by

Bupati Sambas Resmikan Bangunan Bangsal Pasca Panen Pengolahan Komoditas Hortikultura

Sambas, Media Kalbar – Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H., meresmikan bangunan Bangsal Pasca Panen Pengolahan Komoditas Hortikultura di Desa Sungai Nilam, Kecamatan Jawai. Kamis, (11/1/2023).

Dalam sambutannya, Satono menjelaskan bangsal tersebut merupakan rumah produksi pasca panen pengolahan komoditas hortikultura melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas.

“Ini adalah salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas untuk mengantisipasi jika terjadi jumlah yang diproduksi hortikultura melimpah demi menjaga agar harga dari produk hortikultura tetap stabil,” Jelasnya.

Dengan dibangunnya bangsal tersebut dapat mengurangi tingkat kerugian pasca panen dan meningkatkan nilai tambah produk serta membuka peluang pasar di bidang pertanian lebih luas.

“Bangsal ini juga bagian dari salah satu pendukung untuk mendorong percepatan lahirnya One Village One Product (OVOP), yang mana di Desa Sungai Nilam ini ada produk unggulan OVOP berupa jus buah naga dalam kemasan dan keripik bawang buah naga,”

Ia menuturkan bahwa bangsal tersebut bukan hanya tempat produksi dan penyimpanan tetapi juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung dan teknologi secara bertahap, produk-produk Hortikultura juga bisa lebih awet karena telah diolah dan dikemas untuk dipasarkan.

“Saya harap dengan dibangunnya bangsal ini dapat dimanfaatkan dan dijaga dengan sebaik-baiknya agar bisa meningkatkan kesejahteraan petani dan mendongkrak ekonomi kerakyatan di Desa Sungai Nilam, Kecamatan Jawai,” Harap Satono.(Rai)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed