by

Antusias Warga Padati Lokasi Saat Peresmian Balai Adat Dayak Polsek Air Besar Terjunkan Personil

LANDAK, Media Kalbar

Polsek Air Besar Terjunkan Kanit Intelkam AIPDA Heriyadi didampingi oleh AIPDA Dwi Oktariza untuk melaksanakan pengamanan terbuka dan tertutup pada pelaksanaan peresmian Balai Adat Dayak yang bertempat di Dusun Tauk Desa Engkangin Kecamatan Air Besar secara langsung diresmikan oleh Pj. Bupati Landak Samuel, S.E, M.Si. Rabu (7/6/23).

Kapolres Landak AKBP I Nyoman Budi Artawan, S.H, S.I.K, M.M. melalui Kapolsek Air Besar IPDA Donny Pati Pratama Yolanda menyampaikan “Kami mengambil langkah-langkah pengamanan yang ketat untuk memastikan keselamatan dan kelancaran acara Peresmian Balai Adat serta bekerja sama dengan pihak terkait yaitu Bala Dayak dan masyarakat setempat untuk menjaga situasi tetap kondusif,” jelas IPDA Donny.

Acara yang berlangsung meriah dan dipadati oleh masyarakat ini diawali dengan penyambutan dari tetua adat dayak yang kemudian disambut oleh tari-tarian penyambutan dilanjukan dengan Pemotongan Buluh Kuning oleh Pj. Bupati Landak Samuel, S.E, M.Si. didampingi oleh Dinas DPMPD Mardimo, S.E, M.E, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Landak Cahya Tanus. Warga yang datang sangat antusias menyaksikan hingga akhir acara.

Selain Pj. Bupati Landak Samuel, S.E, M.Si. didampingi oleh Dinas DPMPD Mardimo, S.E, M.E, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Landak Cahya Tanus turut hadir juga dalam acara ini Kepala Dinas PUPR Kabupaten Landak R. Rani, ST.MT, Ketua Praksi PDI Perjuangan Kabupaten Landak Ambrosiu Mawardi, Camat Air Besar M. Ivan Zulfisani, S.STP, Bhabinkamtibmas Polsek Air Besar AIPDA Sunardi, Babinsa Koramil 1201-12 Air Besar SERDA Dodit Prayitno, Kepala Desa Engkangin Boni Fasius, S.P berserta perangkat Desa dan Dusun, Ketua Panitia Peresmian Donatus, Ketua PAC PDI Perjuangan Sugianto, serta Para Tokoh Agama, Adat, Masyarakat Pemuda Dusun Tauk dan Para tamu Undangan.

Pertama Laporan Ketua Panitia Pelaksana Donatus menyampaikan “Selamat datang kepada Rombongan dan kami ucapkan terimakasih atas kedatangannya dalam rangka peresmian balai adat ini. Dengan adanya pembangunan oleh pemerintah kami merasa sangat bangga salah satunya adalah balai adat ini yang bersumber dari Dana Desa. Kami juga ucapkan terimakasih atas semua pihak yang telah membantu dan mendukung bangunan ini mulai dari Pemerintahan Desa hingga Pemerintah Kecamatan, Dan sudah lama bangunan ini sangat di harapkan oleh masyarakat kami,” ucapnya.

Sedangkan Sambutan Kades Engkangin mengungkapkan “Kami ucapkan banyak terimakasih atas kedatangan Bpk Pj. Bupati berserta rombongan yang telah datang ke Dusun Tauk ini. Kami Masyarakat Dusun Tauk masih menjunjung tinggi adat istiadat kami dari nenek moyang kami hal ini kami buktikan dengan bangunan balai adat ini. Kami Pemerintahan Desa akan terus meningkatkan sumber-sumber daya yang ada di Desa ini dengan segala upaya agar Desa ini menjadi lebih baik dan maju kedepan nantinya,” jelas Boni Fasius.

Untuk sambutan Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Landak Cahaya Tanus “Pada hari ini kita patut berbangga di mana hari ini orang nomor 1 di Kabupaten Landak dapat berkunjung di Dusun Tauk ini. Permohonan maaf dari Ketua DAD Kabupaten Landak yang tidak bisa hadir di karenakan adanya Sidang Paripurna oleh itu beliau menugaskan saya untuk mewakilinya disini. Bangunan ini adalah merupakan salah satu sumber Dananya adalah dari Dana Desa, Karena kalau kita mengharapkan dari Dana APBD atau APBN agak sulit dan panjang jalannya. Kami sudah berupayah agar Desa-desa yang masuk di cagar alam dan hutan lindung agar dapat di keluarkan dari kawasan. Kami akan terus berupayah supaya jalan yang masuk kawasan tersebut bisa di bangun sehingga masyarakat lebih mudah terutama di bidang ekonomi akan tetapi hal tersebut tinggal menunggu keputusan dari Pemerintah kita. Rawat dan jagalah serta pergunakan bangunan ini semaksimal mungkin.

Sedangkan dalam sambutan Pj. Bupati Landak menyampaikan ‘Pada hari ini kta dapat berbahagia dan berkumpul di Rumah Balai Adat ini yang telah kita resmikan. Saya pun sangat bangga dan berterimakasih atas sabutannya yang luar biasa ini. Bangunan ini adalah merupakan kepedulian daru Pemerintah kepada Masyarakatnya dimana salah satunya bangunan ini yang merupakan fasilitas umum untuk itu marilah kita jaga dan rawat bangunan ini secara bersama. Untuk itu saya harapkan kepada semua Warga Masyarakat Desa Engkangin agar dapat selalu untuk mendukung serta mematuhi apa saja program – program Kepala Desa. Saya yakin dan percaya programnya tersebut tidak lain bertujuan untuk memajukan Masyarakatnya lebih maju dan Saya berpesan kepada Kepala Desa agar programnya tidak ada yang di salah gunakan dan di gunakan semaunya untuk kepentingan pribadi semata,” jelas Samuel, S.E, M.Si. (*/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed