by

320 Sukarelawan Ikuti Pelatihan Mitigasi Bencana

Sanggau, Media kalbar

Sebanyak 320 orang sukarelawan dari 15 kecamatan se Kabupaten Sanggau mengikuti pelatihan pencegahaan mitigasi bencana kabupaten/kota yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sanggau di Aula Hotel Grand Narita Sanggau, Rabu (13/9) pagi.

Sekretaris Daerah Pemkab Sanggau, Kukuh Triyatmakah mengatakan sesuai dengan amanat undang undang nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, BNPB dan BPBD memiliki koordinasi pelaksana komando dan pengarah dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana.

BPBD sebagai salah satu perangkat daerah di Kabupaten Sanggau, berkewajiban untuk menyusun rencana kbijakan di bidang ketentraman dan ketertiban umum, serta perlindungan urusan masyarakat kebencanaan melalui program penanggulangan bencana, kegiatan pelayanan pncegahan dan kesiapsiagaan akan mebuat pengembangan desa dan kelurahan tangguh bencana.

“Semoga pelatihan berjalan dengan lancar dan dapat memberikan pengetahuan yang bernilai, agar semua peserta pelatihan dapat paham betul tugas utamanya di lapangan,” kata Kukuh.

Plt BPBD Kabupaten Sanggau, Budi Darmawan menyampaikan pelatihan ini merupakan pelatihan gelombang ke lima yangmana gelombang pertama dan seterusnya telah dilaksanakan. Pelatihan akan selama 3 hari dengan materi pelatihan teori dan praktek di Sungai Sekayam dan Sungai Kapuas.

“Setiap desa mengirimkan 5 wakil mengikuti pelatihan ini,” kata Budi.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada setiap kelompok masyarakat agar tangguh bencana. Nantinya, bila terjadi bencana di wilayah desa kelompok yang saat ini mengikuti pelatihan dapat dengan cepat ditanggulangi dengan cepat.”pungkasnya.

(Matnaji)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed