by

Gandeng BNN, Puluhan Warga Binaan Lapas Singkawang di Tes Urine

Singkawang, Media Kalbar – Lapas Kelas IIb Singkawang bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Singkawang berikan penyuluhan dan pengecekan tes urine kepada warga binaan Lapas Kelas IIb Singkawang.

Kegiatan dilaksanakan bertempat di ruang kunjungan Lapas Kelas IIb Singkawang diikuti oleh petugas Lapas dan warga binaan sebanyak 30 orang dari berbagai kasus. Selasa/ 29-08.

Kalapas Singkawang, Priyo Tri Laksono dalam sambutannya mengatakan bahwasanya sebagai wujud sinergitas dan bentuk kerjasama sebagai upaya deteksi dini dalam pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di lingkungan Lapas, menggandeng Badan Narkotika Nasional Kota Singkawang untuk memberikan kegiatan penyuluhan terhadap bahaya narkoba dan melakukan tes urine kepada warga binaan Lapas Singkawang.

Ia mengatakan dalam hal ini sebagai komitmen kita bersama dalam menggelorakan anti narkoba di lingkungan Lapas.

“Lapas Singkawang bekerjasama dengan BNN Kota Singkawang dalam upaya deteksi dini dan pencegahan pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba yang dilakukan dengan penyuluhan dan tes urine kepada warga binaan, dan hasil tes tersebut 30 orang negatif (-),” terang Priyo.

Adapun Alat tes urine yang digunakan berasal dari pembagian Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang dapat mengukur minimal 10 parameter, yaitu Amphetamine (AMP), Methamhetamine (MET), Marijuana (THC), Benzodiazepines (BZO), Opiates (OPI), Carisoprodol (SOMA), Cocaine (COC), Methylenedioxymethamphetamine (MDMA, Methadone (MTD), dan Phencyclidine (PCP).

Dalam kesempatan itu juga, Kepala BNN Kota Singkawang AKBP Toto Budi Suprapto menyampaikan materi tentang bahaya narkoba dan sekaligus mengajak seluruh petugas Lapas dan warga binaan yang hadir dalam kegiatan tersebut untuk menggelorakan Mars BNN secara bersama-sama, hal ini sebagai keseriusan bersama bahwa narkoba merupakan musuh kita bersama sehingga diperlukan partisipasi pada semuanya agar ikut memerangi bahaya narkoba.

“Mari kita gelorakan Mars BNN untuk kita suarakan bersama secara sungguh-sungguh sebagai wujud partisipasi kita bersama untuk memerangi narkoba, ” terangnya.

Diakhir kegiatan penyuluhan dan tes urine tersebut, BNN Kota Singkawang memberikan kesempatan tanya jawab mengenai narkoba dan sekaligus ditutup dengan foto bersama.(Rai)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed