by

Pemkab. Melawi Sampaikan  Rancangan Awal RPJMD 2021-2026

Melawi, Mediakalbarnews.com – Bupati Melawi H. Dadi Sunarya Usfa Yursa menyampaikan nota awal penjelasan RPJMD tahun 2021-2026, dihadapan komisi/fraksi DPRD Melawi bertempat di ruangan rapat DPRD Kabupaten Melawi. Kamis (22/4/21).

Dalam sidang paripurna dengan DPRD tersebut Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Melawi Hendegi Januardi Usfa Yursa, S.I.P beserta Fraksi/Anggota DPRD Kabupaten Melawi dan undangan lainnya.

Dalam pidatonya, Bupati mengatakan, penyampaian RPJMD tahun 2021-2026 merupakan tahap awal, setelah pembahasan dan kesepakan dengan DPRD maka rancangan ini akan akan dikonsultasikan kepada Gubernur Kalimantan Barat untuk mendapatkan masukan, saran dan pendapat dalam penyempurnaan rancangan RPJMD.

RPJMD paling lama ditetapkan enam bulan setelah kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih dilantik, maka penetapan ranperda tentang RPJMD harus ditetapkan sebelum 26 Agustus 2021, setelah pelantikan kepala dan wakil kepala daerah terpilih, yang dilantik 26 Februari 2021 yang lalu, Bupati juga menambahkan penyusunan dokumen rancangan awal tentang RPJMD Kabupaten Melawi tahun 2021-2026 ini, telah melalui tahapan tahapan proses penyusunan telah disampaikan dalam forum komunikasi public pada tanggal 12 April 2021 dengan maksud menjaring aspirasi, masukan, saran-saran seluruh pemangku kepentingan dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Melawi tahun 2022-2026 secara transparan dan akuntabel.

Tujuan penyusunan RPJMD itu sendiri untuk menjabarkan visi dan misi kedalam tujuan sasaran dan indikator kinerja Pembangunan Daerah selama 5 tahun ke depan hingga rencana pembangunan daerah yang telah ditetapkan dapat terwujud.

Visi  pembangunan 5 tahun kedepan yaitu mewujudkan Kabupaten Melawi, Adil Pantas, Hebat dan berlandaskan Gotong-royong.

Untuk mewujudkan visi tersebut terdapat 6 misi yaitu : 1. menjadikan Kabupaten Melawi sebagai Kabupaten Pertanian dan Perkebunan, 2. Terwujudnya Kabupaten Melawi yang terintegrasi menuju desa mandiri, pembangunan ekonomi kerakyatan dan menciptakan dunia usaha dan berinvestasi dengan pro rakyat dengan pengelolaan sumber daya alam  dengan konsef pelestarian lingkungan. 3. Terwujudnya Kabupaten Melawi dengan pembangunan infrastruktur yang modern, merata, berkeadilan, berkualitas, dengan melestarikan budaya dan kearifan local. 4 Terwujudnya layanan Pendidikan dan kesehatan, 5. Terwujudna tatakelola pemerintahan yang berwibawa dan berkualitas dengan prinsif Good Govermant dan 6. Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Melawi berbudaya, cerdas, mandiri dan inovatif dalam meningkatkan sumber daya manusia yang unggul.

Untuk dapat mewujudkan Visi dan Misi tersebut terdapat 7 program unggulan yang diprioritaskan yaitu program pertanian dan perkebunan program penyediaan lapangan kerja program struktur program pendidikan dan kesehatan program sosial kemasyarakatan program pemerintahan dan program budaya dan pariwisata

“ Lanjutnya, Kita sangat berterima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Melawi karena telah melaksanakan rapat paripurna penyampaian rancangan awal RPJMD Kabupaten Melawi tahun 2021-2026,” kata Bupati

“ Semoga niat baik bersama sama ini diberi kelancaran & keberkahan oleh Allah SWT dalam melaksanakan roda pembangunan untuk Kabupaten Melawi yang lebih baik. Apa yang kita lakukan akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Melawi yang kita cintai ini. Sehingga terwujubnya Kabupaten Melawi yang Adil, Pantas, Hebat serta Harmonis Dalam Keberagaman. Dukungan DPRD Melawi sangat menentukan,” tandas Bupati mengakhiri.

Selanjurnya Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Melawi Hendegi Januardi Usfa Yursa, S.I.P mengatakan, setelah RPJMD Kabupaten Melawi tahun 2021-2026 disampaikan kepada DPRD Kabupaten Melawi selanjutnya akan dibahas bersama di DPRD.

” Secara aturan kami akan membahas secara bersama di DPRD dalam hal ini akan kita serahkan ke tim Bapeperda membahas RPJMD ini paling lama 10 hari, kita akan memberi masukan, saran awal, selanjutnya kita akan memberi nota kesepakatannya, ” jelas Hendegi.

Sidang paripurna penyampaian rancangan awal RPJMD tahun 2021-2026 juga ditandai dengan penyerahan dokumen rancangan awal RPJMD oleh Bupati Melawi kepada DPRD Kabupaten Melawi yang diterima oleh Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Melawi Hendegi Januardi Usfa Yursa, S.I.P

Penulis/Publis : Bagus Afrizal

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed