by

Bupati Bengkayang Buka Seminar dan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru di Era Digital 4.0

Bengkayang, Media Kalbar  – Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis membuka acara Seminar dan Workshop peningkatan kompetensi dan kapasitas guru untuk mewujudkan SDM Unggul Bengkayang Mantap di era digital 4.0 diaula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rabu (26/1/2022).

“Saat ini kita memasuki era revolusi digital yang juga disebut sebagai revolusi industri 4.0,” ucap Sebastianus Darwis Bupati Bengkayang.

Jika revolusi industri pertama ditandai dengan lahirnya mesin uap, revolusi industri kedua dengan munculnya elektrifikasi dan produk massal , selanjutnya revolusi industri ketiga ditandai dengan munculnya teknologi internet, maka revolusi industri keempat adalah fase dimana hampir semua sendi kehidupan kita telah tersentuh layanan digital.

Pada fase ini juga berpengaruh terhadap dunia pendidikan apalagi ditambah dengan kondisi covid-19 seorang guru harus mampu dalam menemukan model, metode atau media yang inovatif agar pembelajaran di era digital dan covid19 bisa berjalan baik.

Bupati Sebastianus Darwis pun kembali menyoroti permasalahan saat ini masih kurang guru, ditambah lagi ada oknum guru yang malas belajar dan malas mengajar setelah dapat tiket PNS selalu ingin enak tidak mau tugas di Kecamatan pedalaman, dusun dan desa, malah maunya memilih ke kota.

Dalam beberapa waktu kedepan, kami bersama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan lakukan redistribusi guru, akan diatur kedepan agar masyarakat menikmati belajar dengan baik agar tercipta SDM Unggul Bengkayang Mantap.

Coba kita berpikir, bagaimana mau unggul jika ASN malas dan cuma mengandalkan tenaga honor saja di sekolah, jadi saya meminta semua kita harus berpikir baik dan PGRI dapat membantu Pemerintah dalam hal memajukan pendidikan.

Jadi, melalui kegiatan workshop dan seminar yang dilaksanakan untuk hari ini, tentunya hal ini bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya guru di Kabupaten Bengkayang serta memberikan pencerahan alternatif pemilihan media dan sumber belajar di era digital 4.0 dalam menghadapi pembelajaran di masa pandemi dan pasca pandemi covid 19 pada satuan pendidikan di jenjang pendidikan dasar dan menengah di Kabupaten Bengkayang.

Lanjut Mantan Anggora DPRD Provinsi Kalbar 2019-2024 dari Partai PDIP ini, Melalui seminar dan Workshop peningkatan kompetensi dan kapasitas guru untuk mewujudkan SDM unggul Bengkayang mantap di era digital 4.0.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Wakil Rektor I IKIP PGRI Pontianak sekaligus sebagai ketua LPD kami menyambut baik dan berterima kasih atas kepercayaan LPD IKIP PGRI Pontianak kepada pemerintah daerah Kabupaten Bengkayang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang, serta pengurus Kabupaten PGRI Kabupaten Bengkayang sebagai Mitra dalam kegiatan seminar dan Workshop ini.

Lanjut Darwis, Kegiatan ini merupakan salah satu langkah strategis bagi pemerintah daerah Kabupaten Bengkayang untuk meningkatkan kemajuan kualitas sumber daya manusia membentuk watak dan kepribadian bangsa yang bermartabat, khususnya di dunia pendidikan sehingga kualitas guru di Kabupaten Bengkayang lebih maju, mandiri l, sejahtera serta dapat berdaya saing di era digital 4.0.

Saya selaku Bupati Kabupaten Bengkayang berharap agar kerjasama yang sinergis antara LPD IKIP PGRI Pontianak, PGRI Bengkayang dengan pemerintah daerah Kabupaten Bengkayang khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan terlaksana dengan baik.

Kami juga berharap kerjasamanya bukan hanya di pembuatan media pembelajaran saja yang saat ini kita lakukan tetapi lebih mengarah kepada peningkatan fungsional guru yang ada di Kabupaten Bengkayang.

Dan ingat, kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti seminar dan Workshop ini dengan sebaik-baiknya karena kita akan menempatkan informasi terkini berkaitan dengan isu-isu pendidikan dan media pembelajaran dengan harapan media yang dibuat oleh bapak ibu guru dari kegiatan workshop ini dapat digunakan di dalam proses pembelajaran di sekolah.

Demikian sehingga seminar dan Workshop peningkatan kompetensi dan kapasitas guru untuk mewujudkan SDM unggul Bengkayang mantap di era digital 4.0 bisa terlaksana dengan baik.

Hadir pada kegiatan ini Rektor I IKIP PGRI Pontianak, Ketua PK PGRI Kabupaten Bengkayang, Ketua LPD atau Lembaga Penyelenggara Diklat IKIP PGRI Pontianak beserta tim, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang, Pemateri pada acara seminar dan Workshop, para Undangan, Panitia Peserta dan Kepala Sekolah SD dan SMP se Kabupaten Bengkayang.

Seminar dan Workshop sendiri dilaksanakan mulai Rabu 26 Januari 2022 dan berakhir Kamis (3/2/2022). (kur/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed