by

Tabrakan Maut Di Meliau, Dua Orang Meninggal

Sanggau, Media Kalbar

DUA orang meninggal dunia, dalam musibah tabrakan antara dump truck Fuso dengan mobil Hilux single cabin di jalan poros hauling (jalan tambang, red) PT BKB, wilayah Desa Merangau, Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Selasa (2/1/2024) sekitar pukul 11.41 WIB.

Sementara, seorang lainnya, dirujuk ke rumah sakit di Pontianak, karena menderita luka dalam cukup serius, sehingga perlu penanganan medis secara instensif.

Selanjutnya, beberapa penumpang kedua mobil tersebut mengalami luka ringan.

Diketahui, saat kejadian dump truck Fuso ban 10 tersebut, sedang mengangkut bauksit dari WP 02 (tempat pencucian) menuju pelabuhan PT BKB. Sementara, mobil Hilux tersebut mengantarkan makanan ke arah sebaliknya.

Kapolres Sanggau, AKBP Suparno Agus Candra Kusumah melalui Kapolsek Meliau, AKP Sukiswandi membenarkan kejadian tersebut.

Ia menjelaskan dalam kejadian itu, seorang korban meninggal di tempat VY (27). Kemudian, seorang lagi meninggal dalam perjalanan ke Pontianak, AN (45). Selanjutnya, Kismanto (41) masih dirawat ke RSA Pontianak. Sementara, 4 orang lainnya, hanya menderita luka ringan.

“Ya, tabrakan ini terjadi antara dump truck Fuso dengan mobil Hilux. Ada 2 orang meninggal. Sementara, seorang lainya dirujuk ke RSA Pontianak. Dan 4 lainnya menderita luka ringan,” ungkap, Kamis (4/1/2024).

Pria dengan tiga balok dipundak ini menuturkan, pihak menerima informasi sekitar pukul 12.30 WIB, menyebutkan adanya kejadian tersebut.

Lantas, dirinya meminta Kanit Binmas Polsek Meliau Bripka Hendra Irawan, SH dan Kanit Propam Bripka RD Manalu melaksanakan pengecekan di tempat kejadian perkara (TKP), merupakan jalan poros hauling PT BKB, Dusun Meranggau.

Kemudian sambung Sukis, dirinya sekira pukul 12.45 WIB, bersama 3 personel menuju Puskesmas Meliau untuk mengecek kondisi korban, sekaligus berkoordinasi dengan pimpinan perusahaan PT BKB. Untuk tindak lanjut penanganan korban kecelakaan yang selamat dan meninggal dunia.

Kronologis kejadian

Sukis memaparkan, berdasarkan keterangan para saksi, kejadian itu bermula pada hari kejadian, sekitar 11.00 WIB, mobil Hilux dikemudikan Kismanto mengantar makanan dari dari pelabuhan PT. BKB menuju WP 02, berlokasi di Desa Meranggau.

Lantas, sesampainya di Kilometer (Km) 16 Dusun Meranggau karena jalan licin habis diguyur hujan, mobil Hilux ini melintang di jalan.

Nahas, disaat bersamaan melaju dump truck Fuso mengangkut bauksit dari dari arah WP 02 menuju pelabuhan.

Meskipun, sopir dump truck Fuso, Evanda (31) sempat melakukan pengereman. Namun karena jarak kedua kendaraan yang sudah dekat, sehingga kejadian memilukan pun terjadi.

Dalam hitungan detik, dump truck Fuso bermuatan bauksit itupun menabrak bagian pintu kiri samping dan menyeret mobil Hilux hingga 5 meter.

“Mengetahui kejadian tersebut, pihak PT BKB langsung membawa korban selamat ke Puskesmas Meliau, guna dilakukan tindakan medis. Dan langsung dirujuk ke RS Pontianak,” timpalnya.

Sejauh ini kata Sukis, pihak PT BKB telah mengurus perlengkapan dan biaya pemakaman korban meninggal, serta mengurus biaya perobatan korban selamat yang dirujuk ke RS Pontianak.

Hingga saat ini, pihat kepolisian masih melaksanakan penyelidikan dan penyidikan atas musibah yang merenggut korban jiwa ini. (*/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed