by

Cara Efektif Membersihkan Karpet Dirumah Yang Sudah Kotor

Pontianak, Media Kalbar

Karpet yang dipasang dirumah memiliki banyak fungsi. Mulai dari alas duduk dan bermain bersama keluarga, mampu meredamkan suara hingga sebagai penambah estetika rumah anda. Kendati demikian, banyak sekali noda yang menempel di karpet dan jarang dibersihkan.
Pasalnya, karpet bisa saja menjadi sarang dari penyakit dan kuman yang berbaya jika anda jarang sekali mencuci dan membersihkan karpet rumah anda. Anda tidak perlu pergi ke tempat pencucian karpet, anda hanya perlu mencucinya sendiri dirumah. Berikut ini cara efektif membersihkan karpet dirumah yang sudah kotor.

1. Membersihkan karpet rumah menggunakan vakum cleaner

Untuk cara efektif membersihkan karpet dirumah yang sudah kotor yang pertama adalah membersihkan karpet rumah menggunakan vakum cleaner. Membersihkan karpet menggunakan vacum cleaner dengan melakukannya setiap hari jika anda tidak ingin repot repot.
Pasalnya, alat penyedot debu atau vacum cleaner ini dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan penyebaran dari penyakit dan kuman serta berguna untuk mengurangi pemudaran warna akibat dari kotoran.
Jangan menyedot karpet dengan vacum cleaner dari bagian permukaan atasnya saja, anda harus menyedot karpet dari bagian bawahnya juga supaya tidak membuat debu menjadi menumpuk dan membuat lantai menjadi kotor.

2. Membersihkan karpet rumah menggunakan sikat serat alami

Untuk cara efektig membersihkan karpet dirumah yang sudah kotor yang kedua adalah dengan cara membersihkan karpet rumah menggunakan sikat bulu. Membersihkan karpet rumah menggunakan sikat secara manual jika anda memiliki hewan peliharaan dirumah yang berbulu.
Anda bisa menggunakan sikat serat yang alami dengan berbulu lembut karena tekstur dari sikat yang halus tersebut bisa membersihkan karpet rumah tapi tanpa harus merusak karpet itu sendiri.

3. Membersihkan karpet rumah menggunakan kain lap lembut

Untuk cara efektif membersihkan karpet dirumah yang sudah kotor yang ketiga adalah dengan cara membersihkan karpet rumah menggunakan kain lap yang lembut. Jika anda atau anggota keluarga lain menumpahkan cairan seperti minuman atau juga makanan, hindarilah untuk membersihkan karpet dengan cara digosok, karena jika anda membersihkannya dengan cara menggosok anda malah akan memperlebar kotoran yang pada pada karpet.
Cara yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengusap bagian yang kotor akibat tertumpahi minuman atau makanan pada karpet menggunakan kain lap yang lembut.

4. Membersihkan karpet rumah menggunakan deterjen pembersih khusus

Untuk cara efektif membersihkan karpet dirumah yang sudah kotor yang ke empat adalah dengan cara membersihkan karpet rumah menggunakan deterjen pembersih khusus. Jika karpet yang anda pasang dirumah adalah karpet yang berbahan nilon ataupunn polyester, maka cara mudah dan aman untuk membersihkan karpet tersebut adalah dengan cara menggunakan deterjen pembersih khusus.
Karena deterjen pembersih khusus karpet memiliki tekstur yang tidak kasar, dapat menjaga karpet agar tidak mudah rusak.

5. Menjemur Karpet Untuk Menghilangkan Bau

Untuk cara efektif membersihkan karpet dirumah yang sudah kotor yang terakhir adalah dengan cara menjemur karpet dibawah sinar matahari untuk menghilangkan bau tidak sedap. Bau apek pada karpet memanglah sangat mengganggu, maka dari itu jika anda sedang repot dan tidak sempat untuk mencuci karpet, anda hanya harus menjemur karpet untuk menghilangkan bau tidak sedap.
Selain itu, dengan menjemur karpet yang ada dirumah anda bisa menghilangkan debu dengan cara menjemur karpet sekitar 3 sampai 4 jam dibawah sinar matahari kemudian memukul mukul karpet tersebut hingga tidak berdebu. (**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed