by

Pemda Sambas Lirik Potensi Budidaya Ikan di Sungai, Junihardy : Dongkrak Sektor Perekonomian

Sambas, Mediakalbarnews.com –

Dinas Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPPKH), melalui Kepala Bidang Perikanan Budidaya DPPKH Kabupaten Sambas, Junihardy mengungkapkan pemerintah ingin menjadikan sungai semparuk Kabupaten Sambas sebagai lokasi budidaya ikan Berkemajuan.

“Sungai Semparuk Sebangkau itu sangat potensial untuk dikembangkan dan didorong menjadi lokasi budidaya ikan dengan metode Keramba Jaring Apung maupun Sungkur. Hasil peninjauan kami di lapangan sudah ada beberapa masyarakat yang budidaya ikan dengan keramba di sana,” ungkap Junihardy, Minggu ( 17/4/2022)

Lanjutnya lagi Junihardy mengatakan, di tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Sambas sudah acapkali memberikan bantuan kepada kelompok pembudidaya ikan di Sungai Semparuk Sebangkau berupaya KJA. Itu adalah bukti dukungan Pemda Sambas kepada masyarakat.

“Tahun ini, Pemda Sambas juga telah menyusun kegiatan untuk memberikan bantuan berupa pakan dan benih ikan untuk kelompok pembudidaya di Sungai Semparuk Sebangkau. Saya berharap, bantuan itu nantinya bisa mendongkrak sektor ekonomi masyarakat,” katanya.

Sementara, satu diantara pembudidaya ikan dengan Keramba Jaring Apung di Sungai Semparuk Sebangkau, Ridwan mengatakan, kegiatan budidaya ikan di sana masih terhambat mahalnya harga pakan dan kualitas air yang fluktuatif. Dia berharap Pemda Sambas melalui DPPKH bisa memberikan solusi atas masalah tersebut.

“Selama ini usaha budidaya ikan dengan keramba di Sungai Semparuk Sebangkau terkendala pakan dan kualitas air yang fluktuatif. Walaupun budidaya ikan di sini memang sangat potensial mengingat masih minimnya pelaku usaha yang bergerak di sektor budidaya,” katanya.
(Ray)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed