by

Gedung Bidlabfor Diresmikan oleh Kapolda Kalbar, Kapolres Kubu Raya Turut Hadir

KUBU RAYA, Media Kalbar

Polda Kalimantan Barat (Kalbar) resmikan Gedung Bidang Laboratorium Forensik (Bidlabfor) di Desa Teluk Kapuas, Kabupaten Kubu Raya pada Senin (13/3/23) kemarin. Peresmian ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Kapolda Kalbar, Irjen Pol. Drs. Suryanbodo Asmoro, M.M.

Dalam sambutannya, Kapolda Kalbar menyatakan bahwa Gedung Bidlabfor ini dibangun untuk memberikan dukungan dalam pembuktian ilmiah pada penyelidikan tindak pidana di wilayah Kalbar. Bidlabfor Polda Kalbar memiliki lima subbidang, yaitu Dokumen dan Uang Palsu, Balistik dan Metalurgi, Fisika Komputer, Kimia Biologi, dan Narkoba.

Selain itu, pembangunan Gedung Bidlabfor Polda Kalbar juga dilakukan untuk mempercepat proses penyelidikan dan pengungkapan tindak pidana di wilayah Kalbar yang semakin meningkat signifikan.

“ Selama ini, Polda Kalbar harus berkoordinasi dengan Puslabfor Polri di Jakarta untuk pembuktian kasus kriminal, hal ini mempengaruhi kecepatan pengungkapan kasus karna jarak dan waktu,” kata Kapolda.

“ Gedung Bidlabfor Polda Kalbar dibangun diatas lahan seluas 8.280 meter persegi, dengan anggaran pembangunan senilai USD 2,5 juta. Pembangunan gedung dan laboratorium seluas 3.102 meter persegi serta asrama/mess seluas 750 meter persegi ini didanai oleh Kreditor Swasta Asing (KSA) T.A. 2019,”jelas Kapolda.

Sebelum mengakhiri sambutan, Kapolda Kalbar, Irjen Pol. Drs. Suryanbodo Asmoro, M.M., mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang sudah membantu pembangunan Gedung Bidlabfor Polda Kalbar sehingga dapat selesai tepat waktu.

Dalam acara peresmian ini, turut hadir Wakapolda Kalbar, Asrena Kapolri diwakili Kabagpinludagri Karojakstra Srena Polri, Kapuslabfor Bareskrim Polri diwakili Pemeriksa Utama Puslabfor Bareskrim Polri, Aslog Kapolri diwakili Kasubbagrenada Bagkermaada Lugri Rojianstra Slog Polri, PJU Polda Kalbar, Direktur PT. Mitrel Berkat Utama, Kapolresta Pontianak, Kapolres Kubu Raya, Bupati Kubu Raya, tokoh masyarakat di lingkungan Desa Teluk Kapuas, dan personil Bidlabfor Polda Kalbar. (*/amd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed