) dan penyusunan DURKP Tahun 2024 Desa punggur Kapuas Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.

Kegiatan tersebut di laksanakan di aula kantor desa Punggur Kapuas pada hari Kamis(8 September 2022)pagi hingga selesai.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Sungai Kakap,Bhabinkamtibmas desa punggur Kapuas,Bhabinsa desa Punggur Kapuas,Kepala Desa Punggur Kapuas beserta jajarannya perangkat desa,BPD,Kepala sekolah,Ketua RT,ketua RW,Dusun,lembaga desa,dan tokoh masyarakat.

Dalam kegiatan musrembangdes tersebut banyak usulan usulan yang di sampaikan oleh warga desa Punggur Kapuas di antara inspratruktur jalan namun yang sanagat prioritas yang di usul kan warga yaitu pintua air dan tanggul di karnakan akibat dari jebolnya pintu air tersebut sudah ada sebagian warga yang sudah mengunsi selain itu juga roda perekonomian masyarakat setempatpun lumpuh.

Samiun Ketua BPD Desa Punggur Kapuas kepada awak media dia mengatakan, terkait pintu air yang sudah lama masyarakat mengeluhkan pintu air tersebut dan pernah di kerjakan oleh masyarakat setempat dengan swadaya namun yang terjadi karna tendangan dan volume air yang begitu kuat sehingga pintu air tidak dapat menahan sehingga yang terjadi justru kerusakannya mangkinkuat.”Katanya.

“Maka karna itu kita harapkan partisipasi ataupun pihak Istansi Pemerintah terkait untuk bisa memprioritaskan tanggul ataupun pintu air yang sudah jebol itu dikarnakan memang sangat darurat dan sebagian beberapa masyarakat daerah sekitar sudah ada yang mengungsi.”Ucapnya

Selain itu kata Saimun dampak dari pintu air yang jebol mulai dari tanam maupun pertanian itu tergenang air dengan jebolnya pintu air dan tanggul tersebut dan sekali lagi kita minta kepada Pemerintah yang terkait untuk dapat memperhatikan kita masyarakat di desa Punggur Kapuas ini.”Pintanya.

Sementara Kepala Desa Punggur Kapuas Anuwar usai mengikuti Musrembangdes ia menjelaskan bahwa usulan masyarakat desa Punggur Kapuas ada Empat yang sangat prioritas melalui Musrembang tahun lalu di antaranya pintu air.
yang saat ini sudah mengakibatkan ada sebagian warga yang mengungsi akibat jebolnya pintu air tersebut hinga sekarang satupun tidak pernah ada muncul di anggaran APBD Kabupaten Kubu raya.”Katanya.

“Yang ada hanya Asprisai dari beberapa Anggota DPRD yang pertama dari Bapak Ardiansyah, itu anggota Dewan dari Provinsi beliau bukan dapil dari Kabupaten Kubu raya tapi beliau memang mempunyai tekat untuk membangun desa Punggur Kapuas dan memang selama ini kita rasakan hasil dari Aspirasi aspirasi beliau.”Ucapnya.

“Dan yang ke-Dua ada juga dari aspirasi dari wakil ketua DPDR Kabupaten Kubu raya yaitu Bapak Ir.Usman juga ada konstribusi besar Alhamdulillah beliau juga punya perhatian besar terhadap desa Punggur Kapuas sehingga ada setiap tahun pokir pokirnya masuk ke desa Punggur Kapuas.

Selain itu juga ada dari Bapak Zulkarnaen.S.Pd dari partai PDI juga ada juga partisipasi dari beliau melalui pokirnya masuk di desa Punggur Kapuas.Mereka-mereka itulah termasuk salah satu motor dari Dewan dewan untuk membantu Pemerintah desa membangun desa Punggur Kapuas.”Ujarnya.

“Sedangkan untuk dari Anggota DPR-RI memang untuk selama ini yang kita rasakan sudah ada pembangunan di perumahan melalui program BSPS salah satunya dari Dewan dewan yang ada yaitu Aspirasi Anggota DPR-RI.
Bapak H.SYARIEF ABDULLAH ALKADRIE,SH.,MH.dan Bapak.H. BOYMAN HARUN,S.H.ke Dua Dewan yang ada ini dari DPR-RI memang sudah banyak Konstribusinya ada ratusan rumah yang sudah dibangun di desa Punggur Kapuas.

Masih Anuwar Kepala desa Punggur Kapuas pada hari ini kita melaksanakan Musrembang di desa Punggur Kapuas dalam rangka untuk menyusun anggaran kita.dan terkait hasil Musrembang yang kemaren yang pernah kita usulkan segala prioritas itu memang setelah kita liat kondisi di lapangan pada tahun ini memang rasenya tidak ada di munculkan dari yang kita prioritaskan.

Nah kata Anuwar untuk itu sebelumnya kita melanjutkan ke Musrembang sebelum berikutnya alangkah baiknya ini harus di pertegaskan kenapa di setiap Musrembang yang kita usulkan dari setiap kegiatan yang kita masukan yang prioritas yang di usulkan dari Masyarakat tidak pernah di munculkan itu yang maukita minta di perjelaskan
agar supaya kedepannya kita enak dalam melaksanakan Musrembang.
Karna yang kita kwatirkan ini musrembang salah satu yang harus di wajibkan sementara setelah kita laksanakan kita juga pingin lihat hasil dari pada musrembang itu sementara itu yang kita tunggu.”Ucapnya.

“Terkait dengan adanya pitu air yang jebol yang sangat Urgent yang harus di prioritaskan maka kami dari Pemerintah desa mengharap kepada Istansibistansi terkait kepada pemangku pemangku jabatan untuk segera menindak lanjuti terkait jebolnya pintu air tersebut karena itu memang sangat Urgent kita kasihan dengan Masyarakat masyarakat disekitar wilayah tersebut kalau air pasang tinggi maka mereka akan mengunsi.”Tandasnya.

Masih di tempat yang sama Junaidi.S.Sos Camat sungai Kakap usai menghadiri dan membukan Musrembangdes kepada awak media di mengatakan Alhamdulillah Musrembangdes desa Punggur Kapuas sesuai dengan regulasi saya liat unsur unsur dari masyarakat hasil proses dari musrembang ini hampir semua unsur RT/RW unsur pendidikan kesehatan juga hadir.

“Semua ini menunjukan bahwa Musrembangdes dilaksanakan kepala desa beserta jajarannya telah berjalan sebagai mana aturan yang telah di tetapkan Permendagri begitu juga tadi kita mendengar beberap usulan yang diminta bahkan ini sangat Urgent usulannya ini beberapa pintu air jebol dan ada beberapa warga yang mengungsi dengan adanya pintu air yang jebol itu.”Imbuhnya.

“Sehingga ini perlu segera kita respon kita segera kawal sehingga masyarakat yang mengunsi tadi pindah bisa kembali kerumahnya masing masing mengingat ini hal yang
Urgent mungkin hari ini juga saya sudah janji dengan pak kades saya akan koordinasikan mengkosultasikan dengan Teman-teman PU setelah musremnag desa di Punggur kapuas ini.”Terangnya.

“Nah kemudian beberapa usulan tadi yang telah disampaikan masyarakat kepada kepala desa untuk program pembangunan kedepanya mudah mudahan di tahun 2023 untuk ADD dan ADD nya bisa terealisasi dengan baik kemudian untuk APBD nya di tahun 2024 bisa kita kawal Sama-sama itu harapan pak kades saya juga berharap demikian minimal dari Empat usulan ada Dua Satu usulan bisa di akomudir dengan menggunakan dana APBD.”Pungkasnya.(Tim/Mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed