by

Syarif Mahmud Alkadrie Dukung Kebijakan Walikota Terhadap Pengemis Jalanan, Namun Peran Dinsos Mesti Dimaksimalkan

Pontianak, Media Kalbar

Tokoh masyarakat Kota Pontianak, Syarif Mahmud Alkadrie mendukung kebijakan Walikota Pontianak, H. Edi Rusdi Kamtono dalam penanganan masalah Pengemis, pengamen, gepeng, anak jalanan yang ada di Kota Pontianak.

” saya dukung Pak Walikota Pak Edi Rusdi Kamtono yang bijaksana untuk dialog dalam penanganan masalah pengemis, pengamen, anak jalanan yang ada di Kota Pontianak untuk mencari solusinya, perlu dukungan semua pihak, saya sebagai tokoh masyarakat yang dituakan di Kota Pontianak mendukung, dan Pak Edi sebagai Walikota beberapa berdialog berdiskusi dengan saya masalah ini.” ungkap Syarif Mahmud Alkadrie kepada media kalbar ketika dimintai pendapatnya masalah penanganan pengemis jalanan, Selasa (9/11/21).

Hanya saja menurut Mahmud, ini pengemis, gepeng, pengamen banyak orang luar Kalbar, “banyak yang datang dari luar Kota Pontianak, luar Kalbar, ada koordinatornya, sering ganti orang, contoh ibu tadi itu sering ganti orang, tadi gunakan orang buta, besok ganti orang lagi itu kan tidak boleh, itu tadi saya yang laporkan, kemudian kita liat juga di simpang garuda kita liat ibunya duduk anaknya disuruh minta-minta, ini kan tidak boleh. saya dukung penertiban tapi dengan cara yang baik, humanis.” jelas Mahmud.

Disampaikan oleh Mahmud, bahwa peran departemen sosial atau Dinas Sosial Kota Pontianak mesti dipertanyakan, karena masalah ini tupoksi dinas sosial, ” ini tidak Pol PP saja yang turun , dinas sosial kemana, hanya duduk manis, anggaran Dinas Sosial itu kemana.? ujarnya.

Solusinya menurut Mahmud, dinas sosial duduk satu meja dengan beberapa pihak, “saya siap untuk memberikan masukan untuk solusinya dalam pembinaannya. bahkan saya sudah pernah membuatkan mereka gerobak untuk berjualan, kalau mereka mau kerja kita gaji di tempat cafe saya.” tandasnya.

Karena kalau hanya dikurung itu bukan solusi, perlu pembinaan kepada mereka. “namun juga ini banyak dari luar Kalbar, ada koordinatornya, kalau dialog, diingatkan masih saja, maka tindakan penertiban mesti dilakukan.” tambahnya.

Mahmud kembali menegaskan mendukung kebijakan Walikota Pontianak H. Edi Rusdi Kamtono yang bijaksana untuk berdialog dengan para pihak untuk menangani masalah pengemis, gepeng, anak jalanan ini.

Sementara Muhammad Teguh Kabid Linmas dan pemadam kebakaran Sat Pol PP Kota Pontianak menyampaikan bahwa ada warga yang melapor ada pengemis yang minta-minta di jalan ini, “kita lakukan patroli tadi dan diketemukan oleh pak feri bidang pdk, dibawa ke plat, nanti dilakukan pembinaan oleh Dinas Sosial, Setelah kita buat BA kita serahkan ke Dinsos, apakah dibina atau bagaimana itu tanggung jawab Dinsos.” ungkap Teguh.

Diterangkan bahwa pihaknya melakukan patroli setiap hari dari senin sampai Jumat, bahkan hari Sabtu dan Minggu tetap patroli untuk anak jalanan, pengemis, gepeng, bahkan juga patroli untuk kelayang atau layang-layang.(amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed