by

12 Perguruan Silat Rutin Latihan Bersama

Pontianak, Media Kalbar

12 perguruan silat di Kabupaten Kota di Provinsi Kalimantan Barat menggelar latihan bersama menyatukan semua jurus seminggu Tiga kali.Kegiatan itu dalam rangka menyambut milat Satria Pembela melayu(SPM)yang Ke-Lima pada tanggal 6 Agustus 2022 mendatang.

“Kegiatan ini di lakukan sekaligus untuk melestarikan warisan bela diri leluhur dan menjaga kerukunan dan memperkuat persaudaraan sesama pesilat.

Tak ada sekat diantara pesilat dari Dua belas perguruan silat yang ada di Kabupaten Kota termasuk dari Kabupaten Kubu Raya Mereka berbaur menjadi satu,penuh keakraban dan kekeluargaan.Mereka berdiskusi dan tukar pikiran terkait gerakan Semua jurus dari Dua belas perguruan atau Ikatan Pencak Silat Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Kalimantan Barat

Mereka berlatih bersama mulai dari gerakan dasar penghormatan hingga teknik menyerang dan bertahan. Masing-masing perguruan silat memperagakan gerakan jurus nya dengan teknik dan karakter masing-masing Mereka juga berlatih beradu fisik dan jurus dalam satu arena.

Ketua Pelaksana sebagi penanggung jawab pencak silat Agus Pirmansyah yang akrab di panggil Masbray Kalau di SPM sebagai panglima selatan di DPC Satria Pembela Melayu(SPM)Minggu(31 Juli 2022)
dia mengatakan.

bahwa dirinya mendapat perintah dari panglima besar saya untuk mengumpulkan dari perguruan yang ada di Pontianak ini gerakan berkolaborasi jadi semua gerakan silat dari Dua belas perguruan kita ambil kita rangkum menjadi Satu,kita jadikan Satu jurus di sini dan juga ada jurus ganda.

Jadi Kata Agus Firmansyah dalam rangka milat Satria Pembela Melayu(SPM)yang kelima Alham dulillah kita semua kompak jadi menjadi ajang sila.turahmi antara perguruan silat jadi rencana kami kedepannya tidak hanya di hari ulang tahun SPM tetapi kita akan berkelanjutan dengan Kegiatan- kegiatan silat.

“Alhamdulilla Kata Agus
untuk kegiatan berkolaborasi ini antara perguruan silat ini barukali ini kita adakan dalam rangka ulant tahun SPM ini harapannya semoga nanti mangkin banyak perguruan ikut bergabung juga dan sementara kita ada Dua perguruan yang ikut bergabung berkolaborasi gerakan latihan bersama di acara milat SPM yang ke-Lima.”Terangnya.

“Dari 12 perguruan silat yang bergabung ada MP.Perkumpulan Seni dan Budaya beladiri Pukul.Tujuh silat kampung”Menyatukan Budaya Etnis” Binaan Laskar Anti Korupsi Indonesi(LAKI).SBPM,TTKKDH.PSHT,IKS,PGT,16 PETAPA,DAM DAM.PSMB.(Tim/Mk.Is)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed