by

Desa Teluk Pakedai Satu Gelar Musrenbangdes

Media Kalbar, Kubu Raya
Pemerintah Desa (Pemdes)Teluk Pakedai Satu Kecamatan Teluk Pakedai, Kabupaten Kubu Raya gelar Musrenbang Desa untuk tahun anggaran 2022 dan Exposs Laporan Pertanggung Jawaban APBDesaTahun 2021.

dengan mengusung Tema Pembangunan Inspratruktur yang merata Pengembangan SDA serta SDM dalam mendukung percepatan peningkatan Ekonomi Masyarakat di Aula kantor desa setempat, Kamis(30 Oktober 2021).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Teluk pakedai Drs Supriadi Kasi Trantib kecamatan Suaidi Kasubag TU Kecamatan Dewi Susanti ,SE dan ibu Maryati
Sertu Herman Ary Susanto Babinsa Teluk Pakedai Satu Bripka Eko Hermansyah.Bhabinkamtibmas Desa Teluk Pakedai satu.

Kades dan Perangkat Desa Teluk Pakedai Satu para Kepala Dusun unsur kecamatan sebagai fasilitator Ketua BPD LPM serta tokoh masyarakat.

Musrenbang desa adalah forum musyawarah perencanaan tahunan di tingkat desa untuk membahas dan menyepakati usulan kegiatan pembangunan hasil musyawarah dusun,hasil dari musrenbang desa di usulkan di tingkat kecamatan.

Kades Teluk Pakedai Satu,Edy.SH menjelaskan Musrenbangdes ini untuk mendorong partisipasi masyarakat desa dalam menyusun perencanaan pembangunan tahunan di tingkat desa.

“Kegiatan ini dimulai dengan tahapan penggalian gagasan di tiap-tiap dusun dan hasil penggalian gagasan di tingkat dusun juga turut diikut sertakan sebagai bahan Musrenbang di tingkat desa,”tutur Edy.

Di Katakannya dengan kehadiran Bapak Drs.Supriadi Camat Teluk Pakedai yang telah memberikan pemahaman dan pemaparan tentang penggunaan DD dan ADD, termasuk hak dan tanggung Jawab kepala Desa, Edy berharap masyarakat Desa Teluk Pakedai Satu bisa memahaminya.

Lebih lanjut Edy mengatakan dari beberapa usulan warga desa teluk pakedai satu yang sangat prioritas untuk menunjang perekonomian masyarakat setempat adalah

dari usulan musrembang desa kita pada hari ini itu mengacu kepada usulan musdes tingkat desa dimana kita mengusulkan disitu yang prioritaskan khusunya adanya fasilitas pembangunan khususnya lahan pertanian dan perkebunan dimana disitu kita sangat membutuhkan adanya penanggulangan dan pintu air.”Katanya.

“Karena itu kan sumber dari ekonomi masyarakat kalau lancarnya pertanian perkebunan disitu ekonomi masyarakat akan lebih berkembang dan kedua lagi infrastruktur yang saya utamakan
karena kalau kita mengingat dari Dana Desa itu tidak akan cukup mengcover untuk anggaran pembangunan,”terangdia.

“Baik itu dari tahun pertama baik itu tahun terakhir itu tidak akan tercover itu hanya untuk sebatas jalan lingkungan itu yang bisa jadi prioritas nya peningkatan lahan pertanian dengan melengkapi fasilitas dan sarana pertanian ruang lingkup normalisasi tanggulangan ada atau pengadaan pintu air yang selama ini di keluhkan oleh masyarakat itu yang saya harap kan.”Harapnya.

“Nah itu juga dari saya menjabat mungkin ini juga tahun yang terakhir jabatan saya sebagai kepala Desa Teluk Pakedai Satu dan saya sampaikan atau pesan saya harapan saya dari program APBD kabupaten,provinsi,atau pusat setidaknya sebelum melaksanakan kegiatan ada pemberitahuan khususnya ke pemerintah desa bukan kepada kepala desa kepada pemerintah desa,”Pesannya.

“Sehingga kita tidak adanya tumpang tindih antara bangunan yang mau kita usulkan ke dana desa dengan anggaran yang sudah akan cair di anggaran APBD atau kabupaten.harapan saya siapa pun pelaksana mungkin dari PU selaku pembinanya mengharapkan itu ada tembusan ke kita sehingga kita bisa menjawab seandainya ada dari media cetak elektronik menanyakan kan sesuai apa yang terlaksana dan apa yang kita usulkan seperti itu.”Tegasnya.

jadi harapan saya ini kan untuk anggaran musrembang ini kan anggaran tahun 2022 karena saya itu akan mengadakan pemilihan kepala Desa pada.tanggal 17 Bulan 11 jadi harapan saya siapa pun yang akan menjadi pemerintah desa kedepannya tolong itu laksankanlah sesuai lah dengan aturan yang tertuang di dalam perda atau perbud atau kementrian desa yang bisa kita bangun kan itu kita gunakan dana desa.”Harapnya.

Sementara Drs.Supriadi Camat Teluk Pakedai ketika di Wawan carai terkait bagai mana cara kepala Desa memimpin agar suatu Desa itu bisa maju dan berkembang ia menjelaskan.desa ini sama dengan mengolah rumah tangga,jadi esensi nya begitu jadi semua memerlukan keterlibatan dari semua unsur apakah unsur unsur yang memang sudah melembaga atau masyarakat secara umum,”Katanya.

“Unsur unsur yang melembaga seperti kepala desa beserta jajarannya sehingga ke dusun kemudian RT,RW elemen LPMD elemen masyarakat lainnya lembaga lembaga sosial kemasyarakatan lainnya pemuda golongan tokoh tokoh agama itu harus terlibat secara langsung untuk mewarnai desa ini dengan pembangunan,”Ucapnya.

“Jadi kata Supriadi di sana lah harus ada nya keterpaduan atau secara kepung bakul kata pak muda mahendrawan jadi esensi kepung bakul itu sebetulnya ada di desa dan ini harus di hidupkan harus di laksanakan jadi sebetulnya itu lah fungsi sukses dari pembangunan di desa keterlibatan partisipasi dari segenap elemen yang ada di desa itu jadi begitu,”ujarnya.

“Kemudian selanjutnya dalam menggerakkan pembangunan di desa salah satu sektor yang di utamakan yang paling menjadi primadona di desa adalah sektor pertanian.

“Nah ketika saya bertugas di desa teluk pak kedai ini saya banyak melihat sentral sentral pertanian yang sebetulnya itu masih perlu penanganan serius dari Pemerintah Kabupaten jadi banyak sekali sentral sentral pertanian yang dulunya merupakan lumbung padi yang karena sesuatu karena kondisi alam terkait kurang nya misal infrastruktur seprti tanggul pintu klip dan sebagainya.

“Maka keberfungsian lahan itu jadi berkurang otomatis tidak produktif sebagaimana mestinya begitu padahal dulunya daerah itu sentral kita pertanian nah saya mulai menginfentarisasi misalnya beberapa hari yang lalu saya ke desa sungai nipah di Tr 11 kemudian saya ke desa teluk kelam kemudian desa teluk pak kedai hulu di sana ada beberapa sentral pertanian yang perlu penanganan segera.

Terkait dengan adanya pembangunan pintu klip dan tanggul untuk menambah keberfungsian dari lahan lahan itu jadi kedepan ada semacam usulan rencana pembangunan kembali sentral sentral pertanian yang ada di teluk pak kedai ini yang akan kami usulkan ke pemerintah kabupaten kubu Raya,”Tandasnya

“Mudah mudahan ini mendapat tanggapan yang serius dari kubu Raya jadi padi merupakan maslah yang utama untuk mengejar kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat di kabupaten kubu Raya.”Pungkasnya.(Tim/MK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed