by

Cornelis: Saya Tegaskan Pemilu Tidak Akan Ditunda Karena Sudah Sesuai Konstitusi

Bengkayang, Media Kalbar

“Saya tegaskan dan sampaikan Pemilu tidak akan di tunda, karena sudah sesuai dengan Undang-Undang Dasar, Undang-undang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Undang-Undang Pemilihan Umum (Pemilu), serta Undang-Undang pemilihan Kepala Daerah dan selain itu juga sudah disepakati bersama DPR RI, KPU RI, Bawaslu RI dan Pemerintah bahwa pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan DPR, DPD, dan DPRD baik Provinsi, Kota dan Kabupaten telah disepakati bersama yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Sedangkan untuk pemilihan kepala daerah atau pilkada serentak pada tahun 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 27 November 2024,”

Hal ini disampaikan Drs. Cornelis, MH Anggota Komisi II DPR RI pada saat kunjungan ke DPC PDIP Kabupaten Bengkayang, Selasa (8/3).

“Hal tersebut tentunya sudah sesuai ketentuan Pasal 22 huruf e UUD tahun 1945, dimana dalam UUD 1945 dikatakan Pemilu adalah sarana untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, Anggota DPD, serta anggota DPRD diselenggarakan dengan landasan asas Luber Jurdil yaitu langsung, umum, bebas, rahasia serta jujur dan adil setiap lima tahun sekali,” terang Mantan Gubernur Kalbar 2 periode ini.

Kemudian, kata Cornelis Pemilu akan tetap di jalankan, terkecuali ada sebab lain yang sangat fatal sehingga pemilu itu bisa batal, seperti di Negara ini terjadi perang atau bencana dimana-mana ataupun penyakit menular yang sangat luar bisa yang tidak bisa dikendalikan oleh Negara.

Mantan Bupati Landak ini pun mengingatkan para kadernya, Pemilu 2024 di tunda atau pun tidak kader PDIP tetap jangan ragu untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi pemilu yang akan datang, sebab untuk menghadapi Pemilu Serentak pada tahun 2024 tidaklah mudah seperti tahun-tahun sebelumnya, apa lagi banyaknya partai baru muncul dan tahapan-tahapan yang berdekatan jarak waktunya.

Ia juga menegaskan bagi para kader Partai PDIP yang ingin maju bertarung pada tahun 2024 mulai sekarang mempersiapkan diri, baik yang ingin mencalonkan diri menjadi Kepala Daerah maupun Anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten dan Kota.

Drs. Cornelis, MH anggota DPR RI Komisi II sekaligus anggota Badan anggaran DPR RI berkunjung di Kantor DPC PDIP Kabupaten Bengkayang Selasa (8/3/22).

Cornelis juga Anggota tim pengawas DPR RI, Bidang Pengawasan Perbatasan Fraksi PDI Perjuangan Daerah Pemilihan Kalimatan Barat, dimana pada kesempatan kali ini Cornelis menyampaikan isu-isu strategis, serta membagikan paket sembako, masker kepada para kader Partai dan masyarakat yang memerlukan, di Kantor DPC PDIP Kabupaten Bengkayang.

Pada kesempatan tersebut Cornelis menyampaikan kegiatan dilakukan dalam rangka kunjungan kerja reses perseorangan masa persidangan III tahun sidang 2021-2022 ke daerah pemilihan I Kalbar.

Pada reses kali ini, selain untuk menyampikan isu-isu strategis tentang pelaksanaan Pemilu 2024 yang sekarang ini berkembang di masyarakat bahwa pemilu akan di undur, dirinya juga membagikan paket sembako, serta menyerap aspirasi intansi Pemerintah dan Masyarakat. (Kur/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed