by

Buka Giat Ankabut, Kabag Program dan Humas Tekankan Kerja Sama dan Sinergitas UPT

Singkawang, Media Kalbar

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM menggelar kegiatan Analisa Kebutuhan Anggaran Tahun Anggaran 2025 di Hotel Dangau Singkawang, Senin (29/01). Kegiatan diikuti oleh operator RKA/KL UPT Pontianak, Mempawah, Bengkayang, Singkawang, dan Sambas. Turut hadir Kepala Lapas Kelas IIB Singkawang Priyo Tri Laksono, serta perwakilan Kanim dan Rupbasan Singkawang.

Kegiatan diawali dengan laporan ketua panitia oleh Kepala Subbagian Program dan Pelaporan Iwan Pramori. Iwan menyampaikan bahwa kegiatan Analisa Kebutuhan Anggaran Tahun Anggaran 2025 dan Analisa Kebutuhan Sarana dan Prasarana Tahun Anggaran 2026 di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan HAM Kalimantan Barat merupakan bagian dari proses perencanaan dan penganggaran yang dilakukan dengan melakukan verifikasi atas kelengkapan dan kebenaran dokumen yang dipersyaratkan serta kepatuhan dalam penerapan kaidah-kaidah perencanaan penganggaran.

“ Kantor Wilayah, melalui Divisi Administrasi berperan aktif melakukan koordinasi dengan satuan kerja dalam penyusunan rencana kerja dan anggaran, mulai dari Analisa Kebutuhan Anggaran dan Analisa Kebutuhan Sarana dan Prasarana, Pagu Indikatif, Pagu Anggaran hingga Pagu Alokasi. Verifikasi serta menentukan dan menyusun kebijakan – kebijakan pelaksanaan kegiatan tahun anggaran 2025 dan 2026 sebagai langkah pedoman pelaksanaan kegiatan sehingga dalam pelaksanaannya tercapai persamaan persepsi pemahaman tentang konsep Money follow Program,” ucap Iwan.

Kegiatan Analisa Kebutuhan Anggaran Tahun Anggaran 2025 dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Program dan Humas Uray Aswin Umar. Uray Aswin dalam sambutannya mengatakan tahapan/proses tata kelola di dalam pemerintahan yang dimulai dengan perencanaan program dan penganggaran yang selaras dengan Renstra K/L maupun Renja Pemerintah, sehingga apa yang kita lakukan pada hari ini merupakan tahap awal yang memulai rangkaian proses birokrasi untuk satu tahun ke depan. Analisa Kebutuhan Anggaran dan Analisa Kebutuhan Sarana dan Prasarana adalah suatu cara untuk menentukan kebutuhan anggaran satuan kerja sesuai kondisi yang diinginkan/seharusnya atau diharapkan untuk mencapai output atau outcome yang ditentukan.

“ Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengikuti dinamika perkembangan proses penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara berbasis kinerja dan meminimalisasi revisi anggaran serta percepatan penyerapan anggaran, untuk itu perlu dilakukan analisis kebutuhan sehingga skala kebutuhan akan terlihat jelas. Selain itu perlu dilakukan penyempurnaan terhadap rencana kegiatan dan anggaran pada masing-masing satuan kerja berdasarkan realisasi anggaran tahun sebelumnya, sehingga anggaran yang tersedia akan mampu menyerap kebutuhan kinerja yang telah ditentukan dan tidak hanya sekedar berdasarkan intuisi semata, melainkan berdasarkan analisa yang dapat dipertanggungjawabkan,” ucap Uray Aswin Umar.

Kabag Program dan Humas berharap apa yang direncanakan dan anggarkan dapat selaras dengan kebutuhan serta pedoman dan aturan yang berlaku dan dapat diadaptasi sesuai dengan kondisi pada tahun berikutnya. Seluruh satuan kerja agar lebih teliti dalam memperhatikan rambu-rambu dalam perencanaan dan penganggaran. Sserta berharap seluruh satuan kerja dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan optimal sehingga perencanaan dan penganggaran yang diajukan dapat diminimalisir tingkat kesalahannya dan dapat diterima oleh Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM.

“ Terakhir kami tekankan bahwa kerja sama dan sinergitas dari saudara sekalian pada kegiatan hari ini adalah demi mewujudkan keberhasilan seluruh Satuan Kerja di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat yang tertib administrasi dan taat pada aturan sehingga dapat berprestasi dan memberikan pelayanan prima yang berkualitas kepada masyarakat,” tutup Kabag Program dan Humas. (*/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed