by

177 Usulan Prioritaskan Program Pembangunan Pada Musrenbang 2024 Kecamatan Sungai Kakap

Kubu Raya, Media Kalbar

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat kembali menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.

Dengan Mengusung tema”Peningkatan Pembangunan Infrastruktur,Sosial Budaya Perekonomian Daerah
,Serta Daya Saing Daerah yang berkelanjutan Berbasis Kebahagian dan Relegius”,

Musrenbang kecamatan kali ini berlangsung di Kecamatan Sungai Kakap bertempat di Gedung Balai pertemuan Kecamatan Sungai kakap di Desa Sungai Kakap, Selasa(7/2/2023).

Tampak hadir dalam kegiatan Musrenbang RKPD tahun 2024 di kecamatan Sungai Kakap,

Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Agus Sudarmansyah,Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Insiyur Usman,Kepala Bappeda Litbang Kubu Raya Amini Maros,Camat Sui Kakap Junaidi serta sejumlah kepala OPD se Kubu Raya.Kapolsek Sungai Kakap beserta Anggotanya,Danramil Sungai Kakap beserta Anggotanya.Anggota BPD dan sejumlah Kepala Desa se Kecamatan Sungai Kakap dan pendampind Desa serta paratamu undangan yang hadir

Pada Musrenbang perencanaan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)Kabupaten Kubu Raya tahun 2024 kali ini,Kecamatan Sungai kakap memprioritaskan sebanyak 177 usulan pembangunan infrastruktur guna mendukung dan menunjang perekonomian masyarakat di Kecamatan Sungai Kakap.

Dalam musrenbang tingkat Kecamatan di sungai kakap ini juga ada aksi bersama untuk kampanye stop kekerasan pada perempuan dan anak yang diinisiasi oleh dines DP3KB,Wahana Visi Indonesia dan Yayasan Gerakan Peduli Borneo.
juga di sertai Penandatanganan Stop kekerasan pada perempuan dan anak yang dilaksanakan oleh Bupati kuburaya,ketua DPRD Kuburaya dan seluruh peserta undangan dalam musrenbang tersebut.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan dalam sambutannya ia menyampaikan, bahwa usulan desa yang akan menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan harus sesuai dengan sasaran dan prioritas pembangunan daerah katanya.

Mari kita merumuskan pembangunan sesuai prioritas dan apa yang di butuhkan masyarakat.Manfaatkan kekayaan alam yang ada di Kecamatan Sungai Kakap ucapnya.

Muda Mahendrawan Bupati Kubu Raya
menuturkan,saat ini pemerintah daerah juga sedang menggali potensi yang ada.Baik itu pengembangan pariwisata,pengembangan UMKM,ketahanan pangan dan peningkatan daya saing sumber daya manusia untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu,Muda Mahendrawan.
berharap,semua usulan-usulan yang disampaikan dalam Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Tahun 2024 dapat terealisasi demi kepentingan masyarakat.

“Mengenai usulan pembangunan yang telah direncanakan, kalau untuk kepentingan rakyat maka harus diutamakan Dalam kesempatan itu,Muda mengingatkan untuk tidak mubazir anggaran, melainkan utamakan kepentingan masyarakat banyak alias bukan kepentingan elit,”kata Mudha.

Sementara Itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Ir. Usman Usai menghadiri Musrembang Tingkat Kecamatan tahun 2024 saat di konfirmasi terkait kelangkaan BBM bersudsidi yang menjadi problem bagi para nelayan yang ada di kecamatan sungai kakap seperti yang di sampaikan Camat sungai kakap dalam sambutannya dia mengatakan.

Jadi memang seperti kata pak camat tadi ada kebijakan tentang Bpn migas Di masing masing lokasi,nah kita harapkan memang sub penyalur ini bisa di tambah Begitu juga dengan pengawasan yang ketat karena subnyalur ini lah yang bisa langsung di rasakan manfaatnya untuk masyarakat nelayan setempat kalau tidak ada subpenyalur pasti masyarakat mau membeli di SPBU juga repot pasti beli dengan para rentenir

Harapan kita memang sub penyalur ini bisa bertambah tentunya dengan pengawasan yang ketat agar BBM bersubsidi ini di rasakan oleh masyarakat nelayan yang di Kecamatan Sungai Kakap Tidak seperti sekarang masyarakat nelayan membeli jauh di atas harga yang di jual oleh Pertamina.”Ucapnya.

Junaidi S.Sos.Camat Sungai Kakap
Usai kegiatan Musrembang kepada sejumlah awak media dia mengatakan bahwa Proses Musrembang 2024 tingkat Kecamatan Sungai kakap telah selesai kita laksanakan Alham Dulillah semua pemangku jabat semua hadir dalam proses musrembang.Hadir Bupati Kubu Raya.Ketua DPRD wakil ketua DPRD kemudian dari OPD dan kepala Desa unsur unsur Pemerintahan lainnya juga hadir.”Katanya.

Ia menjelaskan ada beberapa usulan yang di sampaikan pada saat proses dari bawah yaitu Musrembang des karna aturannya seperti itu sebelum kita melaksanakan Musrembang RKPD layaknya syaratnya harus melaksanakan Musrembang des tingkat Desa.”Terangnya.

Dan Alhamdulillah semuanya kepala Desa telah melaksanakan proses Musrembang Des disitu sendiri dari setiap Desa sampai kepala Desa ada Dua Desa yang baru juga sudah melaksanakan Musrembang Des.dari usulan usulan tersebut sesuai dengan tujuan dari pada pelaksanaan Musrembang itu sendiri himpunan dan membahas yakni hasil hasil Musrembang yang akan menjadi kegiatan prioritas tingkat Kecamatan.

Kemudian yang akan di tuangkan tuangkan dalam musrembang tingkat RKPD dari total yang di data ada kurang lebih 177 usulan RKP Desa dari masing masing Desa yang ada di Kecamatan Sungai Kakap ini.

Setelah RKP Desa ini masuk pada pelaksanaan Pra Musrembang kemaren di lanjutkan pelaksanaan Musrembang pada hari ini 7 Februari untuk tahun 2023.Kita Sultir kita masukan menjadi 175 usulan dari 175 usulan setelah kita Viripikasi menjadi 75 usulan kurang lebih pagu anggaran ber kirasar 75 miliar dan Alhamdulillah usulan usulan itu bisa di akomudir di tahun 2024.”Ujarnya.

Sesuai arah dan kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Kubu Raya tentunya tidak lepas dari
Program prioritas Inpsratruktur karna memang kita Infrastruktur
Interlen nya kota interlen interlen ini penyangga kota,bicara penyangga kota tentu Inprastruktur bikin prioritas utama untuk menunjang kota yang berbatasan lansung dengan Kecamatan yang ada di Kecamatan Sungai Kakap ini.

Contoh Desa Sungai Rengas,Desa Pal 9.kemudian Desa Punggur Kecil yang berbatasan lansung dengan Kota Pontianak Kabupaten Kubu Raya.ini perlu peningkatkan perlu dorongan terkait dengan potensi termasuk kegiatan kegiatan Inprastruktur yang ada di kecamatan Sungai Kakap.

Selain Inprastruktur kita juga mendorong kegiatan kegiatan Pro perekonomian Pariwisata yang ada di Kakap sebagai mana kita ketahui pariwisata yang ada di Kecamatan Sungai Kakap.”Tandasnya.

Di tempat yang sama Syarif Muksin Alhiduan Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Kecamtan Sungai Kakap kepada awak media ia mengatakan Terimakasih saya ketua Asosiasi Pemerintah Dasa kecamatan sungai kakap pertama saya mengucapkan terimakasih mewakili dari Pemerintah Desa se Kecamatan Sungai Kakap.

Yang mana Alhamdulillah kegiatan dari Bapak Bupati Kabupaten kubu raya serta DPRD ketua DPRD dan semua bagian terkait atas bantuan nya kepada kami Pemerintah Desa
Kecamatan sungai kakap.melihat pagu anggaran tahu 2023 Yang telah di sampaikan oleh Bapak Bupati Alhamdulillah dari tahun 2022 itu dan untuk tahun 2023 ada kenaikan Kurang lebih ada 79 Miliar untuk desa yang ada di kabupaten kubu raya.

Satu itu harapan kami,dan yang ke dua memang kami selaku kepala desa mengharapkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten juga dari DPRD juga dari instansi terkait itu akan bisa di kawal,karena segala Prioritas nya kami usul kan itu bersumber dari musyawarah RT,Dusun,dan Desa.”Harapnya.

Jadi kata Syarif Muksin Alhiduan
harapan kami ke depan agar usulan usulan segala Prioritas kami itu dapat di kawal oleh Pemerintah Kabupaten kubu raya dan Anggota DPRD itu harapan kami ke depan sehingga pembangunan pembangunan yang ada di tahun ini sangat banyak Alhamdulillah kami sangat bersyukur

Karna di tahun 2023 ini banyak usulan usulan kegiatan yang masuk di desa desa dan dusun di kecamatan sungai kakap jadi jauh dari tahun yang lalu ini suatu bentuk kebijakan Bapak Bupati
yang sangat baik yang perlu kita dukung terhadap pembangunan yang ada di kabupaten kubu raya.”Pungkasnya.(Tim/MK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed