by

Sertijab dan Pisah Sambut Kades Sidomulyo

Melawi, Mediakalbarnews.com – Setelah dilantiknya Kepala Desa Sidomulyo terpilih periode jabatan tahun 2020-2026 oleh Bupati Melawi pada hari Rabu, 3 Maret 2021 lalu. Pada hari Rabu (17/3/21) ini dilakukan acara serah terima jabatan Kepala Desa Sidomulyo, Kecamatan Nanga Pinoh dari Penjabat (Pj.) Kepala Desa Sidomulyo, Nurjanah kepada Kepala Desa Sidomulyo terpilih M. Syukur, bertempat di Rumah Kediaman Pribadi M. Syukur Jl. SMPN 2 Nanga Pinoh.

Acara ini sedianya akan dihadiri oleh Camat Nanga Pinoh, akan tetapi beliau berhalangan hadir karena menghadiri undangan dinas di Kantor Bupati,  dan mewakilkan kepada Sekcam Nanga Pinoh. Tampak hadir Babinkamtibmas, Ketua dan anggota BPD Sidomulyo, Perangkat Desa, Ketua RT/RW, Tim Penggerak PKK Desa, Kepala Desa Tetangga, Tokoh masyarakat dan segenap tamu undangan lainnya.

Sebelumnya acara Sertijab dan Pisah sambut akan dilaksanakan di Kantor Desa Sidomulyo, dikarenakan kavasitas ruangan yang kurang memadai dan lagi ada pembenahan, maka kegiatan dilakukan dirumah pribari kades terpilih.

Dalam sambutannya M. Syukur meminta maaf mengenai pelaksanaan sertijab kenapa tidak dilakukan di kantor Desa, kerena ruangan di  kantor desa yang kurang memadai, mengingat dimasa pandemi Covid-19, untuk menjaga tamu undangan agar ada jarak dan tetap memenuhi protokol kesehatan.

Dalam acara tersebut Pj. Kepala Desa Sidomulyo, Nurjanah menyampaikan kata-kata pamitan, kesan-kesan beliau selama menjabat Pj. Kepala Desa Sidomulyo, serta pesan dan amanat perpisahannya dengan segenap unsur pemerintah desa, lembaga desa & masyarakat desa.

“ Walaupun saya menjabat sementara Kepala Desa Sidomulyo hanya dalam waktu yang relatif singkat, tetapi begitu banyak momen, pengalaman, serta kenangan yang begitu berkesan dalam hati saya pribadi. Berat rasanya, kami harus berpamitan serta berpisah dengan warga, kami selalu berharap perpisahan ini hanyalah seremonial kedinasan, namun hubungan secara kekeluargaan semoga tetap terjalin, silaturahmi serta tegur sapa selalu kita jaga apabila kita dipertemukan pada lain kesempatan,” ucap Nurjanah dalam pidato perpisahannya.

Dalam pidato tersebut juga disampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Desa Sidomulyo, selama menjalankan tugas sebagai penjabat (Pj.) Kepala Desa tentunya masih banyak kekurangan dan masih banyak pekerjaan rumah  dalam lingkup kedinasan Pemerintahan Desa yang masih harus diselesaikan.

Sementara Sekretaris Camat Nanga Pinoh Halma Trisno, S.STP dalam pidato sambutannya meyampaikan permohonan maaf atas ketidak hadirnya Camat  Nanga Pinoh dan pesan kepada Pj. Kades maupun Kades yang terpilih.

“ Kami mengapresiasi pelaksanaan PILKADES Desa Sidomulyo yang telah menghadirkan Kepala Desa Terpilih, berjalan dengan aman kondusif, serta demokratis. Beliau ini ( M. Syukur Kades Terpilih-Red) tentunya sudah siap dengan program-program kerjanya. Untuk Kepala Desa terpilih agar segera mengeksekusi program-program kegiatan yang menjadi penjabaran Visi-Misinya sebagai Kepala Desa terpilih, dan menyusunnya dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes)” ujarnya.

Sekcam juga berharap, 18 point SDGs Desa yang telah dirumuskan Kemdes PDTT dapat sepenuhnya diterapkan oleh desa pada tahun 2021. “ Seperti pengentasan kemiskinan serta pemberdayaan masyarakat menjadi prioritas utama Pemerintah Desa, baik pemberdayaan bidang-bidang ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa, “ pesannya.

Usai acara sambutan-sambutan acara dilanjutkan penandatanganan Berita Acara Sertijab, dan Serah terima Jabatan dengan prosesi penyerahan Dokumen Serahterima Kepala Desa dan Dokument Serahterima Tim Penggerak PKK.

Kepala Desa Sidomulyo terpilih M. Syukur mengatakan akan melaksanakan amanat yang telah diberikannya kepadanya dengan amanah,transparan dan selalu berkoordinasi dengan semua pihak dalam menjalankan pemerintahan Desa.

“ Saya berupaya dengan sekuat tenaga dan seluruh kemampuan yang saya miliki untuk menjalankan mandat melalui program-program yang berorientasi kepada kemaslahatan serta kesejahteraan masyarakat Desa Sidomulyo, sesuai dengan Visi-Misi dan program-program yang telah kami susun, ” ungkapny

Menurut M. Syukur dari 18 point SDGs Desa dari Kemdes, ada 2 point yang tidak bisa direlisasikan di Pemerintahan Desa Sidomulyo khususnya, mengingat geografis, dan Iklim yang tidak sesuai.

“ Dari 18 point ada dua point yang tidak bisa direlisasikan, seperti pada point nomor 13. ( Pengendalian dan Perubahan Iklim oleh Desa ) dan Point 14. ( Ekosistem Laut ). Selebihnya semua sudah kita programkan dan berjalan di Desa Sidomulyo.

Mengenai Bumdesa M. Syukur juga menjampaikan terlebih dahulu akan membuat peraturan desa, membentuk pengurus dan melakukan pelatihan kepada para pengurusnya.

“ Sehingga nanti ketika berjalan pengurus Bumdes kita sudah memiliki SDM sesuai dengan kriteria Bumdes, kita juga mengharapkan Perusahaan yang ada di wilayah Desa Sidomulyo apabila ada penerimaan tenaga kerja lebih mengutamakan pekerja dari warga ini, tentu kita tetap melengkapi sesuai kriteria yang dimnta. Itu semua untuk memberdayakan para pemuda-pemudi warga kita, “ terangnya. ( Bgs ).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed