by

FS Berupaya Lari Dari Rutan Sambas

Sambas, Media Kalbar

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bersinisial FS melakukan upaya percobaan pelarian diri dari Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Sambas dengan memanjat pagar dengan kawat berduri, Kamis (1/6/2023).

Kepala Rutan Kelas IIB Sambas, Luhur Prasaja mengatakan kejadian bermula sekitar pukul 11.58 WIB petugas Pos 3 mendapatkan laporan dari WBP tamping pos 3 adanya gerak-gerik mencurigakan dari salah seorang WBP yang berada disekitar pagar besi dan area brandgang.

“Diketahui WBP berinisial FS yang didapati berada diarea brandgang diluar pagar besi dan berusaha melihat situasi pagar tembok dan pos menara 2 yang bersangkutan segera melaporkan hal tersebut kepada petugas pos 3, petugas pos 3 langsung melaporkan hal tersebut ke jajaran staff KPR yang kebetulan pada saat itu sedang briefing bersama Kepala Rutan,” kata Luhur.

Setelah mendapatkan laporan, Kata Luhur, petugas staff KPR langsung mengambil tindakan menuju TKP dan melakukan pengecekan CCTV. Sehingga diketahui WBP yang berinisial FS itu telah melewati pagar besi dengan kawat berduri.

“Hasil pantauan CCTV oleh staff KPR, terlihat FS sekitar pukul 11.58 ba’da sholat Dzuhur telah melewati pagar besi berkawat dan berada disekitar brandgang mendekati pagar tembok namun dipergoki WBP lain yang bertugas sebagai tamping pos 3 yang kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada petugas pos 3,” paparnya.

Hingga akhirnya petugas langsung ke lokasi dan berupaya mengamankan WBP yang mencoba melarikan diri tersebut. Selanjutnya, WBP tersebut langsung straff Cell untuk dilakukan pengamanan lebih ketat guna menghindari percobaan pelarian diri lagi.

“Selanjutnya petugas menghubungi staf KPR untuk kemudian melakukan tindakan cepat mengamankan TKP dan WBP tersebut. Sebagai bukti terdapat rekaman CCTV dan luka luka pada beberapa bagian tubuh WBP serta baju yang dipakai saat melakukan percobaan melarikan diri,” jelasnya.

“Tindakan keamanan terhadap WBP bersinisial FS telah dilakukan oleh petugas dengan membuat BAP dan memasukkan WBP tersebut ke straff cell serta melakukan pemulihan keamanan lingkungan Rutan Kelas IIB Sambas,” sambungnya.

Akibat perbuatannya WBP bersinisial FS dipindahkan ke UPT lain karena telah berupaya melakukan pelarian diri. Sementara WBP yang telah melaporkan kejadian tersebut mendapat reward dari pihak Rutan Kelas IIB Sambas. (Rai/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed