by

Pemdes Jeruju Besar Gelar Musrembangdes Untuk Tahun Anggaran 2024

Kubu raya, Media Kalbar

Dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa(RKPDes) Tahun 2023. Desa Jeruju Besar Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya menggelar Musyawarah perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) pada hari Senin (5 September 2022) untuk usulan Tahun Anggaran 2024, dengan Tema”Desa Membangun Melalui Penguatan Kualitas SDM Berbasis Potensi Unggulan Desa”

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Sungai Kakap, Bhabinkamtibmas Desa Jeruju Besar, Kepala Desa Jeruju Besar beserta jajarannya perangkat desa,BPD,Pendamping Desa,Ketua RT, ketua RW,Dusun,lembaga desa,dan tokoh masyarakat.

Nurhalijah,SE Kepala Desa Jeruju Besar Dalam sambutannya dia menyampaikan rasa syukurnya di karenakan Pembangunan jalan poros di desa Jeruju Besar yang dulunya selalu di keluhkan masyarakat kini sudah terealisasi walaupun semuanya belum rampung yang tinggal kurang lebih Tiga kilometer dan dia berharap ada lanjutan tahun depan

“Dan untuk jalan lingkungan di Desa ini juga tidak sedikit program pembangunan yang masuk katanya.
di jelaskannya untuk tahun 2022 ini saja tidak kurang dari 10 Miliar.bahkan di masa Covid-19 Pun yang begitu banyaknya pemangkasan pembangunan di Desa Jeruju besar ini Alhamdulilla di jadikan Prioritas.” Jelasnya.

“Untuk itulah partisipasi masyarakat desa Jeruju Besar sangat di harapkan untuk lebih di tingkatkan lagi untuk memberi masukan dan saran untuk kemajuan pembangunan desa jeruju besar kedepannya.”imbuhnya.

Sementara Camat Sungai Kakap
Junaidi S Sos dalam sambutannya sangat mengapresiasi kinerja Pemerintah desa Jeruju Besar yang telah melakukan berbagai macam terobosan untuk kemajuan pembangunan di desanya sehingga desa jeruju besar saat ini sudah banyak mengalami perubahan dan kemajuan dan ini perluh di pertahankan dan di tingkatkan lagi.

Dalam musrembangdes tersebut berbagai usulan yang di sampaikan tokoh masyarkat seperti,pintu air,akses jalan.sarana inspratruktur pendidikan,sarana inspratruktur pertanian,sarana inspratruktur kesehatan dan lain lainnya yang memang sangat di butuhkan oleh masyarakat desa jeruju Besar

Namun diatara sekian banyaknya usulan yang sangat prioritas adalah pintu air yang berlokasi di wilayah RT 004 RW.001 yang memang kondisinya sudah cukup parah kata ketua RT.004 RW.001 .Wawan Dwi Pantovan yang dia sampaikan dalam musrembang tersebut .

Usai Musrembabgdes Nurhalijah,SE  kepada awak media mengatakan untuk tahun ini prioritas khusus nya di bidang pembangunan memang lebih ke arah ketahanan pangan untuk masyarakat desa terutama pintu air.

“Pintu air yang memang berpengaruh ke pertumbuhan dan perkembangan hasil produksi yang ada di desa sesuai apa yang di sampaikan masyarakat desa juga tadi.bahwa ada beberapa pintu air itu yang sudah rusak berat kemudian juga ini perlu menjadi perhatian khusus baik itu pemerintah daerah Kabupaten maupun pemerintah daerah Provinsi.”Ujarnya

Lebih lanjut Nurhalijah menjelaskan terkait tentang infrastruktur pembangunan jalan poros tidak banyak lagi yang harus di bangun kurang lebih tinggal 3 Km lagi.

“Dan mudah mudahan untuk tahun depan yang 3 km ini juga bisa di selesaikan. Untuk sekarang pekerjaannya Alhamdulillah tidak ada kendala jadi untuk proses pembangunan di jalan jeruju darat itu sudah selesai kemudian untuk yang dari arah jeruju ke Sungai Itek juga sudah selesai karena yang rusak itu sudah tidak terlalu banyak lagi yang rusak.”Ucapya.

Junaidi.S.Sos Camat Sungai Kakap kepada awak media dia mengatkan apresiasi pelaksanaan musrenbangdes yang dihadiri semua pihak stackholder.

“Artinya proses muslembangdes yang di laksanakan oleh kepala desa Jeruju Besar sudah berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku banyak usulan yang telah di sampaikan di antara nya pintu air mudah mudahan bisa kita akomodir kita dorong bersama sama kita kawal bersama sama Karena memang ini sudah menjadi prioritas dari pada usulan yang di sampaikan pak RT atas nama pak Wawan tadi.” Katanya.

“mudah mudahan nanti bisa kita kawal bersama sama pada saat proses muslembang di kecamatan mungkin sebelum muslembang di kecamatan kita akan adakan pra Musrenbang di kecamatan mungkin di momen itu akan kita dorong secara bersama sama karena memang urgen mendesak sehingga perlu kita kawal perlu kita dorong secara bersama sama.”Ajaknya.

“Kemudian saya bersyukur tadi antusias warga desa Jeruju Besar luar biasa untuk menghadiri rapat ini ,ini menunjukkan rasa kepedulian,rasa kepercayaan ,rasa sayang kepada desa nya sehingga pada saat proses muslembang ini banyak yang hadir dan banyak yang saya sampaikan bahwa proses muslembang yang di laksanakan oleh desa Jeruju Besar ini betul betul sudah di laksanakan sesuai dengan regulasi yang telah di tetap kan yaitu UU no.6 THN 2014 pada pasal 54 dan Permendagri 114 di pasal 36 dan pasal 46.”Pungkasnya ,(Tim/Mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed