by

Pelatihan Dan ketrampilan Madu Kelulut, Warga Binaan Rutan Sambas Dapat Pembinaan Dinaskertrans

Sambas, Media Kalbar – Dalam rangka meningkatkan pembinaan kemandirian bagi warga binaan Rumah tahanan Negara Kelas IIb Sambas bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Sambas untuk memberikan pelatihan dan ketrampilan budidaya madu kelulut.

Hal tersebut ditandai dengan dilakukan pembukaan pelatihan budidaya madu kelulut di aula rutan Kelas IIb sambas. Selasa/ 16-11.

Adapun yang hadir dalam kegiatan pembukaan itu, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab Sambas Ustian, SH, M.Si, Karutan Sambas Priyo Tri Laksono dan Kasubsi pelayanan Tahanan, Syarif Zaimil Aidil, Kabid Pelatihan dan penempatan Kerja, Riki chosyikin, S.Psi, kasie penempatan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja,Sapani, A.Md.KL dan instruktur pelatihan, Asmoni serta warga binaan sebanyak 20 orang.

Kepala Dinaskertrans Kab. Sambas yang diwakili oleh Sekretraris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ka. Sambas, Ustian SH, M. Si menyampaikan bahwasanya kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu peran serta pemerintah kab. Sambas dalam memberikan pelatihan dan ketrampilan kepada warga sambas, begitu pula warga binaan yang sedang berada di dalam Rutan Sambas, hal ini sebagai pemberdayaan warga binaan pemasyarakatan dalam rangka reintegrasi social dan persiapan memasuki dunia kerja sesuai dengan Program Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Sambas pada anggaran Tahun 2021 ini. Sehingga pelatihan ini bisa dirasakan manfaatnya bagi warga binaan untuk bisa dikembangkan di dalam Rutan dan nantinya bisa dijadikan bekal ketrampilan setelah bebas dari Rutan.

“pemerintah daerah sambas ikut dalam pembinan kemandirian pada Rutan Sambas salah satunya dengan pemberian pelatihan budidaya madu kelulut agar mereka bisa memiliki ketrampilan dan keahlian untuk bisa dikembangkan dan yang paling penting bisa dijadikan sebagai salah satu modal sebagai bekal setelah bebas nantinya, “terang Ustian.

Ia juga menyampaikan bahwasanya bukan hanya pelatihan budidaya madu kelulut saja yang diberikan namun ada beberapa pelatihan yang nantinya akan diberikan oleh Dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Sambas kepada Warga binaan sesuai dengan minat dan bakatnya, sehingga apabila terhadap pelatihan itu sesuai dengan minat dan bakatnya akan bisa memberikan hasil yang maksimal.

“nantinya kita berikan lagi pelatihan yang lainnya, agar bisa beraneka ragam keahlian yang dimiliki oleh mereka sehingga bisa dikembangkan dan yang penting bisa memberikan tambahan pendapatan bagi mereka setelah bebas kelak, “pungkasnya.

Sementara itu Karutan Sambas, Priyo tri Laksono dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah sambas, dalam hal ini dinas tenaga kerja dan transmigrasi kab. Sambas yang telah memberikan pelatihan bagi warga binaan Rutan Sambas, semoga nantinya pelatihan ini bisa memberikan manfaat bagi warga binaan untuk bisa dikembangkan di dalam rutan maupun setelah mereka bebas nantinya.

“pelatihan ini sangat tepat diberikan bagi warga binaan, sehingga setelah bebas nanti mereka memiliki ketrampilan dan keahlian yang bisa diguanakan sebagai modal bekal hidup untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, sehingga mereka siap untuk bekerja dan kembali ke tengah-tengah masyarakat masyarakat, “ungkap Priyo.

“semoga peran pemerintah daerah Ka. Sambas dalam memberikan pelatihan dan ketrampilan bagi warga binaan ini terus dilakukan secara berkelanjutan, “ harap Priyo.
( Urai Rudi )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed