by

DPW PKS Kalbar Panen Perdana Launching Gerakan Konsumsi Beras Lokal Di desa Sungai Rengas

Kubu Raya, Media Kalbar – Wujudkan Ketahanan Pangan di Era Pandemi Covid-19.DPW PKS Kalimantan Barat panen perdana launching Gerakan komsusmsi beras Lokal di Desa Sungai Rengas Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya pada hari Minggu (24/10/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya Ketua DPD Kabupaten Kubu Raya Salahuddin ST., H.Arif Joni .ST.MT Ketua DPW PKS Kalbar, Anggota Komisi IX DPR RI Alifudin. SE. MM Ketua DPP PKS Kalbar H.Fatahilah Abrar S.Ag.M.Si Koordinator BPW Kalbar. Beserta pengurus DPW PKS Kalbar, serta
Para kelompok petani yang tergabung di Gapoktan yang ada di Desa Sungai Rengas.

Minggu pagi Gerakan ini di-launching oleh Ketua Umum DPW PKS Kalimantan H. Arif Joni ST., MT., bersama para pengurus Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS di Kabupaten Kubu Raya

Dalam sambutannya H.Fatahilah Abrar S.Ag.M.Si Koordinat BPW Kalbar menyampaikan bahwa masa pandemi, pemberlakuan PSBB, sehingga masyarakat lebih banyak di rumah, adalah momentum bagi swasembada pangan.

“Kalimantan Barat ini provinsi agrobis. Dengan potensi sektor pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan,mesti menjadi keunggulan orang di Kalbar.Masa pandemi ini kesempatan bagi kita meningkatkan hasil pertanian sekaligus mewujudkan ketahanan pangan keluarga,” ujar Anggota DPRD Provinsi Kalbar ini.

Sementara itu Halid Hermawan.ST mengatakan Para Petani yang ada di Sungai Berembang Desa Sungai rengas Kecamatan Sungai Kakap berharap dengan hadirnya Ketua.H.Arif Joni ST.MT Ketua DPW PKS Kalbar PKS.H.Alifudin.SE.MM Ketua DPP PKS Kalbar H.Fatahilah Abrar S.Ag.M.Si Koordinat BPW Kalbar. Dapat membawa perubahan dan kesejahteraan para petani di Desa Sungai Rengas Kecamatan Sungai Kakap pada umumnya petani yang ada di Kalimantan Barat Harapnya.

Syafarahman pemuda yang berasal dari sungai berembang memaparkan bahwa masih banyak permasalahan petani yang hingga saat ini belum teratasi, “salah satu nya adalah ketika musim panen bersamaan dengan musim hujan, maka pada saat itu gabah akan membusuk dan berkecambah sehingga tidak bisa dijual.”Katanya.

Syafarahman menambahkan perairan teknis untuk wilayah sungai berembang sangat perlu diperhatikan dan perlu di control dan di anggarkan dan perlu di rancang perda untuk pertanian, sehingga bisa melindungi dan mengangkat taraf hidup para petani.

Pada kesempatan itu Syafarahman juga mempertanyakan terkait lantai jemur yang saat pembuatan nya menggunakan dana pemerintah namun saat pergantian atau peremajaan pengurus gapoktan, namun lantai jemur tersebut tidak bisa digunakan oleh para petani alias jadi milik pribadi.

Dia juga berharap agar PKS mampu memperjuangkan Jalan lingkungan, jalan poros serta jalan usaha tani karena sangat di butuhkan masyarakat kalbar.

Anggota DPR RI Alifuddin menyambut baik dengan pemaparan Syafarahman bahwa fungsi DPR sudah kita laksanakan kita sudah memperjuangkan agar petani di perdakan agar kedepan petani mendapat kan perhatian dan perlindungan,

Kita juga sudah memperjuangkan terkait dengan penganggaran maka dari itu jika ada usulan yang dianggap urgen mari usulkan ke kita, terkait fungsi pengawasan jika ada kegiatan yang bersumber dari APBD Kabupaten/ Provinsi /APBN yang menyimpan maka sampaikan ke kita maka akan kita dampingi sesuai dengan tingkatan sumber dana nya.

Anggota DPR RI Alifuddin menyikapi kebutuhan masyarakat petani Sungai Berembang untuk memperjuangkan Sarana dan Prasarana ke komisi 4 DPR RI yang membidangi pertanian. (Tim.Mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed