by

Wakil Bupati Sambas Buka Kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas LKD

Sambas, Media Kalbar

Wakil Bupati Sambas Hj. Hairiah, S.H., M.H. menghadiri serta membuka kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) se-Kabupaten Sambas di Hotel Dangau Resort Singkawang, Rabu, 3 Maret 2021.
Sebanyak 144 Orang Pengurus Lembaga Kemasyarakatan Desa Kabupaten Sambas yang terdiri dari BPD, Kepala Desa, Perangkat Desa dan LKD se Kabupaten Sambas, mengikuti Bimbingan Teknis Penguatan Lembaga Kemasyarakatan Desa Tahun Anggaran 2021.

Acara yang digagas oleh Badan Kerjasama Antar Desa Kecamatan Sambas bekerja sama dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kabupaten Sambas, dilaksanakan selama 3 Hari mulai tanggal 3 sampai 5 maret tahun 2021, bertempat di Hotel Dangau Resort Singkawang.

Bimbingan teknik ini diselenggarakan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan penyelenggaraan Pemerintah Desa dalam mendukung tugas-tugas dan fungsi sebagai pengurus Lembaga Kemasyarakatan Desa.
Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sambas, Hj. Hairiah, S.H M.H, Ketua TP PKK kab. Sambas Hj. Lusianah Kosasih, Camat Sambas, Camat Sajat, Pemerintahan Desa serta Lembaga Kemasyarakatan Desa se-Kabupaten Sambas.

Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) adalah wadah partisipasi masyarakat, sebagai mitra pemerintah desa, ikut serta dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan, serta meningkatkan pelayanan masyarakat desa.

Wakil Bupati Sambas Hj. Hairiah, S.H M.H mengapresiasi panitia yang telah bekerja dengan baik untuk terlaksananya kegiatan ini.

” tujuan dibentuknya LKD adalah untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan masyarakat, peningkatan peran serta masyarakat dalam pembangunan, pengembangan kemitraan, dan pengembangan kegiatan lain sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat. ” Ujar wakil bupati

Wakil Bupati Sambas mengharapkan setelah kegiatan peningkatan kapasitas ini kedepan dijajaran pemerintah desa dapat menindaklanjuti dengan melakukan langkah positif guna terciptanya sinergitas lembaga-lembaga kemasyarakatan Desa dalam mendukung kegiatan dan pembangunan di Desa masing-masing. Diakhir sambutanya Wakil Bupati Secara resmi membuka Bimbingan Teknis Lembaga Kemasyarakatan Desa Se-Kabupaten Sambas.

Ketua Panitia Zulfan dalam laporannnya juga menyampaikan peserta yang mengikuti bimbingan teknik ini terdiri dari 6 Kecamatan dengan 39 Dese yang terdiri dari 144 Peserta.

Zulfan menambahkan agar peserta yang hadir dapat menjalani bimbingan teknis ini secara seksama, agar apa yang disampaikan bisa diterapkan dengan baik di Desa masing-masing. (urai rudi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed