by

Cek Ketersediaan dan Harga, Forkopimcam Sungai Tebelian Lakukan Sidak Dibeberapa Agen dan Toko Sembako Jelang H-7 Lebaran

SINTANG, MEDIA KALBAR- Pemerintah Kecamatan Tebelian, Kabupaten Sintang bersama Forkopimcam dan Dinas terkait lakukan sidak dibeberapa toko dan agen sembako yang berada di wilayah Pemerintahan Kecamatan Sungai Tebelian pada Kamis (04/04/2024).

Sidak langsung dipimpin Camat Sungai Tebelian Karjito S. Sos, M. A. P bersama Forkopimcam serta Dinas terkait seperti terlihat dari Kemenag yang diwakili pihak KUA Kecamatan Sungai Tebelian serta dari brimob.

Sidak dimulai dari dari Desa Balai Agung yang tertuju pada Toko Sembako Yansen. Kemudian rombongan menuju wilayah Pemerintahan Desa Sungai Ukoi dimana rombongan mendatangi 4 toko yaitu ; Toko Hasil Usaha, Toko Hiro, Toko Golden Star dan Toko Sinar Baru. Sekian lama selang waktu rombongan sidak kembali menuju ke Desa Ransi Dakan mendatangi Toko Achon.

Dalam pantauan awak media sekian banyaknya Toko Sembako yang didatangi oleh rombongan untuk minyak Goreng curah mengalami kenaikan yang biasanya Rp. 17.000/kg menjadi Rp. 19.000/kg dan untuk yang kemasan juga mengalami sedikit kenaikan yang tidak beda jauh dengan yang curah.

Kemudian untuk beras semua jenis justru dalan beberapa hari ini mengalami penurunan harga dan untuk stok jelang lebaran khusus wilayah Kecamatan Tebelian dipastikan tersedia.

Minyak goreng curah menurut pemilik tokoh Hiro,” saat ini harga mahal, harga 1Ken Rp. 270.000 yang isinya 16 kg 20 liter bahkan sudah beberapa minggu blum ada mengalami penurunan harga.

Disampaikannya juga justru telur yang mengalami turun Rp. 10.000 kemarin Rp. 375.000/ikat yang artinya ada penurunan sekitar Rp. 200/biji dan yang lain masih stabil harganya, kemudian untuk kacang tanah sampai saat ini kita masih blum ada stok dan mudah-mudahan secepatnya persediaannya ada karena sangat diperlukan jelang lebaran ini.

Sementara itu di tempat terpisah Camat Sungai Tebelian Karjito, S. Sos, M. A. P menjelaskan,” Bahwa kebutuhan sembako sampai hari ini dan diperkirakan H-7 leberan ini stok masih tersedia, jadi masyarakat tidak usah khawatir bahwa ketersediaan bahan pokok untuk di tingkat Agen maupun Toko eceran itu masih tersedia.
Khusus harga memang ada yang naik dan turun di tingkat agen, saya contohkan tadi telur di tingkat ecer Rp. 2.200/biji.

Saat di singgung pasokan barang elagal, ” Berkenaan dengan barang-barang dan produk dari luar atau sering kita katakan elegal dari hasil pantauan kami dibeberapa Agen maupun Toko yang kita kunjungi itu tidak ada,” terang Karjito.

Himbauan kami, jangan lakukan menerima barang-barang dari luar negeri yang sifatnya elegal, yang penting produk kita Indonesia 9 bahan pokok untuk di Kecamatan Tebelian tetap tersedia.

” Kami bersama Forkopimcam mengucapkan terimakasih kepada mereka-mereka pelaku usaha yang kami datangi menerima kami dengan baik dan tidak ada yang disembunyikan atau ditutup-tutupi, soal sembako mereka tetap menyediakan dan masalah harga itu hanya mengikuti perkembangan ketika Pemerintah menyampaikan turun mereka juga mengikuti dari Agen-agen ini dan ketika naikpun harga masih diambang batas,” ucap Karjito.

Pada kesempatan yang sama Karjito mengucapakan, ” Kami Pemerintah Kecamatan Sungai Tebelian
segenap jajaran mengucapkan Minal’aidiin wal faaiziin, Mohon Maaf Lahir dan Batin terimakasih seluruh stakholder tadi yang telah mendampingi sampai selesai.

(Martin)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed