by

Warga Minta Normalisasi Sungai di Desa Sungai Belidak

Kubu Raya, Media Kalbar

Kepala Desa Sungai Belidak, Juliansyah Kepada awak media  Senin (24/7/2023) mengajukan permintaan kepada berbagai instansi terkait, terutama dewan dan pemerintah provinsi Kalimantan Barat, untuk segera melakukan normalisasi sungai di wilayah tersebut.Permintaan normalisasi mencakup daerah dari simpang Punggur hingga perbatasan Desa Punggur Kecil di Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya.

Warga desa ini menghadapi masalah serius dengan sungai, terutama saat musim kemarau tiba . Air sungai menjadi sangat dangkal,
menyebabkan tanah dasar sungai di sekitarnya mengering dan jika musim penghujan tiba mengakibatkan banjir m
di sekitarnya mengering dan menimbulkan kerugian bagi masyarakat.sebab tanam tumbuh mereka banyak yang mati,seperti Kalimas dan Punggur Kecil, juga mengalami masalah yang serupa karena tidak pernah mengalami normalisasi selama puluhan tahun.”katanya.

Kepala Desa juga menyatakan bahwa pada tahun ini, Pemerintah provinsi Kalimantan Barat telah memberikan perhatian untuk melakukan normalisasi sepanjang 16 kilometer di wilayah desa Sungai Belidak, terutama di dusun Karya Maju dan Utama. Normalisasi tersebut meliputi perbaikan tanggul yang jebol, membantu mengatasi masalah banjir, dan mencemaran lingkungan.”Ucapnya.

Warga desa dan Kepala Desa menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan dan dukungan dari pemerintah provinsi Kalimantan Barat dalam upaya normalisasi sungai dan penanganan masalah lingkungan di wilayah mereka. Harapan mereka adalah agar normalisasi sungai ini juga dapat dilanjutkan di wilayah lain yang memerlukan perhatian serupa.”Pungkasnya.(MK/Ismail

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed