by

Resmi TIM Petugas Pasang Plang Peringatan di PT.Kalimantan Kelapa Jaya, Ini Masalahnya

Mempawah, Media Kalbar

Petugas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)bersama TIM memberi Plan Peringatan sementara perusahaan PT.Kalimantan Kelapa Jaya
yang beralamat di Jalan Jurusan Pontianak Desa Nusa Pati Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan Barat,Jumat (11/3/2022).

Pabrik itu di pasang Plang Peringatan karena kedapatan tidak optimal mengelola Instalasi Pengelolaan Air Limbah(IPAL) sehingga membuang limbah cair yang bermuara ke sungai dan lahan warga.

Pemasangan Plang Peringatan dilakukan Tim Koordinator penyidik
(BPPHLKH)Wilayah III Pontianak
,Provinsi Kalimantan Barat bersama Dinas Lingkungan Hidup(DLH)Kabupaten Mempawah.yang di saksikan Masyarakat setempat dan di Pantau oleh Koordinator Relawan Laskar Anti Korupsi Indonesia(LAKI)

Kepala Bidang Penataan dan pengawasan Provinsi Kalimantan Barat Yennny.S.HT,MT menuturkan, awalnya ada pengaduan masyarakat soal pembuangan limbah ke LH Provinsi Kalimantan Barat.Lalu dari laporan tersebut pada Tanggal(12/12022)pihaknya memberikan waktu pada perusahaan PT.Kalimantan Kelapa Jaya selama 45 hari untuk melakukan perbaikan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL)

“Namun sampai hari ini kita melakukan Virivfikasi di lokasi masih banyak di temukan permasalahan yang belum terselesaikan terutama Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL)dan permasalahan terhadap lahan warga yang terkena imbas Limbah Perusahaan PT.Kalimantan Kelapa Jaya.”Paparnya.

“Sehingga dari hasil Virifikasi kita hari ini kita lansung memasang Plang Peringatan terhadap PT.Kalimantan Kelapa Jaya
kita juga sudah koordinasi tapi kinerja perusahaan soal pembuangan limbah masih tidak bagus,” katanya.

“Mereka sudah kita beri waktu selama 45 hari untuk memperbaik 6 poin yang telah kita sampaikan agar segera di perbaiki,sementara dari hasil kita Verifikasi kita hari belum memenuhi standar,” ujarnya.

Setelah penyegelan ini KLHK memerintahkan pabrik untuk memperbaiki sarana IPAL dalam kurun waktu Satu Minggu setelah Berita Acara yang di sepakati hari Jum’at (11/3/2022)

“Disinggung mengenai sangsi dan berapa lama waktu yang akan di berikan terhadap Perusahaan
PT.Kalimantan Kelapa Jaya tersebut,setelah berita acara hasil Virivikasi yang telah di sepakati dia menjelaskan Itu masih berjalan jadi mau itu surat perintah,atau peringatan akan kami pelajari dulu nanti kami sampaikan.

“Ini yang nanti akan kami sampaikan ke pusat jadi bulan ini akan kami kaji dulu kemudian kami akan sampaikan ke perusahaan Minggu depan kami sudah janji dengan mereka berapa lama harus menindaklanjuti terhitung dari kita memberikan surat peringatan ini terlaksana jadi dalam waktu dekat ini.nanti tentunya akan kami sampaikan apakah itu surat peringatan atau apa itu nanti.”Tandasnya.

“Untuk itu,kita sama-sama memonitoring sampai perusahaan benar-benar melakukan perbaikan,” tegasnya.

“Direktur Oprasional perusahan PT.Kalimantan Kelapa Jaya,Hendrik,tidak menyangkal temuan petugas. Namun dia meminta kompensasi waktu perbaikan mengingat pihaknya harus bertanggung jawab terhadap 1.000 karyawan.

“Dalam Satu Minggu.ke depan bisa dilaksanakan.Kata Hendrik Tapi kita kan ada karyawan 1.000 orang,” ucapnya.

Hendrik menyangkal pihaknya tak berupaya memperbaiki IPAL.Dia menyebut saat ini sudah ada lahan Kolam untuk dijadikan IPAL.

“Bukannya tidak ada perbaikan, kami sudah berusaha pembangunan IPAL-nya mengikuti aturan.Namun saat ini terkendala paktor Iklim,”ujarnya.

Menanggapi hal itu,M.Yasin penerima Kuasa warga Desa Nusapati menyatakanTerus terang saja kami Pihak kuasa dari masyarakat beberapa waktu yang lalu itu telah di sepakati dalam suatu berita acara bahwa Sannya lahan masyarakat yang terkena limbah ini akan di ganti rugi.

“Jadi harapan kami seluruh lahan masyarakat yang pernah kita ajukan itu segera mungkin di lakukan ganti rugi untuk kepada direktur perusahaan PT.Kalimantan Kelapa Jaya.ini apabila hal ini tidak di lakukan maka kami akan menindak secara hukum baik itu pidana maupun secara perdata.”Tegasnya.

“Selama ini semenjak adanya perusahaan itu kurang lebih 5 tahun terakhir itu lahan masyarakat tidak bisa di kerjakan artinya ada perusakan perusakan dari struktur tanah kemudian tanaman tanaman pohon kelapa itu sangat banyak yang mati.

kemudian petani juga tidak bisa bercocok tanam itu sudah hampir 5 tahunan jadi dapat kita kalkulasikan bahwa pertahun itu penghasilan masyarakat harusnya sekian akan sekian.”Terangnya.

“Dan terkai untuk masalah limbah bisa kita ketahui bahwa itu memang jadi permasalahan masyarakat dengan sekitar jadi harapan kami kalau memang ini terbukti ada satu pelanggaran mohon seluruh aparatur penegak Hukum untuk menindak tegas dalam hal pencemaran lingkungan ini,itu ada peraturan nya ada undang-undang nya mengapa tidak di lakukan.,”Harapnya..

Masi di lokasi di mana sedang berlansungnya Pemasangan peringatan yang di aksanakan Tim
Doni Irawan Ketua Koordinator Relawan Kabupaten Mempawah di dampingi ketua Koordinator relawan Laki DPD Kalimantan barat Andisyafaruddin.M.Saleh.dan Ketua Koordinator Relawan Kabupaten Kubu Raya Ismail Djayusman Serta
M.Yasin penerima Kuasa warga Desa Nusapati.

“Doni Irawan Ketua Koordinator Relawan Kabupaten Mempawah kepada sejumlah wartawan dia mengatakan.Iya kami dari relawan Laki Kabupaten Mempawah.mohon kepada Polda Kalimantan Barat untuk menindaklanjuti Pimpinan perusahaan ini dan Direktur nya karena di sini sudah banyak pelanggaran pelanggaran yang telah dilakukan oleh pihak Perusahaan PT.Kalimantan Kelapa Jaya.itu harapan kami kepada Polda Kalbar untuk menindaklanjuti nya.”Paparnya.

“Kami akan tetap bertindak tegas terhadap perusahaan tersebut.Jika dalam jangka waktu yang ditentukan pihak Perusahaan tidak melakukan upaya perbaikan,tidak menutup kemungkinan kami minta izin Perusahaan PT.Kalimantan kelapa Jaya akan dicabut.

“Waktu yang lalu ke mana saja? Warga telah memberikan waktu karena semakin lama berlarut berapa lama lagi lahan warga dan sungai tercemar,” tegasnya.

“Terpisah,Sudarwin Kepala Desa Nusa Pati Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah ketika di konfirmasi sejumlah wartawan dia enggan memberikan tanggapan dia hanya mengatakan bahwa memang benar pada tahun 2014 Sempat ada warga Desa Nusa Pati melakukan Aksi Demo ke Perusahan PT.Kalimantan kelapa Jaya dan saya pada saat itu ikut Demo.”Tandasnya.(Tim/MK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed