by

Ardiansyah Laksanakan Safari Ramadhan Dan Serahkan Bantuan Alat Kesenian Tradisional

Kubu Raya, Media Kalbar

Memasuki malam ke-15 Ramadhan 1443 Hijriyah,ketua fraksi PAN DPRD Propinsi Kalbar, Dr. Ardiayansyah.SH.MH
Dan juga Ketua DPP Forum Komunikasi Orang Bugis (FKOB)melaksanakan Safari Ramadhan bersama masyarakat,di
Rumah adat bugis saoraja Desa Punggur Kapuas,Sabtu, (16/4/2022)

Dr. Ardiayansyah.SH.MH menyampaikan bahwa safari yang dilakukan ini adalah sebuah ajang silaturahmi sekaligus meningkatkan hubungan Ukhuwah Islamiyah antar sesama.Sehingga dengan ikatan ini secara bersama-sama kita mampu membangun masyarakat yang ideal damai dan sejahtera serta akan menjadi amal ibadah bagi kita semua.

“Hari ini dalam acara buka puasa bersama di Rumah adat bugis saoraja di Desa punggur Kapuas Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu raya jadi sekaligus kita agendakan penyerahan bantuan alat musik tradisional khusus nya kepada kawan kawan kita di paguyupan Entis Jawa.”Katanya.

Kita ketahui tujuan kita melestarikan adat budaya ini bukan hanya satu etnis bukan hanya Etis Bugis saja tetapi kita di kubu raya ini banyak sekali etnis ada Jawa ada cina ada mendura ada Dayak. “jadi kita sebagai penggiat budaya ayo kita sama sama melestarikan adat budaya kita yang merupakan hasil peninggalan nenek moyang kita.
Nah budaya adalah perilaku mencintai budaya berarti mencintai prilaku mudah mudahan alat musik tradisional ini dapat bermanfaat ,”Harapnya.

“Dan kita akan melakukan kegiatan kedepan akan lebih besar yaitu karnaval budaya dan festival budaya kita selenggarakan di tahun ini juga di bulan 10 nanti itu insyaallah akan besar besaran festival budaya kita nanti khususnya di kecamatan sungai kakap dan festival budaya ini tingakatnya tingkat Nasional walaupun di kakap tetapi tingkat nya Nasional kita akan mengundang kementerian juga yang kita fokus kan di kecamatan kakap.”Ujarnya

Masih Kata Ardiansyah yang merupakan Kandidat Calon Bupati Kubu Raya ini,
dan Pada hari ini kita ada bantu alat yang persis ada di belakang ini yaitu alat untuk peguyuban etnis Jawa. Yaitu untuk permainan wayang kulit seni budaya Jawa sekaligus kita membagi kan alat marawis untuk ibu ibu pengajian dan ini pembagian alat musik tradisional ini bukan baru pertama kali sudah banyak kita bagikan kalau untuk kasidah atau marawis itu mungkin sudah susah untuk menghitung nya.

“Dan kedepannya akan terus kita bagikan dalam rangka untuk melestarikan,marawis ini juga untuk melestarikan budaya kita juga budaya marawis untuk menghindari katakanlah dari budaya luar kita lestarikan budaya budaya kita yang sifatnya nasional dan yang sifatnya islami kita bagikan untuk menangkal budaya dari luar.” Tandasnya

sementara Ketua dari paguyuban jatimandiri Sidomulio Tiar Ambrullah
Mengatakan kita ucapkan rasa syukur kita kepada Bapak Dr.Ardiayansyah.SH.MH selaku dewan Provinsi Kalimantan barat yang mana dalam hal ini di berikan suatu bantuan kepada kami selaku penggiat seni budaya yang khususnya seni budaya kuda lumping Jawa ini.

“kami selaku penggiat ini beserta kawan kawan mengucapkan ribuan terimakasih yang tak terhingga kepada Bapak DR.Ardiayansyah.SH.MH yang mana di kiranya untuk membantu satu set alat gamelan yang mana mudah mudahan bantuan tersebut bisa kami gunakan selaku penggiat seni yang ada khususnya di punggur Kapuas Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten kubu raya.

“Sekali laku kami atas nama paguyuban jatimandiri Sidomulio
Mengucapkan ribuan terimakasih yang tidak terhingga kepada Bapak
DR.Ardiayansyah.SH.MH
dan juga kepada Bapak Anuar
kepala desa Punggur Kapuas yang mana senantiasa menggiring kami sehingga terbentuknya apa yang kami harapkan dan kami cita citakan.

Untuk harapan di kedepannya mudah mudahan untuk rekan rekan penggiat seni yang ada khususnya di desa punggur Kapuas marilah bersama sama kita membangun suatu budaya yang mana tentunya budaya tersebut kita junjung erat karena peninggalan dari nenek moyang kita mari sama sama kita lestarikan masing masing budaya yang ada khususnya di Indonesia ini.”Pungkasnya.(Tim/MK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed