by

Agus Hidayat Adakan Sosialisasi dan Aplikasi SidaraSalimba se Kabupaten Sanggau

Sanggau, Media kalbar

Dinas Perumahan, Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sanggau, akan melaksanakan sosialisasi dan pelatihan aplikasi SIDARASALIMBA untuk operator kecamatan se-kabupaten Sanggau.

Agus Hidayat, Kepala Bidang Permukiman Dinas Perumahan Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sanggau, Jumat (1/9) menyampaikan, pelaksanaan kegiatan akan dilaksanakan pada pagi pukul 8:30 Wib hari Senin 4 September 2023 di Hotel Emerald Sanggau.

“Direncanakan pelatihan akan berlangsung pada tanggal 4 dan 5 September selama dua hari ke depan, tepatnya dihari Senin dan Selasa, dan diikuti operator dari 15 Kecamatan Sekabupaten Sanggau” ujar Agus.

Ia menjelaskan bahwa pelatihan tersebut guna memberikan cara kepada setiap operator Kecamatan untuk update informasi sistem, penginputan data eksisting, verifikasi data usulan yang dibuat oleh kecamatan.

Kegiatan ini perlu dilaksanakan mengingat adanya pengembangan aplikasi SIDARASALIMBA sebagai implementasi dari Aksi Perubahan dalam rangka Pelatihan Kepemimpinan Administrator yang sedang dilaksanakan oleh Kabid Permukiman Dinas Perumahan Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sanggau.

Pengembangan aplikasi yang dilakukan meliputi:

Perluasan Data mencakup seluruh kecamatan di Kabupaten Sanggau
Membuat fitur baru pada Aplikasi (Drainase, Persampahan dan E- arsip data digital)
Membuat Aplikasi Sidarasalimba dalam versi mobile yang nantinya dapat di unduh di Playstore
Agus menyebut sosialisasi dan pelatihan sangat perlu dilakukan, agar operator Kecamatan dapat memahami betul fungsi apa saja yang terdapat di Aplikasi SIDARASALIMBA dan bagaimana cara penggunaannya.

Diketahui aplikasi SIDARASALIMBA merupakan pilot project yang dikembangkan oleh Dinas Perumahan Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan
Kabupaten Kabupaten Sanggau, untuk membantu Pemerintah Kabupaten Sanggau.

Aplikasi merupakan aplikasi berisi informasi terbaru terkait Sebaran Sanitasi Limbah, Persampahan dan Drainase di kabupaten, serta menyajikan data-data sanitasi dan air limbah, terkait kondisi eksisting yang akan dibangun, dan rekomendasi usulan pembangunan.

Pelaksanaan kegiatan di Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi Sidara Salimba yang dilaksanakan Bidang Permukiman di dukung Persatuan Wartawan Kabupaten Sanggau (PWKS).

Wawan Daly Suwandi Ketua PWKS mengatakan siap mendukung terlaksana nya kegiatan sosialisasi dan pelatihan yang akan dilaksanakan. Semoga bisa berjalan dengan baik. (*/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed