by

Di usia yang ke-10 Tahun Desa Punggur Kapuas Harapkan Perhatian Program Pembangunan dari Pemerintah

Kubu Raya, Media Kalbar

Bertempat di halaman Kantor Desa Punggur Kapuas Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya, Pemerintah Desa Punggur Kapuas bersama warga melaksanakan peringatan hari ulang Tahun Desa Punggur Kapuas yang ke 10.dengan menggelar Syukuran Senin( 12/12/2022)

Dalam acara ulang Tahun Desa Punggur Kapuas yang ke 10 tersebut hasil dari pemekaran Desa induk yaitu Desa Punggur Besar juga di tandai dengan pemotongan Nasi tumpeng dan di laksanakan diskusi

Yang di hadiri forkopimda dan forkopimcam di antaranya Sekda kabupaten Kubu Raya yang di Wakili oleh Agus Siswandi Kabid kepala bidang Bappeda Kabupaten Kubu Raya Bapak.wakil Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Ir.Usman.Camat Sungai Kakap Junaidi.S.Sos.Bhabinkamtibmas Desa Punggur Kapuas,Babinsa Desa Punggur Kapuas.pendamping Desa.serta Prangkat Desa dari Tingkat RT.RW.Dusun,BPD.Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat.serta tokoh pemuda dan Ibu ibu PKK.
Terpantau awak media ini hadir pula sejumlah yang ada di Kecamatan Sungai Kakap kepala Desa Punggur Besar,Kepala Desa Kalimas.Kepala Desa Sepoklaut.

“Junaidi.S.Sos Camat Sungai Kakap dalam sambutannya dia mengatakan ini bentuk rasa syukur kita dengan kita bersyukur akan Allah tambah nikmatnya akan Allah mempermudah urusannya.
Itulah bentuk syukur kita karna kita selalu mengingat sejarah berdirinya
Desa Punggur Kapuas.”
Di usia yang ke 10 Desa Punggur Kapuas kita wajib bersyukur di karnakan Desa Punggur Kapuas sudah banyak mengalami kemajuan sejak di Pimpin oleh Anwar sebagai Kepala Desa Punggur Kapuas,”Katanya

Kemudian saya juga berharap dengan berdirinya Desa Punggur Kapuas ini banyak perubahan banyak pembangunan polesan yang harus di laksanakan oleh Desa Punggur Kapuas

Dan Alham Dulillah walaupun Desa baru perubahan perubahan itu setapak demi setapak sudah banyak di lakukan kita patut bersyukur semenjak undng undang Desa keluar undang undang no 6 Tahun 2014 Desa sudah menjadi Primadona.

“Kalau boleh saya meng umpamakan Desa sudah menjadi barang seksi kenapa saya bilang seperti itu dikarnakan Perhatian Pemerintah pusat terhadap Desa ini sudah sangat luar biasa sehingga undang undang di keluarkan.

,”Dulu kata Junaidi Camat Sungai Kakap Desa bukan tempat yang menjanjikan dan jarang orang yang mau tinggal di Desa rata rata mereka mau pindah ke kota ber urbanisasi pindah mencari pekerjaan di kota,tetapi setelah undang undang Desa itu keluar menset orang sudah berubah semua orang balek kampung untuk apa untuk membangun kampungnya.”Ucapnya.

Kenapa membangun karna Pemerintah sudah memberikan ruang besar kepada Desa buktinya tadi keluar undang undang dan pernah di musrembang saya sampaikan kita tidak pernah mendengarkan kalau ada undang undang tentu ada menterinya.”Terangnya.

Dan sekarang menterinya pun sudah ada Mentri Desa undang undang di bentuk menterinya pun ada.dan kita juga tidak pernah mendengarkan ada Metri Kota dan Mentri Kecamatan tak pernah.Yang ada nya Metri Desa artinya perhatian Pemerintah terhadap Desa ini luar biasa udang undangya dibuat menterinya pun di muncukan sendiri.”Ujarnya.

“Nah ini tentunya perhatian Pemerintah seperti ini Pemerintah pusat yakni adanya kementrian Desa harus kita memberikan respon positif,juga harus kita bersemangat karna ada ruang yang di berikan kepada kita untuk membangun Desa ini.

Jadi Kata Junaidi Camat Sungai kakap gambaran sekarang mau me lihat Kecamatan itu maju Kabupaten itu maju bukan lagi di gambaran Kabupaten melihat cerminannya di Desa.kalau Desa nya maju masyarakatnya se jahtra itu lah dia Kabupatennya pasti maju,:Tandasnya.

Sementara Ir.Usman wakil ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya dalam sambutanya dia mengatakan Alhamdulillah wasukurilah bahwa kita semuanya pada hari ini kita bisa hadir dalam rangka perayaan hari ulang tahu Desa Punggur Kapuas yang ke 10 ini yang mau saya dengar yaitu dan saya tertarik ada diskusi dan tanya jawab kepada Ibu Bapak nah itu yang perlu.”Katanya.

Dan memang saya berdiri di sini ini berkat dukungan dan doa dari Bapak Ibu sekalian mungkin tidak memilih tetapi Doa Bapak Ibu sampai hingga saya menjadi seperti ini.dan apa yang di sampaikan oleh Pak kades tadi itu kewajiban dan kewajiban saya memperjuangkan Aspirasi Bapak Ibu.meskipun masih banyak yang kurang dan apa yang tadi itu alasan klasik di karnakan wilayah kita luas anggaran kita terbatas,”Ucapnya

Jadi Kata Ir.Usman kita harus tetap bersyukur dan bersabar di karnakan di Punggur Kapuas ini masih tersentuh program pembangunan dari Pemerintah meskipun belum semuanya ter akomudir,”Harapnya.

Namun lanjut Ir.Usman apa yang telah di sampaikan tadi oleh Bapak Ibu di ruang diskusi itu tetap menjadi catatan saya dan saya akan tetap memperjuangkan aspirasi masyarakat di DPRD nanti.”Pungkasnya.

Usai acara Perayaan Hari Ulang tahun Desa Punggur Kapuas yang ke-10 Kepala Desa Punggur Kapuas Anwar kepada awak media dia mengatakan.Jadi saya berharap kepada pemerintahan yang teratas yang pasti di usia yang ke 10 tahun Desa Punggur Kapuas ini, masih banyak kekurangan kekurangan pembangunan infrastruktur di punggur Kapuas,”Katanya.

Terutama yang salah satunya menyangkut perekonomian masyarakat yaitu masalah tanggul bendungan karena tanggul bendungan merupakan salah satu urat nadi perekonomian masyarakat di Desa Punggur Kapuas.untuk itu kita berharap ke depannya untuk menjadi masyarakat yang sejahtera dengan perekonomian yang sudah mapan.

Kita berharap kepada Pemerintah pemerintah terkait untuk membantu masalah penanggulan dan pintu air yang sekarang memang sudah banyak yang perlu perehapan atau pergantian dampak yang ada di musim hujan ini dengan debit air yang semakin tinggi maka tanggul tanggul yang ada selalu di lompati lompati oleh air sehingga mengakibatkan banjir.

Maka dari itu kita tekankan supaya ada perehapan untuk tanggul penahan banjir itu dengan curah hujan yang tinggi ini banyak rumah rumah warga yang tergenang oleh air karena salah satunya akses keluar masuknya air itu adalah pintu air(Pintu Kleep) dan yang mana saat ini pintu air hampir semua yang ada di Desa Punggur Kapuas semuanya sudah rusak jadi mohon adanya perbaikan.”Harapnyan

Selama ini yang kita usulkan dari Pemerintah salah satunya itu tadi dari pihak kabupaten bahwa ini bukan wewenang dari Pemerintah Kabupaten dan sebenarnya ini wewenang dari Pemerintah provinsi untuk itu sampai saat ini belum ada yang di rehab bangunan pintu air yang di bangun di tahun 80 an. u

Untuk ke depannya itu mohon untuk perhatian nya karena memang tadi sudah di sampaikan bahwa pintu air dan tanggul yang ada di Desa Punggur Kapuas ini memang sudah cukup lama di bangun smpai sekarang memang belum ada perehapan atau perbaikannya.”Pungkasnya(Tim/MK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed