by

Pengukuhan MABB Dan Peresmian Rumah Adat Bugis Saoraja Aliri Mpero, Upaya Pelestarian Adat Budaya Bugis Di Kalbar

Pontianak, Media Kalbar

Pengurus Majelis Adat Budaya Bugis (MABB) Kalimantan Barat dilantik dan dikukuhkan oleh Raja Bone ke-35 Andi Baso Hamid disaksikan Raja Goa dan Sultan Pontianak pada hari Sabtu (3/12) di Rumah Adat Bugis Saoraja Pontianak.

Foto: Penandatanganan prasasti oleh Walikota Pontianak bersama Sekda Kalbar tanda diresmikannya Rumah Adat Bugis Saoraja Aliri Mpero, Pontianak (3/12). (Amad/mediakalbarnews.com)

Kegiatan ini juga dirangkai dengan peresmian Rumat Adat Bugis Saoraja Aliri Mpero dengan ditandai penandatanganan prasasti oleh Raja Bone, Sekda Provinsi Kalbar dan Walikota Pontianak.

Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Kalbar yang diwakili oleh Sekda Provinsi Kalbar dr. Harisson, M. Kes, Anggota DPR RI Boyman Harun, SH, Walikota Pontianak H. Edi Rusdi Kamtono, Forkorpimda Kalbar, Sultan Pontianak, Raja Bone, Raja Goa, Pemangku Adat Luwu, Ketua dan Pengurus FKOB, Ketua Organisasi Paguyuban dan sejumlah tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Anggota DPR RI H. Boyman Harun menyampaikan apresiasi kepada tokoh Kalbar Dr. Ardiansyah, SH, M.H., dan juga Surhaini, S.Km, MH., yang peduli terhadap adat budaya bugis di Kalbar.

“Patut di contoh dan aprsiasi kepada saudara kita Dr. Ardiansyah, SH. MH., orang bugis yang peduli untuk melestarikan dan mengembangkan adat budaya bugis, dan sangat kita banggakan dengan membangun rumah adat bugis tanpa bantuan dari pemerintah, ini bisa menjadi contoh bagi suku-suku lain yang ada di Kalbar.” Kata Boyman Harun yang juga Ketua DPW PAN Provinsi Kalbar ini.

Ia berharap dengan adanya rumah bugis ini bisa menjadi sarana untuk melestarikan budaya bugis di Kalbar.

Walikota Pontianak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono menyampaikan bahwa rumah adat bugis Saoraja bisa menjadi wisata dan juga wisata kuliner bugis di Pontianak.

Ketua Majelis Adat Budaya Bugis (MABB) Kalimantan Barat Dr. Ardiansyah, SH. MH., ketika memberikan sambutan bahwa adanya MABB adalah upaya filter seni, adat, budaya bugis di Kalbar.

“Sementara Rumah Adat Saoraja Aliri Mpero bukan sekedar rumah adat, ini untuk mengembangkan budaya bugis di Kalbar, ini adalah sejarah yang akan dikenang oleh anak cucu dan keturunan kita bahwa Bugis ada di Kalbar dengan adat budaya bugis.” Katanya.

Adapun pengurus MABB yang dikukuhkan antaranya Ketua Umum Dr. Ardiansyah, SH, MH., Sekretaris Umum Bustami, S.Ag, Bendahara Surhaini, S.Km, MH dan jajaran pengurus lainnya. (Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed