by

Pj Gubernur Dukung Langkah Kapolda Kalbar Berantas PETI

Pontianak, Media Kalbar

Pj Gubernur Kalbar dr. H. Harisson, M. Kes., mendukung langkah Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto dalam memerangi dan memberantas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Kalimantan Barat. Hal ini disampaikannya di Kantor Gubernur Kalbar pada pengukuhan Pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kalbar, Sabtu (6/7).

Diterangkan Harisson bahwa ia selaku Pj Gubernur Kalbar mendukung langkah Kapolda dalam memberantas PETI, “karena PETI ini merusak lingkungan, sementara kita saat ini sedang gencar-gencarnya untuk mengupayakan perbaiki lingkungan, pemanasan global, perubahan iklim yang ekstrem.” Katanya.

Selain itu ungkap Harisson,  penggunaan bahan kimia mercuri pada PETI itu akan tumpah ke sungai yang kemudian dimakan plankton, plankton dimakan ikan kecil, ikan kecil dimakan oleh ikan besar kemudian dikonsumsi masyarakat kita. “Ini kan meracuni masyarakat kita di sekitar sungai dan juga masyarakat yang konsumsi ikan yang tercemar tersebut.” Ujarnya.

Dan tidak mungkin angka tinggi stunting dan Kanker di Kalbar ini disebabkan kerusakan lingkungan dan pencemaran oleh bahan kimia  itu.

“Jadi saya mendukung langkah Kapolda Kalbar dalam memberantas PETI.” Tegasnya. (Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed