by

Tanggulangi Banjir Pemdes Kalimas Bangun Tanggul

Kubu Raya, Media Kalbar

Tanggulangi Banjir Pemerintah Desa Kalimas Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya bangun tanggul penahan banjir dengan menggunakan anggaran dari dana desa.

Murdi Kepala Desa Kalimas Kecamatan Sungai Kakap saat di temui di lokasi kegiatan yang sedang berlansung yang berlokasi di Dusun Beringin Desa Kalimas(11 Oktober 2022)siang.kepada sejumlah wartartawan dia menjelaskan karna di dusun Beringin ini adalah pusatnya sentral pertanian dan perkebunan baik pertanian padinya dan sayur manyurnya dan kita mengingat beberapa tahun kemarin.”Katanya.

“Bahwa di Dusun Beringin ini kalau kita lihat setiap tahun jika paska musim penghujan dan air pasang tiba air sungai meluap membanjiri lahan pertanian warga.seperti Tanaman Hortikultura tanaman Cabek,padi.dan tempat pemukiman warga terendam banjir yang diperkirakan kedalamannya mencapai 30 sampai 40 Cm ada yang lebih rawan mencapai 1 Meter.”Terangnya.

“Nah oleh sebab itu kata Murdi saya bersama Dusunnya RT/RW.BPD
dan warga setempat sepakat bahwa dengan adanya kalau tidak salah adanya peraturan Perpres Nomor 104 tadi mengamanahkan setiap desa untuk menyisikan anggaran Dana Desa tersebut 20%.Ucapnya.

“Maka kita sepakat bahwa anggaran tersebut kita alokasikan pembangunan tanggul untuk penahan banjir dan Alhamdulillah mudah mudahan pembangunan tanggul penahan banjir ini dan bisa mengurangilah,dan bisa mengurangi debet air yang masuk ke- areal perkebunan dan lahan pertanian warga bisa berkurang.dan Mudah mudahan dampak usaha pertanian dan perkebunan warga kedepannya lebih baik lagi,”Harapannya.(Tim.Mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed