by

PBRTB Lestarikan Budaya Leluhur Untuk Ciptakan Keharmonisan

Semade, Media Kalbar – Seperti biasa pada tahun sebelumnya Perguruan Budaya Ritual Tambak Baya atau PBRTB melaksanakan kegiatan Peringatan hari Ulang Tahun Ke-V berdirinya perguruan Pimpinan Marselinus Mian dan acara dilaksanakan pada Minggu (24/10/2021) diawali dengan ritual adat pukul 07.00 wib.

Pada Ultah Ke-V kali ini, kegiatan dihadiri utusan dari PBRTB beberapa wilayah seperti PBRTB Anjongan, Putussibau, Jakarta Utara, Kalimantan Utara dan bahkan dari Luar Negeri seperti Kuching, Miri, Niah, Keningau Sabah, Tenom Kota Kinabalu dan Semenanjung.

Panglima PBR Tambak Baya Marselinus Mian mengungkapkan bahwa Prinsip PBRTB adalah Tinggi tidak menginjak dan rendah tidak diinjak, dihina tidak jatuh dipuji tidak terbang.

Selain itu kata Mian, PBRTB juga memegang teguh ajaran leluhur dan melestarikan adat nenek moyang dan kepercayaan leluhur.

Pada prinsipnya PBRTB selalu berprinsip Berbudaya, Beradat, Berilmu dan Berbudi Luhur,” tegasnya dihadapan para anggota PBRTB yang hadir baik laki-laki maupun perempuan.

Sesuai dengan tema HUT Ke-V PBRTB yang diperingati pada tanggal 24 Oktober setiap tahunnya kali ini temanya adalah ,” Dengan Pesona Budaya kita ciptakan keharmonisan, silaturahmi terhadap semua suku bangsa berdasarkan Pancasila, Rasionalisme dan Profesionalisme.

Maka melalui adat budaya kita disatukan, seperti contoh beberapa waktu lalu tepatnya 12 September 2021 kami PBRTB Kalimantan Barat di undang untuk hadir pada acara Panguyuban Paguyungan Sunda, kami berbeda agama namun secara budaya kita saling silaturahmi,” tutur Mian.

Mian pun menghimbau agar kita jangan ragu tetap melestarikan adat budaya sesuai dengan kepercayaan leluhur dan berpegang teguh pada ajaran itu, karena pada dasarnya bertujuan untuk kebaikan.

Pada moment peringatan HUT Ke-V PBRTB kali ini, setiap ritual yang dilaksanakan PBRTB diselingi dengan tarian, Atraksi ketangkasan seperti Silat Tradisional, baring diatas pecahan kaca, memegang duri, mematahkan besi dengan tangan kosong dan juga ritual adat PBRTB dengan memotong ayam kampung dan babi untuk keperluan adat.

Hadir pada HUT Ke V PBRTB kali ini yakni anggota DPRD Provinsi Kalbar Fraksi Partai PDIP Tapanus,SH,MH, Ketua Umum PBRTB, Tujuh Panglima Cabang PBRTB, Ketua Cabang-Cabang PBRTB, Ketua dan Pengurus , Camat Banyuke Hulu, Ketua DAD Banyuke Hulu, Mempawah Hulu dan Kecamatan Sompak, Tokoh adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Media Massa dan Kepala Desa Semade, Para Temenggung, Pasirah, Keluarga Besar Keturunan Tambak Baya di Desa Semade serta Undangan lainnya. (KR/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed