by

SMAN 3 Sungai Kakap Sukses Gelar P5

Kubu Raya, Media Kalbar

Keluarga besar SMA Negeri 3 Sungai Kakap Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya sukses melaksanakan Gelar Panen Karya Projek Profil Pelajar Pancasila (P5).

Dengan mengusung Tema 2 Suara Demokrasi “Demokrasi di Lingkungan Ku”SMA 3 Sungai Kakap Siswa Kelas X Tahun pelajaran 2022/2023

Kegiatan tersebut ber lansung di ruang Kelas SMA Negeri 3 Sungai Kakap Jalan Bujama parit Keraka desa Pal 9 Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat Kamis(16/3/2023.

Acara ini di meriahkan dengan hiburan dan menampilkan hasil karya siswa yang di tampilkan anak anak siswa siswi SMA Negeri 3 Sungai Kakap

Pada kesempatan tersebut ada pun yang di undang pejabat terkait yaitu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat Yang di wakili Oleh Sri Suyanti M.Si Pengawas Pembina SMA
Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya,Kariyadi.Camat Sungai Kakap Junaidi.S.so,Kapolsek Sungai Kakap.AKP Dede Hasanudin,SH.Babinsa Pal 9 Sertu Adi.s.Kepala desa Pal 9.Marhasan.Pengawas sekolah,Komite sekolah,orang tua wali murid.peserta didik dan tentunya Bapak Ibu guru dan karyawan SMA Negeri 3 Sungai Kakap beserta seluruh peserta didik SMA Negeri 3 Sungai Kakap yang terlibat secara langsung dalam acara tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat yang di wakili oleh Sri Suyanti M.Si Pengawas Pembina SMA kepada awak media dia mengatakan sangat mengapresiasi apa yang dilaksanakan oleh SMA Negeri 3 Sungai Kakap yang telah menjadi pionir dalam melaksanakan P5 dan mengajak kepada seluruh pelajar untuk terus mendukung dan mengupayakan agar SMA Negeri 3 Sungai Kakap menjadi sekolah yang unggul dalam segala bidang,”Katanya.

“Di sekolah SMA Negeri 3 Sungai Kakap melaksanakan panen raya dengan tema suara demokrasi itu pelaksanaan dari Program kurikulum merdeka yang 30% jam pelajaran yang di amanah kan di Kurikulum merdeka.

“Karna sekolah kita merupakan sekolah melaksanakan Implementasi kurikulum merdeka berubah jadi ini adalah karya nyata anak anak yang merupakan anak anak yang sesuai bakat dan minatnya.”Ucapnya.

Kemudian juga sangat bermanfaat bagi mereka karna tema demokrasi yang di integrasikan pada simulasi atau pelaksanaan pengganti ketua OSIS.

Nah kata Sri Suyanti ini juga di Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat itu juga memberikan dukungan kepada guru guru kepada sekolah untuk melaksanakan kurikulum merdeka.”Terangnya.

Di jelaskannya karna kurikulum merdeka ini lebih sederhana kemudian lebih
fleksibel ini adalah betul bentuk karya siswa beserta tim guru yang membina sehingga inilah SMA Negeri 3 dengan panen Karya siswa dengan tema suara demokrasi yang di kait dengan pemilihan Ketua OSIS.”Ujarnya.

Harapan kita kedepannya dengan adanya simulasi atau panen raya suara demokrasi anak anak sudah mengenal tentang pemilihan umum termasuk pemilihan umum yang di selenggarakan oleh KPU atau mungkin memilih kepala desa kemudian Caleg calon legislatif bisa juga kepala daerah jadi anak anak sudah terbiasa sudah mengenal dengan pemilu melalui praktek atau panenkarya pada hari ini,”Tandasnya.

Usai Kegiatan Kariyadi Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya.ia memaparkan
untuk kegiatan pemilihan OSIS di SMA Negeri 3 di Sungai kakap ini tentu sangat baik sekali dan ini menjadi bentuk dukungan Kepada KPU untuk mengajarkan bagai mana Pendidikan politik kepada pemilih pemilih pormula.

Tentu di SMA khususnya di Kls 12 kelas Tiga di SMA itu ada yang berusia 17 tahun nah tentu 17 tahun itu di 2024 dia akan menggunakan hak pilihnya
nah melalui pemilihan OSIS ini menjadi pembelajaran awal bagi siswa siswa yang mempunyai hak pilih itu mekanismenya seperti itulah,”Katanya.

Tetapi ini lebih menggunakan Aplikasi
menggunakan Emoting berarti ini selangkah lah lebih baik karna menggunakan teknologi
yang berbasiskan teknologi ,Sedangkan kita di tahun 2024 menggunakan manual malah pemilih mendapatkan syarat suara dalam melakukan pencoblosan,”Jelasnya.

“Nah tapi kalau mereka dalam pemilihan OSIS ini kan menggunakan Epoting menggunakan sarana informasi tentu ini menjadi pembelajaran yang baiklah
bagi siswa siswi bagai mana cara menggunakan hak pilih bagai mana cara memilih,memilih OSIS untuk kepentingan mereka juga,”Imbuhnya.

Harapannya tentu pemilih pemula karna ini menjadi ajang politik mereka pertama kali dalam menggunakan hak suaranya tentu silakan untuk menggunakan kepilih itu sesuai dengan hati nuraninya sesuai dengan pilihannya jangan sampai kemudian memilih karna ada politik uang.”Tegasnya.

Karna pengaruh informasi Sarah dan lain sebagainya apalagi pemilih Pemula itukan sangat erat dengan media sosial jadi berhati hati juga menggunakan media sosial men Shere segala berita kemudian yang tidak tau kebenarannya maka itu hati hati.”Harapnya.

Tapi manfaatkan media sosial tehnologi ini untuk mecari Informasi terkait dengan data di calon calon yang akan maju di tahun 2024 jadi semua nya kan bisa di cari informasinya melalui pemberitaan,

Tetapi juga harus hati hati menyaring juga berita maka kami sarankan untuk mencari informasi itu carilah di webnya KPU di media sosialnya KPU baik di Facebook di Instagram
maupun di YouTubenya
KUP Kubu raya itu sudah tersedia informasi informasi untuk pemilihan.”Sarannya.

Sementara ketua panitia pelaksana Panggah Ridho B,S.Pd.M.Pd Kepada awak media ia menjelaskan
Terutama di tema ke 2 ini kita mengambil tema Demokrasi judul untuk sekolah kita yaitu demokrasi di lingkungan ku .

Nah kegiatan ini kita bagi dalam tiga hal pertama tetap pembukaan acara dengan memberikan hiburan dan menampilkan hasil karya siswa SMA Negeri 3.

“Jadi hasil karya yang di tampilkan adalah hasil karya yang di buat oleh mereka jadi bukan guru,”
Guru hanya berpartisipasi dalam bentuk mendampingi.
Hanya mendampingi mereka yang membuat aplikasi.”Terangnya

Nah untuk hasil karya kali ini aplikasi yang di buat itu adalah aplikasi Epoting jadi pemilu yang kemaren pernah di laksanakan di sekolah kita itu menggunakan surat suara,itu di buatin wajah barunya dalam bentuk online.

Di pemilunya hanya merubah format yang sebelumnya kertas berbasis kertas sekarang berbasis di gital.itu di buat siswa siswa kita terutama siswa yang berpartisipasi di OSIS.”Ucapnya.

Nah yang kedua kegiatannya adalah pelaksanaan TPS ini sendiri
Jadi pelaksanaan TPS ini ada Dua TPS yang di gunakan jadi panitia guru dan panitia siswa itu berkolaborasi di dalamnya untuk mempersiapkan TPS nya.

Jadi TPS nya sendiri itu ada Empat jenjang yang mengikuti guru tata usaha Kls 10.Kls 11 dan Kls 12 kegiatan terahir adalah melakukan refleksi jadi kalau kegiatan sudah di laksanakan sepanjang dari Januari sampai sekarang Maret Tanggal 16 Maret 2023.

Jadi selama hampir Tiga bulan itu harus di buat tin refleksi yang nantinya di laksanakan pada hari Jum’at di refleksinya itu dalam bentuk kertas tanggapan yang di tempel di dinding kelas.

Disitu bentuk refleksinya nantinya hari Jum’at akan di kumpulkan dan di evaluasi Aflikasi yang di dapat selama hampir Tiga bulan mempelajari tentang suara demokrasi Jadi kurang lebih kegiatan kita itu seperti itu,”Pungkasnya.

Pada waktu yang sama
Amril Mukminin, S.Pd Waka Humas SMA Negeri 3.ia menjelaskan hari ini adalah salah satu bentuk kegiatan panen Karya penguatan prima pelajar Pancasila sebuah amanat kurikulum merdeka belajar yang kami konsultasikan pada hari ini kepada siswa yang bertema bersuara demokrasi di lingkungan sekolah.”Jelasnya.

Harapan kami untuk guru semua dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan sebuah pencerahan kepada siswa dalam rangka berdemokrasi berpolitik yang efektif santun dan yang kita harapkan.”Harapnya.

Hariyanti salah satu siswa SMA Negeri 3 Sungai Kakap kls 10 D ia mengatakan kegiatan ini sangat cukup menarik dan bagus dan juga melalui kegiatan ini dapat lebih memudahkan untuk memilih,”Pungkasnya.(Tim/MK.Ismail

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed