by

Dua Unit Rumah Terbakar di Maniamas Ngabang

Landak, Media Kalbar

Dua unit rumah terbakar di Dusun Maniamas Desa Hilir Kantor Ngabang.

Dipimpin KA SPKT Polsek Ngabang Aiptu M.Hendra mendatangi Tempat Kejadian Perkara kebakaran rumah di Dusun Maniamas Desa Hilir Kantor Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak. Selasa (11/10/2022)

Personil Polsek Ngabang mendatangi tempat kejadian perkara guna melakukan olah tempat kejadian perkara tersebut.

Musibah sedang menimpa bapak Petrus Leo dan tetangganya Imam Mauludi warga Dusun Maniamas Desa Hilir Kantor Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak.

Menurut keterangan saksi Ibrahim bahwa sekitar pukul 16.00 wib saksi baru tiba di rumah dari pulang menonton pertandingan Bola Volly di Halaman Koramil Ngabang.

Begitu saksi masuk ke dalam rumah, saksi merasa terganggu dengan banyaknya asap yang masuk kedalam rumah.

“Saya keluar rumah untuk mengecek sumber asap dari mana asalnya dan saya melihat ternyata sumber asap berasal dari garasinya Sdr. Leo yang berada tidak jauh dari rumah saya”

Atas hal tersebut saya memberitahukan kepada masyarakat sekitar guna menghubungi pihak pemadam.

Tidak jauh berbeda menurut Keterangan sdr. Imam Mauludi.
Sekitar pukul 16.00 wib saksi Imam Mauludi sedang berada didalam rumah.

“Saya mendengar adanya teriakan minta tolong dari rumah sdr. Petrus Leo yang berada tepat disamping rumah saya, mendengar hal tersebut saya langsung keluar dan melihat adanya kobaran api dan kepulan asap yang berasal dari garasi rumah sdr. Petrus Leo.”

Saat itu api cepat membesar karena dua buah rumah tersebut cuma terpisah sebatas dinding simpai, kerangka kayu, dan beratap seng sehingga api mudah merambat.

“Saya spontan berteriak minta tolong kepada warga sekitar, yang akhirnya warga berdatangan untuk membantu memadamkan api dengan alat seadanya”.

Tidak lama berselang datang dua Unit Damkar Satpol-PP Kabupaten Landak, Damkar Yayasan Hati Suci Ngabang dan Damkar Yayasan Hati Murni
kurang lebih 30 menit api berhasil dipadamkan.

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.30 wib. Atas peristiwa tersebut belum diketahui jumlah kerugian material sedangkan korban jiwa Nihil.

Kapolsek Ngabang Kompol Pesta Tampubolon menjelaskan “Berdasarkan keterangan dari para saksi bahwa sumber api berasal dari bagian garasi yang dihuni oleh sdr. Leo selanjutnya merambat dan membakar dua unit rumah yang hanya berbatas dinding Simpai.”

“Masih sebatas kemungkinan bahwa sumber api berasal dari arus pendek listrik (Konsleting Listrik) dikarenakan berdasarkan keterangan saksi adanya sumber bau kabel terbakar diakibatkan arus Listrik.” Terangnya. (Hms/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed