by

Pawai Karnaval Sepeda Hias Warga Desa Pal 9 Untuk Menyemarakkan HUT RI ke-78 dengan Semangat Kebangsaan dan Kebersamaan

Kubu Raya, Media Kalbar

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78,ratusan warga dari RT 38/RW 11 Dusun 5 di Desa Pal 9,Kecamatan Sungai Kakap, menunjukkan semangat kebersamaan dan patriotisme dengan menggelar sebuah pawai karnaval sepeda yang sukses dan meriah.

Acara tersebut di resmikan oleh Camat Sungai Kakap Junaidi.S.Sos di dampingi Kepala desa Pal 9 acara tersebut di laksanakan Minggu(13/8/2023)diikuti oleh ratusan warga dari berbagai kelompok usia,mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, yang berdandan dengan pakaian merah putih dan hiasan sepeda yang kreatif.

Pawai karnaval sepeda ini mengambil rute melintasi jalan-jalan utama desa, memamerkan semangat nasionalisme dan kebersamaan. Terdapat beragam hiasan kreatif yang ditempelkan pada sepeda-sepeda peserta, menggambarkan berbagai elemen budaya dan sejarah Indonesia. Warga yang mengikuti pawai terlihat bersemangat dan antusias, sambil menyanyikan lagu-lagu kebangsaan.

Firmansyah Kepala Dusun 5 desa Pal 9 mewakili patia kepada sejumlah awak media dia mengatakan untuk kegiatan tahun ini dengan di dilaksanakannya Kegiatan karnaval sepeda hias ini mudah-udahan bisa di jadikan agenda momen tahunan setiap perayaan tujuh belas Agustus ataupun hari kemerdekaan.

“ya mudah mudahan kami di sini mewakili dari panitia segenap panitia pelaksana hanya mohon juga koreksi dan sarannya karena mungkin dalam pelaksanaannya masih banyak kekurangannya yang kami lakukan tetapi mudah mudahan kami berharap untuk khus untuk acara karnaval sepeda hias ini bisa di jadikan agenda tahunan.” Katanya.

Dikatakan lebih lanjut bahwa Tidak menutup kemungkinan bisa laksanakan untuk kedepannya bisa mengajak dari desa desa tetangga ataupun seluruh warga desa Pal 9, “untuk kita libatkan untuk acara karnaval sepeda hias ini karena yang namanya karnaval sepeda hias ini Alhamdulillah sepertinya kalau memang kita buka pengumumannya mungkin pesertanya ataupun peminatnya sangat banyak,” ujarnya.

Ia berharap semangat kemerdekaan bisa dirasakan bersama, kedepan hal ini dapat berkelanjutan dan dapat kita laksanakan setiap tahun.

“Selain karnaval kali untuk kegiatan perlombaan yang lainnya sangat banyak sebenarnya yang kita laksanakan karena kita bagi dua sesi untuk sesi sore khusus untuk anak anak dan untuk malam harinya untuk ibu ibu.”Ucapnya.

Dijelaskan Pelaksanaan ini berlansung kurang lebih satu bulan jadi penutupannya selesai Agustus nanti kita melaksanakan penutupan harapan kami kepada masyarakat mudah mudahan ke kompakan kebersamaan ini tetap terjaga tetap terjalin.

“karena di samping kita mengadakan perlombaan untuk acara tujuh belasan ini setidaknya silahturahmi itu tetap kita jaga dalam artian perlombaan ini tentulah ada pemenang ada yang kalah tetapi bukan berarti kita melihat siapa yang menang siapa yang kalah.

“Tetapi rasa kebersamaannya rasa persaudaraan dan rasa silahturahmi nya tetap terjaga karena Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini masyarakat yang ada khususnya di dusun lima ini dan sekitarnya karena kita juga merangkul dari desa tetangga yang berdekatan dengan kita jadi setiap malam setiap sore ibu ibu dan bapak bapaknya pada ngumpul di sini jadi setiap hari ketemu jadi setidaknya memupuk tali silaturahmi itu semangkin erat itu harapan kita bersama.”Tandasnya.

“Sementara itu Mujib Munaim selaku tokoh masyarakat Kecamatan Sungai Kakap kepada awak media dia mengatakan Pertama tama saya sampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada warga pal 9.”Katanya.

“Saya sebagai warga kecamatan sungai kakap tentunya sangat berterima kasih kepada warga desa pal 9 di mana dengan antusias nya warga pal 9 ini mengadakan event dalam rangka hari kemerdekaan Indonesia yang ke 78 ini.

“Artinya warga masyarakat desa pal 9 ini peduli dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia ini nah kemerdekaan yang di maksud itu artinya kita ingin membangun bersama sama dalam rangka merayakan hari kemerdekaan ini,”Ucapnya.

“Kemerdekaan itu artinya kita membangun bersama sama saya sebagai warga kecamatan sungai kakap saya berbangga diri berbangga hati dengan warga desa pal 9 dengan adanya kegiatan event ini yang sukanya setiap tahun mereka adakan kegiatan event event dalam rangka kegiatan 17 Agustus ini.

“Tentunya saya sebagai warga kecamatan sungai kakap bangga dengan warga desa pal 9 mudah mudahan acara seperti ini event seperti ini di adakan setiap tahun.
Terimakasih baik saya sebagai warga kecamatan sungai kakap agar tetap terus memupuk hubungan silaturahim dengan adanya acara ini.

“Maka semangat patriot warga desa pal 9 ini khusus nya kecamatan sungai kakap pada umumnya desa pal 9 ini rasa patriot bahwa kita bahwa kita Indonesia itu merdeka inilah bukti kongkrit nyata dengan adanya event dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 ini.

“Nah harapan ke depan mudah mudahan acara ini tetap berlangsung dan kami berharap semua elemen masyarakat apakah itu kepala desa, pak camat, anggota dewan, ataupun Bupati karena ini di laksanakan setiap tahun dan acara ini satu bulan full,”Terangnya.

“Harapan kami ke depan mudah mudahan pak Bupati,dewan,pak camat,semua kepala desa, dan aparatur pemerintah lebih peka dan perduli kepada kegiatan yang memupuk persatuan bangsa ini.”Harapnya.

Junaidi.S.Sos.Camat Sungai Kakap mengungkapkan bahwa kita bersama sama ikut serta kegiatan sepeda santai yang di laksanakan oleh pemuda kaliber (Kalimas Bersatu) yang berkerjasama dengan pemerintah Desa dan pengurus RT 38.

“Dan kegiatan ini berjalan dengan sukses tadi kita turun bersama sama tadi di hadiri kepala desa belidak, dan pal 9 juga hadir alhamdulillah ini suatu kegiatan yang luar biasa memperingati hari HUT RI yang ke-78 ini suatu mungkin bisa di jadikan contoh.

“Saya lihat desa desa yang lain mulai ikut desa belidak juga mulai ikut mungkin di laksanakan tanggal lain, tanggal 27 Nah ini hal hal yang positif seperti ini patut di contoh dan di lestari kan sehingga ke depannya kegiatan ini bisa terus di lestari kan dan terus bisa menyebar di seluruh kecamatan sungai kakap,

Saya kata Junaidi atas nama Pemerintah kecamatan pemerintah Desa mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang luar biasa kepada pak RT , kepala Dusun juga yang ikut berkerjasama, tokoh agama, tokoh masyarakat termasuk panitia yang ikut mengakses kan kegiatan jalan santai ini.

“Mudah mudahan tahun depan bisa lebih meriah lagi sehingga HUT kemerdekaan pun yang kita rayakan akan terasa hiruk pikuk nya terasa kebahagiaan nya terasa di seluruh desa yang ada di kecamatan sungai kakap. “Pungkasnya.(MK/Ismail)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed