by

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Melalui SIPINDU, Diskumindag Sambas Menggelar Sosialisasi Legalitas Usaha dan Akses Pembiayaan Bagi Usaha Mikro

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Melalui SIPINDU, Diskumindag Sambas Menggelar Sosialisasi Legalitas Usaha dan Akses Pembiayaan Bagi Usaha Mikro

 

Sambas, Media Kalbar – Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kabupaten Sambas akan menggelar Sosialisasi Legalitas Usaha dan Akses Pembiayaan Bagi Usaha Mikro di beberapa kecamatan dalam wilayah Kabupaten Sambas.

 

Kecamatan sambas, Teluk Keramat, Tebas , Pemangkat, dan Jawai selatan disetiap kecamatan ada 100 UMKM yang akan menjadi target 500.

 

Melalui Kepala Dinas (Kadis) Diskumindag Sambas, Hermanto mengatakan pelaksanaan Sosialisasi tersebut merupakan lanjutan program unggulan Sambas yang bertema Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Melalui Simpan Pinjam Terpadu (Sipindu) untuk percepatan peningkatan ekonomi daerah yang sudah berjalan sejak 2021.

 

“Melalui program ini Pemerintah Daerah dan Lembaga Keuangan diantaranya perbankang, Koperasi dan beberapa lembaga keuangan lainnya yang dapat memberikan kemudahan dalam mengakses permodalan bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Sambas,” katanya.

 

Dia menyebut bahwa UMKM merupakan urat nadi perekonomian nasional dan daerah, banyak usaha-usaha yang berhenti beroperasi bahkan sampai ada yang harus gulung tikar akibat biaya produksi yang begitu tinggi akibat Pabdemi.

 

“Ini adalah bentuk implementasi dari Sipindu, maka kami menggandeng Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadh Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sambas, *Garda Transformasi Formal Usaha Mikro (Garda Transfumi)* serta bank Kalbar untuk mengawal dan mempermudah peningkatan pelaku UMKM di Kabupaten Sambas,” sebut Hermanto.

 

Kadis Diskumindag berharap dengan kegiatan ini dapat memudahkan akses perizinan, perlindungan dan kepastian hukum terhadap usaha mikro.(rai)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed