by

Bengkayang Berduka, Bupati Pertama Meninggal Dunia

Bengkayang, Media Kalbar

Kabar duka dari Kabupaten Bengkayang, dimana pada hari ini Jumat, 11 Maret 2022, pukul 09.00 Wib, Bupati Bengkayang Pertama Drs. Jacobus Luna, M.Si (81 tahun) meninggal dunia.

Bupati Bengkayang pertama 2 periode ini adalah Ayahanda dari Bupati Bengkayang sekarang Sebastianus Darwis, SE,MM.

Semasa menjadi Bupati Bengkayang periode pertama bersama Wakil Bupati Bengkayang Moses Ahie, kemudian periode ke-2 bersama Wakilnya Suryadman Gidot.

Drs.Jacobus Luna, M.Si (81 tahun) Jumat 11 Maret 2022 pukul 09.00 Wib wafat yang sebelumnya sakit dan dirawat di RSUD Bumi Sebalo Bengkayang.

Jacobus Luna Lahir di Aruk Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat 12 Desember 1941 genap berusia 81 tahun meninggal dunia diusia tuanya.

Jacobus Luna sendiri dikenal oleh Masyarakat secara luas merupakan birokrat tulen, pada saat Kabupaten Bemgkayang berdiri dimekarkan dari Kabupaten Sambas berdasarkan UU No 10 Tahun 1999 Tentang Pembentukan Pemerintah Kabupaten Bengkayang, mengawali karirnya menjadi sebagai Penjabat Bupati Bengkayang periode 1999 – 2000,

Selanjutnya setelah melalui proses demokrasi menjadi Bupati Bengkayang selama dua periode 2000–2005 dan 2005-2010.

Jacobus Luna, pernah menjadi Pembantu Bupati Sanggau berkedudukan di Sekayam, Sekretaris Daerah Kabupaten Pontianak yang sekarang bernama Kabupaten Mempawah, dan Ia juga pernah menjadi pembantu Gubernur Sektor Timur Kalimantan Barat berkedudukan di Kota Sintang.

Kemudian saat menjadi Pembantu Gubernur Daerah Tingkat I Kalbar berkedudukan di Sintang Jacobus Luna ditunjuk Gubernur Kalimantan Barat saat itu, H.Aspar Aswin menjadi Pejabat Bupati Bengkayang tahun 1999, dimana Kabupaten Bengkayang baru saja menjadi sebuah pemerintahan otonom dipisahkan dari Kabupaten Sambas.

Kemudian Kabupaten Bengkayang dimekarkan lagi menjadi Kota Singkawang, jadi Kabupaten Sambas mekar menjadi Kabupaten Bengkayang, Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas.

Jacobus Luna menjadi Penjabat Bupati Bengkayang hingga menjadi Bupati Bengkayang selama dua periode, 2000–2005 dan 2005-2010 merupakan alumni Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) Pontianak dan Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN).

Mengawali karir di Pemerintahan, Jacobus Luna bertugas di wilayah konflik di wilayah Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang yang saat itu masih merupakan wilayah Kabupaten Sambas, Perlu juga diketahui akan kiprah almarhum ketika berlangsung operasi penumpasan Pasukan Gerilya Rakyat Sarawak (PGRS) yang berlangsung sekitar 8 tahun pada tahun 1966–1974.

Kabupaten Bengkayang merupakan salah satu dari 5 pemerintahan otonom berbatasan langsung dengan Negara Bagian Sarawak Federasi Malaysia bagian Timur. (Kur/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed