by

166 PNS diambil Sumpah Janji Oleh Bupati Melawi

Mediakalbar, Melawi – Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa memimpin pengambilan sumpah janji Pegawai Negeri Sipil sekaligus melantik dan mengambil sumpah jabatan Fungsional melalui pengangkatan pertama dan penyesuaian penyetaraan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi, Kamis (13/10/2022) di Aula Kantor Bupati Melawi.

Pengambilan sumpah janji PNS ini diikuti oleh 166 Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi. Adapun pejabat fungsional yang diambil sumpah jabatannya berjumlah 103 orang.

Melalui sambutannya, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa menyampaikan pelantikan dan sumpah/janji PNS ini merupakan amanat dari Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen PNS pasal 39 ayat 1 yang menegaskan bahwa setiap CPNS pada saat diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan sumpah/janji.

Selanjutnya pada pasal 87 menyatakan setiap PNS yang diangkat menjadi pejabat fungsional wajib dilantik dan diambil sumpah/janji menurut agama atau kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Pengambilan sumpah/janji PNS serta pejabat fungsional ini merupakan salah satu bentuk upaya tertib aparatur yang tidak terlepas dari tujuan utama Pemkab Melawi yakni untuk menciptakan ASN yang mampu berkompetisi dalam membangun pondasi birokrasi yang sesungguhnya”, ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati meminta para PNS yang sudah mengucapkan sumpah/janji untuk melaksanakan tugas negara yang dipercayakan dengan penuh pengabdian, kesadaran dan tanggung jawab.

“Saudara harus menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah, dan martabat PNS. Selain itu saudara harus mengutamakan kepentingan negara dibandingkan kepentingan sendiri, seseorang, atau golongan”, tegasnya.

Bupati juga mengingatkan kepada para PNS untuk bekerja secara jujur, setia pada aparatur, tertib terhadap aturan, cermat dalam berpikir, tepat dalam bertindak, dan bersemangat dalam mengutamakan kepentingan negara.

“Saya berharap saudara sekalian untuk bersungguh-sungguh memahami tugas pokok dan fungsi masing-masing dalam mengemban amanah dan tanggung jawab dalam pemerintahan dan pembangunan masyarakat”, ujarnya.

Menutup sambutannya, Bupati berpesan agar seluruh PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi dapat menjadi ASN yang sejati, yang senantiasa membawa kebaikan dimanapun berada.

“Saudara harus bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik guna kepentingan masyarakat, demi terwujudnya cita-cita bangsa dan negara khususnya di Kabupaten Melawi yang kita cintai ini”, tutupnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Paulus, Staf Ahli Bupati, Asisten, dan para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi. (*/Bgs).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed