by

Wagub Panen Perdana Budidaya Hasil Laut Karimata, Miliki Nilai Ekonomis Tinggi

KAYONG UTARA, Media Kalbar

Wakil Gubernur Kalimantan Barat (Wagub Kalbar) Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H. dengan didampingi istri Ny. Hj. Erlina, S.H., M.H., bersama Bupati Kayong Utara Drs. Citra Duani beserta Forkopimda Kab Kayong Utara dan rombongan melakukan Panen Perdana Budidaya Hasil Laut Karimata di Desa Pulau Pelapis Kecamatan Karimata, Minggu (6/11/2022).

Adapun hasil panen perdana budidaya hasil laut Karimata yaitu Rumput Laut, Lobster dan Ikan Kerapu Sunu dengan menggunakan teknik keramba apung.

Wagub Kalbar mengungkapkan bahwa potensi alam laut di wilayah Karimata sangat baik, hal ini karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

“Jadi saya menghimbau kepada masyarakat setempat supaya selain bisa menjadi nelayan lepas, juga memiliki keramba seperti ini karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan penampungnya juga sudah ada. Oleh karenanya tinggal bagaimana masyarakat mau terus konsisten mengembangkan keramba ini demi peningkatan perekonomian masyarakat sendiri agar masyarakat bisa sejahtera,” ungkap Ria Norsan.

Tak hanya itu, mantan bupati mempawah dua periode ini menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat akan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara untuk melakukan pembinaan dan memberi dukungan melalui Dinas terkait dalam membantu mengembangkan budidaya keramba hasil laut.

Untuk diketahui, budidaya hasil laut dengan Keramba Apung ini merupakan program percontohan pembinaan masyarakat di sektor budidaya perikanan laut yang merupakan sinergi antara Bhabinkamtibmas bersama Kecamatan Kepulauan Karimata dalam membuka potensi sumber daya alam yang ada di wilayah tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi, bahwa Bhabinkamtibmas yang ada disini mampu menggerakkan dan mengajak masyarakat untuk berusaha dan usahanya jelas dengan diwadahi oleh koperasi. Hal ini kita lihat bersama dapat menciptakan lapangan kerja baru sehingga mampu meningkatkan perekonomian bagi masyarakat kecil untuk mewujudkan Indonesia Tumbuh Indonesia Tangguh,” terang pria kelahiran mempawah ini. (Adpim/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed