by

Berkas Perkara Sudah Lengkap, Imigrasi Sambas Serahkan Tersangka LKH WNA asal Malaysia ke Kejari Sambas

Sambas, Media Kalbar

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas menyerahkan 1 (satu) orang tersangka Warga Negara Asing (WNA) Malaysia yaitu berinisial LKH beserta barang bukti kepada Kejaksaan Negeri
Sambas pada Selasa (11/4).

Dijelaskan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas, Dadang Munandar melalui siaran pers tanggal 12 April 2023 yang diterima Mediakalbarnews.com (Media Kalbar) bahwa pada tanggal 6 Februari 2023 tersangka LKH telah melakukan upaya melakukan permohonan pasor pada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas, pada saat proses wawancara dan pemeriksaan berkas persyaratan didapati oleh petugas bahwa tersangka telah menggunakan identitas orang lain untuk memperoleh paspor.

“Selanjutnya terkonfirmasi dari Konsulat Malaysia di Pontianak bahwa LKH adalah merupakan Warga Negara Malaysia. Berkas persyaratan yang dia gunakan dalam upaya untuk memperoleh paspor adalah milik orang lain Warga Negara Indoensia yang sudah meninggal dunia.” Ungkap Dadang.

Diterangkan lebih lanjut, Bersama LKH sudah diamankan barang bukti diantaranya berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Kelurga (KK), Akte Kelahiran, Identity Card (IC) Malaysia.

Berdasarkan temuan yang terjadi dari peristiwa tersebut, WNA berinisial LKH tersebut dilakukan pendetensian di Ruang Detensi Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas.

Selanjutnya Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas langsung melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap LKH oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas.

“Tersangka LKH diduga melanggar Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian Pasal 126 Huruf C, karena telah memberikan data yang tidak sah atau keterangan yang tidak benar untuk memperoleh Dokumen Perjalanan Republik Indonesia.” Tuturnya.

Atas tindakannya tersangka LKH mendapatkan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan pidana denda paling banyak Rp 500.000.000 (lima ratus juta rupiah).

“Saat ini berkas perkara yang sudah lengkap, tersangka LKH beserta barang bukti telah diserahkan kepada Kejaksaan Negeri Sambas untuk dilakukan tahapan selanjutnya oleh pihak Kejari.” Ujarnya.

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas akan terus berkomitmen dalam melaksanakan tugas yaitu pelayanan kepada masyarakat dan penegakan hukum dibidang keimigrasian serta dalam hal
pengawasan dan penindakan baik terhadap WNI dan WNA yang berada di wilayah kerja Kantor Imigrasi Sambas demi menjaga kedaulatan negara Republik Indonesia. (*/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed