by

Peresmian Mako Polres Kubu Raya, Gubernur Kalbar Tekankan Pelayanan Terbaik Bagi Masyarakat

KUBU RAYA, Media Kalbar

Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., menyaksikan secara langsung peresmian Markas Komando Polres Kubu Raya yang berlokasi di Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya, Jum’at (27/1/23).

Peresmian Mako Polres Kubu Raya ini ditandai dengan penandatanganan Prasasti oleh Kapolda Kalbar, Irjen Pol. Drs. Suryanbodo Asmoro, M.M., dan pengguntingan Pita oleh Ketua Bhayangkari Daerah Kalbar, Ny. Ratna Suryanbodo.

Tak hanya Gubernur, turut hadir dalam peresmian ini Bupati Kubu Raya, H. Muda Mahendrawan, S.H., M.Kn., dan Kapolres Kubu Raya, Arief Hidayat, S.H., S.I.K., para PJU Polda Kalbar, danTokoh masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Gubernur mengucapkan selamat kepada Polres Kubu Raya atas peresmian Mako Polres Kubu Raya. Dirinya mengharapkan keberadaan Mako Polres Kubu Raya dapat meningkatkan pelayanan Polres Kubu Raya kepada masyarakat.

“Saya ucapkan selamat atas peresmian Mako Polres Kubu Raya ini, semoga pelayanan terhadap masyarakat semakin baik. Saya yakin kawasan ini (Sungai Ambawang) akan menjadi tempat pusat pemerintahan di Kubu Raya, karena wilayah ini banyak menghubungkan beberapa daerah,” ucap Sutarmidji dalam sambutannya.

Gubernur menyebut salah satu keberhasilan dalam meningkatkan pelayanan yakni degan peningkatan SDM didukung suasana kerja yang nyaman.

“Jadi mari kita saling berbenah, jangan melihat itu Instansi Vertikal maupun Pemerintah Daerah, yang jelas kita harus saling bersinergitas agar daerah kita bisa maju,” ujarnya.

Selanjutnya, Gubernur menekankan bahwa kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah Daerah adalah bukti kesuksesan Pemerintah Daerah dalam merealisasikan program-programnya.

“Tanpa kepercayaan masyarakat mustahil kita akan sukses dalam merealisasikan program. Kepercayaan itu hanya bisa didapatkan jika sinergitasnya baik, namun jika sinergitas tidak baik maka tidak akan bisa mencapai kesuksesan. Semuanya bisa dicapai dengan koordinasi yang baik,” ungkap Sutarmidji.

Selain itu, Gubernur Kalbar H. Sutarmidji juga menyampaikan bahwa kedepannya kawasan ini menjadi Pusat pemerintahan di Kabupaten Kubu Raya, dikarenakan merupakan kawasan yang menghubungkan beberapa daerah.

” Salah satu keberhasilan kita memberikan pelayanan, adalah SDM sehingga harus ditingkatkan, kemudian suasana kerja juga harus nyaman dan ditingkatkan, seperti di Kantor Gubernur yang tampilannya sudah lebih baik, mari kita berbenah baik instansi Vertikal dan Daerah harus ada sinergitas agar daerah tetap maju, tuturnya

Pencapaian ini perlu untuk menarik kepercayaan masyarakat kepada pemerintah daerah, dan itu bisa dicapai melalui sinergitas yang baik, kita tidak bisa bekerja sendiri semua perlu koordinasi, bukti keberhasilan sinergitas adalah terbentuknya Desa Mandiri dalam waktu 4 tahun menghilangkan Desa sangat tertinggal di Kalimantan Barat. Desa Mandiri sudah terbentuk 586 dari dulunya 1 (satu)  Desa mandiri dan itu overtarget dan terbanyak di Indonesia, ungkapnya

Gubernur Kalbar pun menyampaikan, Yang berat di Kalbar adalah capaian IPM (Indeks Pembangunan Manusia), dan itu berada di Kabupaten, dimana IPM di Kalbar yang tinggi di Kabupaten Kubu Raya.

” Saya sangat mendukung Polres Kubu Raya berdiri di wilayah ini, sebutnya. Janji saya kepada Kapolres sebelumnya yaitu pagar nantinya akan direncanakan akan mirip dengan pagar Polda Kalbar, tuturnya.

Kapolda Kalbar Irjen Pol Suryanbodo Asmoro mengatakan, Pembangunan Gedung Polres Kubu Raya ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Ini semua berkat kerjasama dan dukungan dari pemerintah Provinsi Kalimantan Barat maupun Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, akhirnya Polres Kubu Raya memiliki Gedung sendiri yang letaknya cukup strategis yang awalnya Mapolres Kubu Raya masih meminjam Gedung Pramuka Provinsi Kalbar yang beralamat di Jalan Arteri Supadio, Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kubu Raya, ungkap Kapolda Kalbar dalam amanatnya.

“Semoga dengan berdirinya Polres Kubu Raya yang baru ini serta beroperasinya gedung yang baru ini. Kapolres Kubu Raya dengan berbagai program kreatifnya dapat memberikan semangat dan motivasi kepada para anggotanya sehingga meningkatkan semangat dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat,” tutur Kapolda Kalbar.

“Polres ini merupakan tempat untuk bersilahturahmi, dan membangun sinergritas bersama untuk menciptakan kamtibmas yang aman dan kondusif,” ungkapnya

“Bapak Gubernur Kalbar telah menghibahkan tanah yang luar biasa ini untuk Polri. Saya berharap personil yang bertugas di Polres Kubu Raya saat ini dapat meningkatkan pelayanan sebaik mungkin,” tegas Kapolda Kalbar

Kapolda Kalbar pun mengucapkan terimakasih kepada Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat dan Pemerintahan Kabupaten Kubu Raya serta seluruh insan yang terlibat, dari perancangan hingga peresmiaan gedung Mapolres Kubu Raya ini dapat berjalan dengan baik.

Kapolres Kubu Raya AKBP Arief Hidayat, S.H., S.I.K. mengatakan, Saya selaku Kapolres Kubu Raya mengucapkan banyak terima kasih kepada para tamu undangan yang telah sudi hadir dalam peresmian Makopolres Kubu Raya. Sebelum diresmikanya Polres Kubu Raya yang baru ini , Polres kubu Raya sebelumnya menempati gedung pramuka yang beralamat di Jalan Arteri Supadio.

” Peletakan batu pertama pembangunan Polres Kubu Raya dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 29 Mei 2021 oleh Kapolda Kalbar yang saat itu dijabat oleh bapak Irjen Pol Dr. Remigius Sigid Tri Hardjanto S.H. M.Si, Polres Kubu Raya dalam pembangunannya memakan waktu pengerjaan kurang lebih 1 (satu) tahun 4 (empat) bulan dengan memiliki luas tanah 40.178. M2 yang diperoleh dari hibah Provinsi Kalimantan Barat, sebut Arief dalam membuka acara sambutan Peresmian Mapolres Kubu Raya yang baru.

Arief pun menjelaskan, ” Luas bangunan seluas 1500 (seribu lima ratus) M2 dibangun dengan mengunakan anggaran dipa Polres Kubu Raya sebesar Rp.12.198.283.00.-(dua belas miliar seratus sembilan puluh delapan juta dua ratus delapan puluh tiga ribu rupiah).

Dalam hal ini, Polres Kubu Raya juga mendapatkan hibah dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya berupa gedung penjagaan, gedung SPKT, gedung SKCK, paving blok halaman Apel Mapolres Kubu Raya, pagar beserta palang nama Polres Kubu Raya, gedung sel Polsek Sungai Raya, pagar dan pos jaga rumah kediaman Kapolres Kubu Raya.

” Kami memohon doa dan bantuan pemerintah Daerah terkait dengan pelayanan SIM pembangunan turap tepi sungai pembuatan jalan keluar masuk Polres Kubu Raya, selain itu kami juga telah merencanakan pembangunan masjid “, tutur Arief.

“Alhamdulillah tahun ini pembangunan gedung pelayan sim sudah dianggarkan oleh Pemerintah Daerah Kubu Raya, sambungnya.

H. Irsan, S.Ag yang mewakili Tokoh Masyarakat Kabupaten Kubu Raya mengungkapkan, Dengan diresmikannya Polres Kubu Raya ini dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Kubu Raya secara khusus, meski banyak kekurangan termasuk sarana dan prasarananya, kami mengharapkan kepada semua pihak untuk menjadikan Polres Kubu Raya ini sebagai rumah kita, dapat kiranya pelaku usaha dan semuanya dapat membantu kekurangan tersebut.

” Kita ketahui bersama, Kabupaten Kubu Raya merupakan interlaine Kota Pontianak, dikarenakan banyak kendaraan berat yang melewati Kabupaten Kubu Raya sehingga perlu penanganan extra dari Polres Kubu Raya, beberapa waktu lalu kami menyampaikan terkait parkir kendaraan di Bahu jalan namun sudah berkurang, ungkapnya.

” Dengan meningkatnya Volume kendaraan sehingga perlu pengamanan lalu lintas yang diperkuat lagi, kami berharap kepada Gubernur Kalbar dapat menjadikan jembatan kapuas 2 menjadi dua jalur, sehingga permasalahan kemacetan dapat teratasi dengan baik dan aman, sambungnya

Kami tokoh masyarakat Kabupaten Kubu Raya sangat mendukung Kapolres Kubu Raya dalam kegiatan Jumat Curhat salah satu program unggulan Kapolri, sehingga berharap kegiatan tersebut menjadi pengayoman bagi Kami masyarakat, terangnya.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur, Kapolda, Bupati dan Kapolres Kubu Raya beserta Tokoh Masyarakat melakukan penghijauan dengan menanam pohon di kawasan tersebut. (**/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed