by

Pupuk Palsu Diduga Kembali Beredar di Kabupaten Sambas

Sambas, Media Kalbar –

Masyarakat Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, khususnya Petani, diminta untuk waspada pada saat membeli pupuk subsidi. Pasalnya banyak pupuk yang dijual diduga palsu di wilayah kabupaten Sambas.

Hal tersebut diungkap oleh Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sambas, Lerry Kurniawan Figo meminta petani waspada terhadap pupuk subsidi palsu yang tengah beredar di masyarakat, Senin (17/10/2022)

Lerry Kurniawan Figo mengaku telah mendapat laporan langsung dari petani di wilayah Kabupaten Sambas, tentang beredarnya pupuk subsidi palsu NPK Phonska.

“Saya dapat laporan dari sejumlah petani di Sambas bahwa mereka menemukan pupuk Phonska subsidi palsu. Saya minta petani waspada karena sepintas antara yang asli dan palsu ini terlihat sama,” ujarnya.

Politikus Partai Nasdem tersebut dengan tegas minta Pemda Sambas melalui dinas terkait melakukan pengecekan di lapangan untuk mengetahui asal usul pupuk subsidi palsu tersebut.

“Saya minta segera dicek ke lapangan, dari mana asal usul pupuk subsidi palsu NPK Phonska itu. Inikan pupuk subsidi, notabene diurus oleh pemerintah kenapa bisa palsu harus diselidiki dulu,” pintanya.

Lerry Kurniawan Figo menjelaskan, dari laporan petani yang dia terima, pupuk subsidi NPK Phonska palsu tersebut memiliki kemasan yang hampir sama. Namun isinya sangat berbeda dengan yang asli.

“Memang sulit untuk membedakannya kalau bukan petani yang berpengalaman. Tapi bagi yang sudah berpengalaman pasti ketahuan itu barang palsu. Situasi ketidaktahuan petani ini yang perlu kita waspadai,” ujarnya.

Lerry Kurniawan Figo meminta dinas terkait melibatkan aparat penegak hukum untuk menyelidiki peredaran pupuk subsidi palsu tersebut. Jika ditemukan unsur pidana maka harus ditindak tegas supaya ada efek jera.(Rai)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed